Selasa, 04 Oktober 2016

5 Alasan Memilih Baja Sebagai Rangka Rumah

Sedang berencana membangun rumah atau jenis hunian lain?
Pastinya ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan, mulai dari konstruksi hingga bentuk bangunan seperti apa yang ingin di bangun. Salah satu faktor yang penting yang harus dipertimbangkan secara matang adalah material apa yang digunakan untuk membangun rangka rumah tersebut.

Salah satu material bangunan yang cukup banyak diminati sebagai material rangka rumah adalah menggunakan baja ringan untuk kerangka atap. Penggunaan jenis material ini semakin di minati masyarakat dan penggunaan rangka kayu kini sudah semakin berkurang, salah satu alasan yang mendasari pemilihan jenis rangka ini adalah lebih mudah di pasang dan jauh lebih awet dibandingkan rangka kayu.

Rumah di jual di Surabaya


Selain material untuk atap bangunan, ada jenis material lain yang juga sama pentingnya, yaitu material untuk rangka bangunan rumah. Untuk jenis material rangka bangunan rumah masih banyak masyarakat yang belum tertarik menggunakan baja sebagai pilihan material rangka bangunan rumah. Sebagian besar masyarakat masih menggunakan cara konvensional untuk rangka bangunan rumah, yaitu menggunakan beton sebagai rangkanya. Bahkan, banyak perumahan yang di bangun di kota-kota besar masih menggunakan jenis material ini. Hal ini terbukti dari banyaknya iklan yang tersebar di berbagai media, seperti rumah dijual di Surabaya, di Jakarta, dan kota besar lainnya, masih mencantumkan jenis material rangka bangunan rumah dari beton pada spesifikasinya.

Memang penggunaan baja sebagai rangka bangunan rumah di sinyalir masih banyak memiliki kekurangan, namun ada beberapa alasan yang menyebabkan pemilihan jenis material ini menjadi suatu keunggulan dibandingkan jenis material lainnya, yaitu:
  • Faktor kekuatannya. Jika bicara mengenai kekuatan, penggunaan material baja tidak perlu diragukan lagi kekuatannya. Untuk alasan itulah mengapa baja sangat cocok digunakan sebagai konstruksi rangka bangunan rumah, gedung, dan beragam jenis bangunan lainnya. Meskipun demikian, untuk beberapa kebutuhan beton masih dianggap sebagai material yang cocok dengan segala jenis bangunan. Dengan kelebihannya tersebut, masyarakat bisa memilih jenis materila ini sesuai kebutuhan dan akan digunakan sebagai tempat apa bangunan tersebut, sehingga baja menjadi pilihan yang tepat untuk rangka bangunan rumah.
  • Lebih irit. Penggunaan baja sebagai material rangka bangunan rumah pada dasarnya akan mampu meekan biaya pembangunan rumah. Seperti contoh, untuk mengecor beton, maka dibutuhkan biaya lagi untuk membeli material tambahan seperti papan penahan dan pencetak beton. Sedangkan jika memilih menggunakan baja, biaya-biaya tambahan tersebut tidak perlu ada dan bisa dialihkan untuk pos biaya lainnya.
  • Lebih cepat. Menggunakan material baja sebagai rangka bangunan rumah pastinya akan mempersingkat lamanya waktu pembangunan rumah dibandingkan menggunakan beton. Jika menggunakan beton, membutuhkan waktu tunggu yang cukup lama hingga kering, sementara jika menggunakan baja, tinggal di pasang dan siap di bangun.
  • Lebih awet. Penggunaan baja, baik sebagai kerangka atap maupun rangka bangunan rumah di nilai lebih awet dan mampu bertahan dalam waktu yang lama, karena semua orang sudah tahu pasti bagaimana ketahanan rangka baja. Sementara jika menggunakan material kayu sebagai rangka rumah, ada banyak faktor yang lambat-laun mengikis keawetannya, diantaranya serangga, cuaca, rayap, dan lain-lain.
  • Memiliki nilai investasi. Sudah lumrah terjadi jika bangunan yang terbuat dari beton di bongkar maka akan menyisakan banyak puing yang harus di buang, dan untuk mengangkut material sisa ini dibutuhkan tambahan dana, belum lagi sisa beton tersebut tidak mungkin di jual. Sedangkan jika menggunakan material baja memiliki nilai investasi yang lumayan, karena sisa baja dari bangunan yang di bongkar tersebut meskipun sudah berusia 30 tahun masih memiliki nilai jual yang bahkan jauh lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...