Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Mudah Memilih Toko Online Terpercaya yang Jual Speaker Portable Simbadda Murah

Suka mendengarkan musik? Saya juga suka, apalagi kalau lagi di kejar deadline dan harus begadang di malam hari, biasanya musik adalah teman terbaik yang bikin mata bebas ngantuk, lebih fokus plus bisa bikin mood menulis lebih baik. Kalau kata filsuf ternama Aristoteles, musik bisa membantu mendamaikan hati yang sedang gundah dan sebagai terapi rekreatif. Memang paling enak mendengarkan musik pakai headset selain lebih asyik, kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih dan bulat. Tapi ternyata terlalu lama dan terlalu sering mendengarkan musik lewat headset kurang baik bagi kesehatan, terutama kesehatan telinga, karenanya banyak orang yang mulai beralih menggunakan speaker portable untuk mendengarkan musik. Selain bentuknya kecil dan mudah di bawa ke mana-mana, harganya juga relatif terjangkau dengan pilihan merek yang beragam, salah satunya Simbadda yang terkenal dengan kualitasnya. Saat ini sudah banyak toko online yang jual speaker portable simbadda murah, bahkan speaker portable simbadda termasuk salah satu dari 10 speaker bluetooth terbaik di dunia karena jaminan kualitasnya.

Jual speaker portable Simbadda murah
Pakai speaker portable berkualitas, dengerin musik jadi makin asyik (Pic: Pixabay.com)

Meskipun sudah memiliki referensi brand atau merek speaker portable berkualitas yang akan di beli secara online, memilih toko online terpercaya ternyata menjadi masalah tersendiri, karena tidak semua toko online memiliki standar pelayanan yang berkualitas dan membuat nyaman konsumennya. Konsumen harus pintar-pintar memilih dan memilah toko online mana yang membuat nyaman konsumennya saat berbelanja online karena semakin hari jumlah toko online pun semakin banyak. Meskipun di satu sisi semakin banyaknya jumlah toko online menandakan semakin tingginya semangat berwirausaha di kalangan masyarakat, namun kehati-hatian saat memilih toko online tetap mutlak diperlukan untuk menghindarkan diri dari penipuan dan rasa kecewa akibat barang yang di beli tidak sesuai dengan harapan. Bahkan di sepanjang tahun 2015 dan 2016, Kepolisian Republik Indonesia mencatat lebih dari 100 kasus dengan jumlah kerugian yang sangat besar mencapai milyaran rupiah, dan itu belum termasuk kasus penipuan yang tidak dilaporkan konsumen karena jumlah transaksi yang tidak terlalu banyak.
 
Masih banyaknya kasus-kasus penipuan serta kekhawatiran konsumen akan kualitas barang yang dibeli secara online inilah yang membuat angka penetrasi belanja online di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan negara tetangga lainnya, seperti Singapura dan Malaysia. Berdasarkan survei yang dilakukan Globalwebindex pada tahun 2014 disebutkan bahwa persentase penduduk Indonesia yang berbelanja secara online baru sekitar 16 persen, masih rendah jika dibandingkan negara tetangga Singapura yang mencapai angka 46 persen. Namun tentu saja, dari segi infrastruktur jaringan internet, Singapura memang jauh lebih mapan jika dibandingkan Indonesia yang masih dalam tahap peningkatan jumlah daerah yang terjangkau jaringan internet dan peningkatan kecepatan internet sebagai sarana pendukung peningkatan perkembangan e-commerce di Indonesia. Meskipun begitu, di tahun-tahun mendatang pertumbuhan industri digital di Indonesia, terutama untuk belanja online akan semakin meningkat karena Indonesia memiliki potensi yaitu jumlah penduduk yang sangat besar, yang akan menjadi pangsa pasar belanja online.
Toko online terpercaya
Ternyata tidak sulit memilih toko online terpercaya, asal tahu caranya (Pic: Pixabay.com)
Selain potensi jumlah penduduk yang sangat besar, prediksi semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang memilih berbelanja secara online juga di picu perubahan gaya hidup masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan perkotaan, yang nyaris tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk berbelanja secara langsung. Karakteristik belanja online yang mudah, cepat, dan dapat dilakukan kapan saja serta dari mana saja, membuat belanja online menjadi pilihan masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan untuk menyalurkan hasrat belanjanya. Meskipun memang masih ada kasus-kasus yang merugikan konsumen, namun secara keseluruhan pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin baik. Sudah banyak toko online yang memiliki standar tinggi dalam hal melayani konsumennya, bahkan tidak jarang konsumen dimanjakan dengan diskon atau promo tertentu yang terkadang membuat harga barang yang di beli jauh lebih murah di banding jika berbelanja secara offline. Berikut ini beberapa cara mudah memilih toko online terpercaya yang mungkin bisa membuka wawasan masyarakat bahwa tidak selamanya belanja online itu rentan dengan masalah.

Perhatikan kelengkapan informasi kontak yang dicantumkan toko online

Langkah antisipasi awal ketika hendak berbelanja secara online adalah pastikan toko online tersebut mencantumkan informasi kontak yang jelas, dan akan lebih baik jika memilih toko online yang mencantumkan lebih banyak informasi kontak sehingga konsumen lebih mudah menghubungi toko online tersebut terutama saat mengalami masalah dengan barang yang di beli secara online. Selain informasi kontak yang jelas dan lengkap, penting untuk memilih toko online yang memiliki alamat yang jelas sehingga keberadaan toko online tersebut bisa terlacak. Akan terlihat lebih profesional jika toko online tersebut melengkapi fiturnya dengan Customer Care atau Live Chat sehingga keluhan konsumen dapat langsung tertangani dengan baik, atau konsumen bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membantunya saat menemui kesulitan memilih barang yang diinginkan. Bahkan ada beberapa toko online yang menawarkan potongan harga atau diskon khusus melalui fitur live chatnya, sehingga konsumen bisa menghemat waktu berbelanja online karena langsung menemukan barang yang diinginkan plus langsung memasukkan kode voucher belanja-nya untuk mendapat potongan harga.

Pilih toko online yang mencantumkan informasi produk secara jelas

Terkadang konsumen menjumpai toko online yang sama sekali tidak mencantumkan detail apapun tentang produk yang dijualnya tersebut, dan tentu saja hal ini menyulitkan konsumen saat hendak membeli barang tersebut, mungkin inilah salah satu alasan yang membuat sebagian masyarakat enggan berbelanja secara online karena bisa saja spesifikasi barang tersebut berbeda dengan harapan konsumen. Untuk alasan itulah, cara termudah adalah memilih toko online yang mencantumkan secara lengkap informasi tentang produk yang dijualnya, mulai dari deskripsi produk, spesifikasi, bahan dasar untuk membuat barang tersebut, warna, stok, ukuran, serta info pengiriman, sehingga konsumen sudah memiliki bayangan seperti apa barang yang mereka beli secara online tersebut. masalah gambar, seringkali menjadi ajang komplain dari konsumen karena warna barang yang mereka terima berbeda dengan gambar pada toko online tersebut. Tentu saja untuk masalah photo seringkali pemilik toko online mengeditnya terlebih dahulu agar nampak lebih menarik saat di posting di toko online. Namun, untuk menjaga agar jangan sampai konsumen merasa tidak puas, ada baiknya mencantumkan keterangan khusus sehubungan dengan gambar tersebut, agar konsumen mengerti bahwa antara gambar dan produk sebenarnya tidaklah selalu sama.

Penting bagi toko online untuk memiliki fitur testimoni atau ulasan dari konsumen yang sudah berbelanja

Sebuah toko online yang profesional haruslah memiliki fitur testimoni dari konsumen yang telah berbelanja di toko online tersebut. Testimoni yang diberikan konsumen bisa menjadi barometer bagi konsumen lain untuk ikut berbelanja di toko online tersebut, dan bagi pemilik bisnis online, testimoni juga bisa menjadi barometer sejauh mana kesuksesan toko online tersebut dalam melayani konsumenya. Selain testimoni, pelanggan juga harus diberikan kesempatan untuk menulis ulasan yang berhubungan dengan produk tersebut, ulasan ini juga bisa menjadi pertimbangan konsumen lain ketika hendak membeli produk yang sama. Untuk mengantisipasi testimoni atau ulasan yang masuk kategori spam, ada baiknya sebelum memberi testimoni atau ulasan, konsumen tersebut harus login terlebih dahulu agar rekam jejaknya dalam berbelanja bisa terlacak dengan baik.

Pilih toko online yang mencantumkan info pengiriman barang secara detail

Pengiriman menjadi salah satu layanan yang sangat penting untuk sebuah toko online, karena jasa pengiriman yang profesional akan membuat standar toko online di mata konsumen semakin tinggi. Untuk itu, ada baiknya konsumen memilih toko online yang mencantumkan informasi secara detail dan lengkap, seperti berapa hari barang tersebut tiba jika konsumen berada di wilayah Jabodetabek, luar Jabodetabek, atau jika konsumen membeli produk dari Seller Mancanegara. Informasi ini sangat penting karena konsumen bisa mempertimbangkan apakah membeli atau tidak barang tersebut, dan menghindarkan konsumen dari waktu tunggu yang lama saat membeli barang secara online.

Tersedia fasilitas yang memudahkan konsumen bertransaksi dan menerima pengiriman barang serta dilengkapi fasilitas pengamanan saat transaksi pembayaran

Kemudahan saat melakukan transaksi menjadi salah satu fitur penting yang harus di miliki toko online agar keterjangkauan penjualan online-nya semakin luas dan semakin banyak masyarakat yang tertarik untu berbelanja secara online. Selain tersedia berbagai metode pembayaran yang memudahkan konsumen membayar barang yang dipesannya, ada baiknya konsumen juga mempertimbangkan untuk berbelanja di toko online yang menyediakan fitur COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat, sehingga konsumen tidak perlu repot untuk mentransfer pembelian barang tersebut. Selain itu, pilih toko online yang menyediakan layanan yang memudahkan konsumen mendapatkan barang meskipun konsumen sedang tidak berada dirumahnya, yaitu layanan E-Kiosk. Inovasi layanan ini selain memudahkan konsumen yang tidak berada di rumah saat pengiriman barang atau saat rumah dalam kondisi kosong, juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk berbelanja dan menerima barang dalam hari yang sama. Tidak lupa ada satu layanan lagi yang membuat konsumen seharusnya merasa berbelanja secara online adalah hal yang menyenangkan, adalah layanan pengiriman gratis atau bebas ongkos kirim. Jangan lupa untuk memastikan bahwa toko online tersebut telah memiliki sertifikasi pengamanan untuk transaksi secara online.

Memang di tengah maraknya pertumbuhan toko online di Indonesia, baik besar maupun kecil, masih banyak masyarakat yang khawatir akan timbul masalah saat berbelanja online. Padahal, asalkan sudah mengetahui tips dan cara mudah memilih toko online terpercaya, seharusnya kekhawatiran ini tidak perlu terjadi, apalagi saat ini pemerintah sudah berupaya menyiapkan regulasi untuk melindungi konsumen yang berbelanja secara online. Namun tentu saja, masyarakat seharusnya jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran yang tidak memiliki kejelasan informasi, dan jika menemukan kejanggalan saat bertransaksi hendaklah segera melapor pada aparat terdekat atau melalui website khusus yang telah disiapkan untuk menampung keluhan masyarakat agar ditindaklanjuti oleh instansi terkait.

Namun satu hal yang tidak bisa di pungkiri, belanja online kelak akan menjadi pilihan masyarakat, seiring semakin terjangkaunya biaya untuk mengakses internet dan semakin luasnya jangkauan jaringan internet di berbagai daerah di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Bahkan dalam bisnis online, konsumen bisa saja berbalik menjadi pemilik bisnis online karena bisnis online memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk memulai bisnis tanpa harus memiliki modal besar dan tidak harus memproduksi barang sendiri. Berkat semakin maraknya toko online, produk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) semakin mendapat tempat di hati masyarakat, apalagi sudah banyak dukungan dari toko online besar untuk mengangkat produk lokal Indonesia agar dapat meningkatkan penjualannya dan meluaskan bisnisnya hingga ke mancanegara. Semoga akan semakin banyak masyarakat yang teredukasi bahwa berbelanja secara online itu tetap aman dan nyaman asalkan tahu cara yang tepat untuk memilih toko online terpercaya dan tidak asal membeli hanya karena barang tersebut di labeli dengan embel-embel murah.

Referensi tulisan :
https://www.doku.com/en/blog/single/37/Cara-Tepat-Memilih-Toko-Online
https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

1 komentar:

  1. Speaker portable ini daya tahan baterainya berapa lama ya ? koneksinya menggunakan bluetooth kan ?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...