Kamis, 13 Oktober 2016

7 Alasan Mengapa Memesan kamar Hotel Melalui Online Travel Agent Lebih Praktis dan Efisien

7 alasan pesan kamar hotel melalui online travel agent
 
Sebagai seorang manajer riset, suami saya cukup sering ditugaskan untuk berdinas ke beberapa daerah, sebut saja: Surabaya, Bandung, Semarang, dan Bali. Memesan kamar hotel sudah tentu harus dilakukan, karena kami tidak punya kenalan atau saudara yang bisa ditumpangi untuk menginap. Pemesanan kamar hotel selalu dilakukan melalui Online Travel Agent atau disingkat OTA, seperti Traveloka, Agoda, NusaTrip, dan lain-lain, karena lebih praktis dan efisien. OTA adalah agen perjalanan yang menyediakan jasa pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, dan lain-lain melalui online. Jadi kita tidak perlu mendatangi kantor agennya, cukup hanya dengan membuka website atau aplikasi mereka dan melakukan pemesanan melalui internet. 

Setidaknya ada tujuh alasan mengapa memesan kamar hotel melalui OTA lebih praktis dan efisien, dibandingkan jika kita mendatangi hotelnya langsung:  

Tidak Perlu Menelpon atau Mendatangi Hotelnya Secara Langsung
Jika kita memesan hotel secara langsung, maka kita harus menelpon atau mendatangi hotelnya, padahal waktu yang kita miliki sangat terbatas dengan kesibukan aktivitas pekerjaan dan rasanya kedua hal tersebut juga akan sangat menyita waktu. Belum lagi kalau Peak Season atau hari-hari sibuk, saat menelepon pun tidak langsung tersambung dengan bagian pemesanan, dan pastinya tidak mungkin juga kita mendatangi hotelnya satu per satu. Melalui OTA, kita hanya tinggal mengunduh aplikasinya atau memesan melalui websitenya.

Bisa Memesan di Mana Saja, Kapan Saja, dan Dari Mana Saja
Melalui OTA, kita bisa memesan kamar hotel di mana saja, kapan saja, dan dari mana saja. Misalnya, kita mau pesan malam-malam sambil berbaring di kamar juga bisa. Atau kita mau pesan hotel di Bali, sedangkan kita masih ada di Jakarta juga bisa.   

Bisa Membanding-bandingkan Hotel dengan Cepat 
Memesan kamar hotel secara langsung sudah pasti akan membuat kita merasa kesulitan membanding-bandingkan antara hotel yang satu dengan yang lain, karena kita harus mendatanginya hotel tersebut satu per satu. Sedangkan melalui OTA, kita tinggal memindah-mindahkan laman website atau aplikasi, atau melalui fitur-fitur yang telah disediakan. Misalnya, mencari hotel yang ada di lokasi tempat wisata yang akan kita tuju. Kita tinggal ketikkan nama tempatnya, dan keluarlah daftar pilihan hotel yang tersedia. Dari sekian banyak pilihan hotel yang ada, kita tinggal bandingkan harga dan kualitasnya, kemudian tinggal menetapkan pilihan sesuai budget serta selera kita.

Proses Pembayaran Mudah dan Cepat
Untuk membayar tarif kamar hotel yang sudah dipesan, tersedia alternatif pembayaran dari kartu kredit, transfer bank, bahkan melalui gerai perbelanjaan seperti Indomaret. Akan tetapi, tidak semua OTA memberikan alternatif pembayaran yang lengkap. Ada yang hanya menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Kuncinya, kita pilih OTA yang mendukung proses pembayaran yang kita inginkan.   

Mengetahui Fasilitas yang Disediakan dengan Sekali Klik
Fasilitas yang diberikan oleh hotel umumnya bermacam-macam, dari mulai layanan kamar, internet, kolam renang, restoran, kondisi kamar, tempat tidur, televisi kabel, dan sebagainya. Melalui OTA, kita bisa mengetahui fasilitas yang disediakan hanya dengan sekali klik. Apalagi ada review atau ulasan jujur dari para tamu yang sudah pernah menginap dan mencoba berbagai fasilitas di hotel tersebut, sehingga tanpa berkunjung secara langsung kita sudah memiliki gambaran tentang hotel tersebut.

Praktis Menyimpan Voucher Elektronik
Setelah memesan kamar hotel, kita akan mendapatkan voucher elektronik yang akan ditunjukkan ke resepsionis saat kita sudah sampai di hotel. Voucher ini tidak akan hilang dan tetap tersimpan di email kita, sehingga praktis. Kita bisa mencetaknya atau cukup menunjukkan emailnya kepada resepsionis, dan ini tergantung kebijakan OTA.

Dapat Mengetahui Detail Lokasi Hotel dengan Cepat
Beberapa OTA menyediakan informasi detail mengenai lokasi hotel beserta tempat-tempat wisata atau fasilitas umum yang ada di sekitar hotel lengkap dengan petanya. Hal itu akan menghemat waktu kita untuk mencari lokasi tempat-tempat tersebut jika kita ingin pelesiran atau liburan.

Jadi, di zaman yang sudah maju dan modern ini, akan lebih praktis dan efisien bila kita menyerahkan urusan pemesanan kamar hotel kepada Online Travel Agent.

2 komentar:

  1. Sekarang ini makin mudah ya Mba.. booking tiket pesawat atau hotel bisa secara online.. gak pake antre mendatangi biro travel lagi ya Mba.. Makin mudah dan praktis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak...sepertinya kemudahan ini ngak boleh di sia-siakan ya, makasih udah mampir.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...