Selasa, 09 Agustus 2016

Kenal Lebih Dekat Dengan Tiamarty, Penulis Potensial Dari Kota Bekasi

Tiamarty? Kalau blogger perempuan yang satu ini saya kenal dekat bahkan sangat dekat sekali sejak lama. Meskipun tidak intens bertemu dengannya, tapi sesekali kami kadang bertemu di beberapa acara, bahkan yang terakhir kami bertemu dalam satu acara bulan Juli 2016 kemarin di Kantor Kudo Indonesia ketika sama-sama menghadiri bincang bersama Teh Indari Mastuti dengan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) sejabodetabek. Tapi tahukah teman? Mbak Tiamarty ini selain blogger perempuan, juga aktif sebagai penulis, baik buku maupun skenario FTV, sitkom yang sangat produktif lho. Pernah suatu kali saya menginap di rumah kakak dan kebetulan anak-anaknya alias keponakan saya sudah abege alias remaja semua, pastinya suka nonton acara televisi yang berbau teenlit dan kebetulan saya ikutan nonton drama seri remaja di salah satu televisi swasta yang skenarionya ditulis oleh Mbak Tia. Ceritanya asyik dan khas remaja banget, tapi yang paling menyenangkan cerita itu ternyata ditulis oleh teman sendiri, bangga? Pastilah!

Tiamarty
Sumber Foto : IG @tiamartyalzahira
Tapi, selain sebagai penulis buku dan skenario yang produktif, Mbak Tia juga aktif dalam kegiatan blogger dan sukses mengawangi Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis ranting Jabodetabek. Tidak heran jika dalam acara Gathering IIDN dan IIDB Jabidetabek akhir bulan lalu, Founder IIDN dan IIDB Teh Indari Mastuti memberikan penghargaan secara khusus untuk Mbak Tia, dan kebetulan saya juga bergabung di dua komunitas inspiratif ini. Bergabung di banyak komunitas, mengapa tidak? Di zaman yang serba digital ini, bergabung di banyak komunitas bukan lagi masalah yang sulit karena komunikasi bisa dilakukan secara online. Bahkan, komunikasi antar member atau anggota bisa berjalan dengan intens meskipun tinggal berlainan kota, pulau, atau negara, contohnya Komunitas Blogger Perempuan, yang dengan program arisan linknya bisa mewadahi membernya untuk saling berinteraksi secara intens satu sama lain dalam suatu aktivitas yang bermanfaat untuk aktivitas ngeblognya.

Ingat komunitas, jadi ingin menulis sedikit mengenai apa sih komunitas itu dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan anggotanya setelah bergabung dalam komunitas tersebut. Berdasarkan referensi Wikipedia, Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan , dan umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.  Dengan kata lain, komunitas terdiri dari individu-individu yang memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, resiko, dan sejumlah kondisi yang kurang lebih serupa. Lantas, apa saja keuntungan jika bergabung di komunitas, bahkan seseorang bisa bergabung di lebih dari satu komunitas, diantaranya :
  • Learning, berkomunitas artinya membuka kesempatan untuk belajar seluas-luasnya bagi seluruh anggotanya, tidak hanya kesempatan belajar dari founder komunitas semata namun juga dari sesama member lainnya.
  • Networking, berkomunitas artinya setiap anggota memiliki kesempatan untuk membangun dan mengembangkan jaringan atau relasi serta koneksi yang terkadang sangat membantu kelancaran berbagai aktivitas serta pekerjaan anggota itu sendiri. Bahkan, berkomunitas juga membuka kesempatan untuk bertemu teman-teman baru yang beberapa diantaranya adalah sosok yang inspiratif.
  • Sharing Experiences, berkomunitas artinya kesempatan untuk saling sharing dan berbagi pengalaman akan semakin besar, terkadang hal tersebut bisa jadi merupakan solusi atas suatu masalah yang mungkin saja tengah dihadapi salah satu anggota.
  • Job Opportunities, berkomunitas memberikan kesempatan untuk mendapatkan peluang-peluang kerja lebih banyak dibandingkan jika berusaha mencari informasi sendiri. Terkadang, jika ada anggota yang memiliki informasi lebih mengutamakan men-share informasi tersebut dalam komunitasnya.
Selain keuntungan yang telah disebutkan di atas, sesungguhnya masih banyak keuntungan lain yang bisa didapat jika memiliki kesempatan untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Bahkan di era serba digital ini, sesama anggota atau member bisa saling berkomunikasi secara intens meskipun tidak atau belum pernah bertemu muka secara langsung. Tapi memang, akan lebih baik jika sesekali anggota komunitas tersebut bisa berjumpa secara langsung atau populer dengan istilah Kopi Darat (Kopdar), namun kopdar hanyalah satu di antara banyaknya solusi lain yang memfasilitasi komunikasi antar anggota dalam suatu komunitas. Meskipun lebih banyak berinteraksi melalui ruang maya, bukan berarti sesama anggota tidak bisa saling sharing dan membangun networking, karena ada beberapa komunitas yang pada mulanya dibangun via online tetap eksis hingga bertahun-tahun kemudian dan banyak memberikan kontrobusi atau keuntungan bagi para membernya.

Namun yang pasti, tidak mudah memang menyatukan banyak orang dalam satu komunitas karena pastinya masing-masing orang memiliki karakter dan watak serta latar belakang yang berbeda. Terkadang perbedaan ini pun turut mewarnai suka-duka perjalanan sebuah komunitas, karenanya salut untuk Mbak Tia yang mau bersusah payah mempertahankan eksistensi Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis ranting Jabodetabek. Sekarang...saatnya kita kembali ke...blognya Mbak Tia.

Tiamarty
Sumber Foto : IG @tiamartyalzahira
Dalam fitur List Label blog yang beralamat di www.tiamarty.com, ada beragam label atau kategori artikel atau postingan yang telah di tulis Mbak Tia. Kategori Reportase menduduki peringkat tertinggi di antara label lainnya, yang menandakan betapa selain seorang penulis yang handal dan potensial, Mbak Tia juga seorang blogger yang aktif di banyak event. Sesungguhnya ada banyak keuntungan bagi seorang penulis terutama yang menulis melalui media blog atau kerap di sapa Blogger, untuk sesekali hadir di berbagai event. Selain bisa bertemu langsung dengan sesama blogger yang tadinya hanya berkomunikasi melalui ruang maya, juga bisa mendapat banyak inspirasi menulis artikel. Bayangkan...terkadang seorang blogger bisa menghadiri launching produk yang sama sekali belum di rilis ke pasar, dan blogger menjadi yang pertama untuk mengetahuinya. Ada plusnya...kadang-kadang dapat oleh-oleh produk yang baru di launching tersebut lho, aihhh...beruntungkan, tapi jangan lupa nulis reportasenya ya!

Pokoknya ada beragam informasi berharga yang bisa di baca viewers yang berkunjung ke blognya Mbak Tia. Spesial untuk profesinya sebagai penulis skenario (kerennya dirimu Mbak...) Mbak Tia juga menulis beberapa postingan dan beberapa diantaranya kerap saya tonton juga lho, seperti sitkom Bro and Bray yang sukses bikin saya kadang senyum-senyum sendiri. Menulis skenario bergenre komedi seperti ini pastinya harus punya rasa humor yang tinggi juga dong, kayaknya ngak cocok banget dengan profil saya...hahaha. Oke deh mbak...semoga sukses terus dan produktif menulis cerita-cerita yang menginspirasi sekaligus menghibur untuk masyarakat.

Tapi, ada satu hal Mbak Tia, mungkin bisa ditambahkan halaman About Me biar pengunjung bisa mengenal lebih dekat siapa nih pemilik blog yang tulisannya sangat menginspirasi ini...hehehe. Padahal, untuk halaman tersebut, mbak Tia bisa menulis banyak prestasi dan saya percaya satu halaman saja bakalan ngak cukup, apalagi jika ditambah judul-judul buku yang sudah ditulis mbak Tia, bakalan penuh tuh halaman, dirimu keren kok mbak (padahal halaman About Me saya juga berantakan...hahaha, itu PR besar untuk saya, membenahi halaman About Me biar agak sedikit keceh!! tenang ini cuma curcol). 

Namun, apapun itu dirimu tetap keren kok Mbak, jadi ngak salah jika saya memilih judul untuk postingan arisan link kali ini, "kenal lebih dekat dengan Tiamarty, penulis potensial dari Kota Bekasi."

Channel Media Sosial Tiamarty :
IG : @tiamartyalzahira
Twitter : @tia_alzahira
Facebook : Tia Marty Al-Zahira

Referensi Materi Komunitas :
http://arhiez.net/tujuh-keuntungan-bergabung-dalam-komunitas/

6 komentar:

  1. Wah makasih banyak Mbak, terharu saya hihi
    Oh iya bener berkomunitas banyak hal yang bisa didapatkan learning, networking, exsperiences bonusnya banyak job

    BalasHapus
  2. Kalau buat saya mbak tya tu dah identik dengan IIDN. Mungkin karena kenalnya juga dari IIDN ya

    BalasHapus
  3. Gabung di komunitas itu penting banget, manfaatnya lebih dari yang saya bayangin sebelumnya malah. Apalagi buat orang-orang yang punya potesial seperti Mba Tia ini, keren!

    BalasHapus
  4. Besok besok kalo ada FTV atau sitkom yang lagi saya tonton dan ada nama Tia Marty, saya mau langsung teriak, "itu teman akuuu.." wkwkwk.. Semoga Mbak Tia juga mengakuinya..haha.. Tapi bener yaa, berkomunitas itu bikin kita makin maju. Saya bisa lancar nulis jg karena bergabung sm IIDN Solo. Saya jadi makin banyak pengetahuan tentang dunia blogging jg sejak bergabung dengan komunitas blogger.. Lebih2 lagi stlh ada arisan link, yg heboh banget tp sarat ilmu.. Huwaaa..bahagiiia rasanya, bisa mengenal Bu Mutia, Mbak Tia dan yang lain2nya.. :)

    BalasHapus
  5. Reviewnya luar biasa mbak Elisa. Informatif banget. Saya jadi ikutan gabung di dua komunitas tersebut :)

    BalasHapus
  6. Hai kak tia salam kenal, kayak nya blm pernah mampir ke blog nya dech ... melipir kesana ah

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...