Rabu, 05 Oktober 2016

Arah Terbaik Untuk Membangun Rumah atau Jenis Hunian Lainnya

Umumnya para developer perumahan atau penjual rumah selain menawarkan sejumlah spesifikasi serta fasilitas yang terbilang lengkap untuk menarik konsumen, juga memberikan jasa konsultasi gratis bagi konsumen yang ingin berdiskusi masalah rumah yan akan dibelinya, terutama informasi pemilihan arah rumah terbaik, seperti hadap utara, selatan, timur, atau barat.

Bagi sebagai masyarakat pemilihan arah rumah memiliki arti yang sangat penting, bahkan menjadi pertimbangan utama saat memutuskan untuk membeli rumah atau jenis hunian tertentu, atau bahkan hanya sekedar menyewa rumah atau sewa apartemen. Tentu ada banyak alasan yang mendasarinya, salah satu alasannya karena ada faktor keuntungan dan kekurangan yang di nilai berbeda dari masing-masing arah rumah, dan juga berhubungan dengan arah terbit dan tenggelamnya matahari.

Sewa Apartemen

Ada sebagian orang yang menyukai arah hunian atau rumah yang menghadap utara agar bisa menikmati matahari terbit dari sisi kanan rumah dan matahari tenggelam di sisi kiri. Ada pula orang yang menyukai hunian atau rumah yang mengarah ke selatan, tentunya dengan berbagai alasan. 

Atas pertimbangan tersebut, tentu masing-masing orang memiliki cara dan selera tersendiri dalam menentukan arah hunian atau rumah. Lantas, arah mana yang terbaik untuk membangun rumah? Berikut akan diuraikan secara singkat keuntungan dan kekurangan dari 4 arah rumah yang lazimnya di pilih masyarakat, yaitu:
  • Arah Selatan. Sebagian orang banyak yang mengklaim bahwa arah rumah ini adalah yang paling ideal, sehingga disebut-sebut paling aman dan memberikan banyak kenyamanan. Bangunan dan bagian teras rumah atau hunian lebih teduh, karena matahari lebih banyak berada di bagian utara rumah. Selain itu, bagian belakang rumah umumnya diterpa matahari pagi sehingga sangat cocok sebagai lokasi atau tempat menjemur pakaian. Cahaya matahari yang masuk ke rumah sangat baik sehingga sirkulasi rumah lebih baik dan pastinya sehat, dan rumah terhindar dari kelembaban. Umumnya, bagian timur rumah akan di sinari matahari pagi, sedangkan bagian barat akan di sinari matahari sore.
  • Arah Utara. Arah ini juga menjadi pilihan banyak orang karena sinar matahari akan dapat menyinari bagian teras rumah sepanjang hari sehingga cahaya masuk dengan baik ke dalam rumah. hanya saja, sebaiknya mendesain sedemikian rupa agar sinar matahari tidak masuk terlalu banyak dan mengganggu penghuni rumah. 
  • Arah Timur. Rumah yang menghadap ke timur akan mendapatkan cahaya matahari yang menyehatkan pada pagi hari. Namun di atas jam 10 pagi, cahaya tersebut malah akan memberikan ketidaknyamanan berupa suhu yang panas dan juga dapat membuat suhu di dalam rumah meningkat. Tentu bukan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki rumah di kawasan perkotaan atau pesisir.
  • Arah Barat. Rumah yang menghadap ke barat kurang bisa dibilang rumah yang ideal, karena matahari pagi kurang dapat masuk ke dalam rumah dengan baik sehingga rumah menjadi kurang sehat. Namun ada banyak tips yang bisa diperoleh melalui internet yang bisa diaplikasikan, salah satunya adalah dengan membuat pintu atau jendela di bagian belakang rumah sehingga cahaya bisa masuk ke dalam rumah dengan baik.

1 komentar:

  1. Aku suka rumah yang kaya sinar matahari, asal nggak menghadapa ke timur he he he. Puanas rek kalau menghadap terbit matahari mah

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...