Minggu, 25 September 2016

Sewa Mobil Di saat Genting dan Penting Semakin Mudah Berkat Aplikasi DOcar

Aplikasi DOcar

Akhir tahun baru lalu adalah saat yang membahagiakan, selain bisa pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar, pada momen akhir tahun kali ini kakak tertua suami akan menikahkan putra sulungnya. Lazimnya yang terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia, pesta perkawinan diselenggarakan oleh pihak mempelai wanita. Ternyata pihak keluarga mempelai wanita bertempat tinggal di daerah yang cukup jauh dari kota tempat keluarga besar kami tinggal, dan tentu saja membutuhkan transportasi yang cukup untuk membawa seluruh sanak saudara yang bersedia meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini.

Meskipun komunikasi antar keluarga sudah intens dilakukan sejak dua bulan sebelumnya, terutama siapa saja yang berencana akan hadir dalam acara tersebut tapi permasalahan teknis ketika tiba hari H tetap saja ada. Pokok permasalahan utama tentu saja masalah jumlah transportasi yang disediakan. Tadinya sudah ada kesepakatan siapa saja yang bersedia meluangkan waktu untuk pulang kampung sekaligus menghadiri acara tersebut, tapi ternyata jumlah list keluarga bertambah karena beberapa saudara yang tadinya tidak bisa hadir tiba-tiba memutuskan hadir. Tentu saja hal ini sangat menyulitkan mengingat pesta pernikahan tersebut diselenggarakan di luar daerah di mana keluarga besar kami berdomisili, dan jarak menuju lokasi tersebut terbilang cukup jauh karena harus ditempuh dalam waktu kurang lebih 6 sampai 7 jam. Tentu saja, dengan jauhnya lokasi tersebut, bersempit-sempit dalam kendaraan menjadi sangat menyiksa, apalagi beberapa keluarga membawa bayi dan batitanya. Kondisi ini otomatis membutuhkan jumlah kendaraan yang jauh lebih banyak dari yang telah diperkirakan semula.

Di tambah lagi beberapa kerabat tidak membawa kendaraan sendiri karena bertempat tinggal di seberang pulau sehingga lebih praktis jika menggunakan transportasi umum. Akhirnya setelah menyusun ulang rencana diputuskan untuk menyewa mobil, namun menyewa mobil di saat-saat genting tentu saja tidak mudah apalagi momen pernikahan ini bertepatan dengan akhir tahun menuju tahun baru di mana banyak orang bepergian atau berlibur. Di tambah lagi, dari sharing antar anggota keluarga, ada yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan ketika menggunakan jasa sewa mobil terutama di saat yang sangat mendesak, karena itu meskipun waktu yang dimiliki terbatas namun pilah dan pilih tempat untuk sewa mobil juga satu hal yang tidak kalah pentingnya.

Pesatnya kemajuan media digital dan internet sesungguhnya memberikan kemudahan bagi kita terutama dalam mengakses dan mencari informasi yang dibutuhkan. Hanya bermodal perangkat digital dan koneksi internet, dengan mudah semua informasi akan mudah di dapat, termasuk dalam urusan sewa mobil pada saat genting dan penting. Bahkan, demi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, beberapa pihak yang menyelenggarakan layanan sewa mobil meluncurkan aplikasi mobile untuk menjangkau konsumen lebih mudah dan lebih cepat ketika melakukan pemesanan layanan sewa mobil. Memilih layanan sewa mobil sebenarnya memberikan banyak keuntungan untuk konsumen khususnya yang membutuhkan kendaraan dalam keadaan genting dan penting, diantaranya:
  • Bisa memilih jenis mobil sesuai kebutuhan. Umumnya mobil memiliki ukuran, spesifikasi, dan kapasitas penumpang yang berbeda, karenanya sesuaikan jumlah penumpang yang akan berangkat dengan kapasitas muatan mobil. Tujuannya agar selama perjalanan semua penumpang merasa aman dan nyaman. Lebih baik memilih jenis mobil yang berukuran besar jika jumlah penumpang yang akan berangkat cukup banyak, daripada membawa beberapa mobil. Pengalaman ketika menghadiri pesta pernikahan seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, akhirnya kami memilih jenis bus berukuran sedang dengan pertimbangan lebih ekonomis dan tentunya lebih simpel, selain itu antar anggota keluarga bisa saling berinteraksi di dalam bus mengingat momen berkumpul yang jarang dilakukan. 
  • Jenis mobil bisa di pilih sesuai kondisi jalan yang akan di lalui selama perjalanan. Sebelum berangkat, tentu kita harus memiliki gambaran yang jelas seperti apa kondisi jalan dan alam sekitar yang akan di lewati. Pengalaman saya dulu, medan jalan yang kami tempuh terbilang cukup sulit karena kontur jalan yang tidak lurus, berkelok-kelok, dan berbukit-bukit, juga banyak tanjakan yang harus di lalui karena harus menembus perbukitan. Tidak semua jenis mobil cocok untuk digunakan dengan kondisi medan seperti ini, karenanya dengan menyewa mobil kita bisa memilih jenis kendaraan yang cocok dengan medan jalan yang akan dilalui agar perjalanan menjadi aman dan nyaman. Keuntungan lainnya, sebelum menyewa kita bisa berkonsultasi dengan penyedia layanan sewa mobil mengenai kendaraan apa yang cocok dan biasanya sering di sewa untuk rute yang sama.
  • Biasanya penyedia layanan sewa mobil telah menyiapkan sopir yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang cukup kondisi daerah sekitar, termasuk kondisi jalan menuju beberapa lokasi. Tentunya dengan sopir yang berpengalaman, perjalanan kita akan terasa lebih aman dan nyaman hingga ke tempat tujuan. Tapi yang lebih baik lagi jika penyedia layanan sewa mobil tersebut memiliki standar pelayanan terutama kecepatan maksimal yang diperbolehkan selama melayani konsumen, sehingga konsumen merasa lebih nyaman. Memang bagi sebagian penyewa, sistem sewa mobil yang memperbolehnya lepas kunci akan membuat privasi lebih terjaga karena sopirnya adalah bagian dari keluarga. Namun, jika kondisi jalan atau rute yang akan di lalui cukup sulit serta membutuhkan seorang sopir yang berpengalaman, memilih layanan sewa mobil beserta sopir rasanya adalah alternatif yang terbaik.
  • Umumnya pihak penyedia layanan sewa mobil memiliki standar pelayanan yang baik untuk konsumen, terutama dalam hal perawatan kendaraan agar konsumen merasa nyaman. Namun, ada baiknya sebelum memilih jenis kendaraan yang dibutuhkan, kita mengecek kelengkapan fasilitas pendukung serta bagian mobil yang memiliki fungsi sangat penting untuk menunjang performa maksimal kendaraan, seperti mesin, roda atau ban mobil, lampu, body mobil, wiper, AC mobil, atau jika perlu test drive bisa dilakukan konsumen sebelum menyewa mobil.
Banyaknya keuntungan yang ditawarkan penyedia layanan sewa mobil, tentu saja harus membuat konsumen pintar-pintar memilah dan memilih penyedia layanan sewa mobil mana yang memberikan rasa aman dan kenyamanan selama berkendara dengan mobil sewaan. Selain penyedia layanan sewa mobil tersebut harus terpercaya dan memiliki track record yang baik serta memuaskan selama melayani konsumen, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kemudahan dalam melakukan pemesanan kendaraan serta memilih jenis kendaraan. Kemudahan dalam melakukan pemesanan dan memilih jenis varian mobil tentunya harus ditunjang penggunaan aplikasi digital yang sudah mobile sehingga konsumen bisa memesan dengan cepat dari mana saja dan kapan saja, seperti aplikasi yang saat ini dikembangkan oleh PT. DOcar Indonesia dengan meluncurkan aplikasi digital berbasis Android yang diberi nama DOcar.

Aplikasi DOcar

Sewa Mobil Di Saat Genting dan Penting Semakin Mudah Berkat Aplikasi DOcar

Pesatnya perkembangan teknologi dan perangkat digital membuat banyak penyedia layanan jasa meluncurkan aplikasi berbasis Android serta berbagai platform lainnya, sehingga dapat diakses dengan mudah dan cepat dari mana saja serta kapan saja. Aplikasi digital ini tentu saja menawarkan banyak keuntungan, baik bagi penyedia layanan jasa maupun bagi konsumen. Untuk konsumen, keberadaan aplikasi ini akan memudahkan melakukan pemesanan secara cepat terutama di saat-saat genting dan penting. Sedangkan bagi penyedia layanan jasa, memiliki aplikasi mobile bisa menjangkau konsumen lebih cepat dengan daya jangkau relatif lebih luas.

Peluang inilah yang secara maksimal dimanfaatkan oleh PT. DOcar Indonesia dengan meluncurkan layanan jasa sewa mobil berbasis Android. Aplikasi DOcar bekerja dengan sistem e-marketplace yang bertugas mempertemukan pihak penyedia layanan sewa mobil atau rental-rental mobil dengan konsumen yang ingin menyewanya. Di mana melalui aplikasi ini konsumen bisa memilih jenis dan spesifikasi seperti apa yang di cari serta dibutuhkannya. Dengan aplikasi DOcar, konsumen tidak hanya bisa memilih jenis mobil yang diinginkan, namun juga bisa mencari sewa termurah yang ditawarkan oleh penyedia layanan sewa mobil.

PT. DOcar Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang sejak tahun 2011 berkecimpung dalam bidang IT, sehingga keamanan dan kecanggihan aplikasi tentunya tidak diragukan lagi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa masih banyak di kalangan pengusaha kecil yang belum memahami betapa pentingnya penggunaan teknologi untuk menunjang kemajuan usaha atau bisnisnya. Padahal, teknologi tidak hanya mempermudah pelaku bisnis dalam berhubungan dengan konsumen, namun juga membantu memperluas daya jangkau atau ruang lingkup bisnisnya. Alasan inilah yang mendasari PT. DOcar Indonesia meluncurkan e-marketplace DOcar, yang membuat pelaku bisnis sewa mobil dan konsumen bisa saling bertemu secara online sekalipun tidak berada di tempat yang sama. Pemilihan nama DOcar sendiri bukan tanpa alasan, dan setidaknya ada 2 hal yang mendasarinya, yaitu:
  1. DOcar merupakan perwujudan dari kata DO your activities with car yang diartikan lakukan apapun aktivitas Anda dengan menggunakan mobil, dan ini juga merupakan visi dari DOcar.
  2. DOcar sendiri memiliki kesamaan ejaan dengan Dokar, bahasa yang menunjuk kepada kendaraan yang lazim digunakan dalam bahasa jawa dan termasuk warisan budaya Jawa secara turun-temurun untuk menyebut transportasi tradisional. Awal mula penggunaan kosa kata ini menurut penuturan masyarakat Jawa berasal dari bahasa inggris Dogcart (kereta pembawa anjing pemburu). Dengan pemilihan nama ini, secara tidak langsung berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia.
Komitmen DOcar tidak hanya menawarkan kemudahan menjalankan bisnis sewa atau rental mobil bagi pemilik usaha yang kurang akrab dengan teknologi belaka, namun juga menawarkan banyak keuntungan bagi konsumen, antara lain:
  • Mudah dan fleksibel. Untuk menyewa mobil hanya membutuhkan 3 langkah saja serta dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, yaitu pilih, pesan, dan bayar.
  • Harga termurah. Aplikasi ini membantu konsumen untuk memilih harga termurah dari berbagai layanan jasa sewa mobil yang tersebar di Kota Solo, Kota Jogja, dan Kota Semarang. Sehingga konsumen tidak perlu repot mendatangi satu-persatu rental atau jasa sewa mobil yang tersebar di kota-kota tersebut.
  • Banyak varian jenis mobil yang tersedia, sehingga konsumen dapat memilih sesuai kebutuhannya.
  • Sesuai pilihan. Memilih layanan sewa mobil di DOcar, konsumen akan di jamin untuk mendapatkan jenis mobil yang benar-benar sesuai dengan yang telah di pilih, di tambah lagi semua informasi secara terinci dapat di akses konsumen sebelum menyewa mobil dan untuk itu pihak DOcar telah menjamin kesesuaian antara informasi yang ditampilkan dengan mobil saat tiba di alamat konsumen.
Sedangkan untuk aplikasi DOcar itu sendiri bisa di unduh melalui fitur atau menu Playstore pada smartphone yang berbasis Android atau cukup klik link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar. Berikut screenshot aplikasi DOcar berbasis Android yang memudahkan konsumen menyewa mobil kapan saja dan dari mana saja.

Aplikasi DOcar
Aplikasi DOcar berbasis Android


Aplikasi DOcar
Pilihan harga untuk beragam jenis mobil yang bisa di sewa melalui aplikasi DOcar
Namun, jika konsumen ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa mekanisme menyewa mobil atau kendaraan melalui aplikasi DOcar bisa mencari tahu melalui situs serta akun media sosial berikut ini :
  • Situs resmi DOcar : http://www.docar.co.id/
  • Google Plus : https://plus.google.com/+DocarIdsewa-mobil-solo-jogja-semarang
  • Facebook : http://www.facebook.com/docar.id 
Selain bisa memesan mobil secara online melalui aplikasi berbasis Android, konsumen bisa datang secara langsung agar lebih puas dan bisa memilih secara langsung mobil atau jenis kendaraan yang akan di sewa.

Jika sudah ada aplikasi layanan sewa mobil yang mudah dan cepat, mengapa harus pilih yang lain...pilih DOcar. 

Referensi artikel :
http://www.docar.co.id
http://metrojambi.com/read/2015/07/25/2144/tips-menyewa-mobil-dan-hal-yang-perlu-diperhatikan

1 komentar:

  1. Aplikasi DOcar emang membantu banget buat cari mobil sekitaran Jogja Solo Semarang, jadi gak usahkeluar keluar deh buat cari mobil

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...