Selasa, 30 Agustus 2016

Citrex Upin Ipin Membantu Menjaga Kesehatan Anak Saat Cuaca Ekstrim

"Kepalanya agak pusing dan tenggorokan sakit," beberapa hari yang lalu putra kedua saya mengeluh saat baru pulang dari sekolah, padahal saat pagi hari meskipun sedikit lesu dia masih berangkat sekolah dengan ceria. Saat ini dia duduk di kelas 4 Sekolah Dasar, meskipun empat hari dalam satu minggu pulang sekolah hampir jam tiga sore, biasanya dia selalu ceria dan sepanjang perjalanan masih berceloteh menceritakan aktivitas hari itu bersama teman-temannya. Yah...beberapa hari ini cuaca tidak menentu, saat pagi hari matahari terkadang bersinar cukup terik tapi beberapa jam kemudian berganti mendung yang cukup pekat dan diikuti hujan tidak lama kemudian. Pernah suatu kali saya menjemput putra saya sambil membawa jas hujan karena ketika berangkat sekolah mendung dan gerimis. Tapi setiba di sekolah hanya berselang satu jam, cuaca berubah menjadi panas dan matahari bersinar cukup terik. Pergantian cuaca yang terbilang ekstrim inilah terkadang membuat daya tahan tubuh manusia terutama anak-anak yang sedang tidak fit menjadi rentan terserang penyakit.
Citrex Upin Ipin Vitamin Anak
Aktivitas yang padat tentu membutuhkan asupan gizi yang maksimal (Dok: Pribadi)
Ternyata pergantian cuaca yang cukup ekstrim memasuki akhir bulan Agustus menuju awal bulan September ini menurut berita yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) disebabkan oleh fenomena La Nina yang mulai memasuki sebagian besar daerah di Indonesia. Fenomena La Nina ini menyebabkan curah hujan bertambah sehingga beberapa kawasan di Indonesia akan turun hujan sedang hingga lebat. Kondisi ini semakin bertambah buruk karena memasuki akhir tahun hampir semua wilayah Indonesia memang memasuki musim penghujan. Hal ini tentu saja tidak hanya menimbulkan dampak bagi lingkungan, tapi juga kesehatan manusia terutama anak-anak yang belum memiliki sistem imun yang sempurna. 

Perubahan cuaca yang ekstrim terkadang memicu berkembangnya berbagai penyakit, yang beberapa diantaranya sangat menular dan cukup membahayakan kesehatan anak-anak, seperti deman, infeksi tenggorokan, diare, influenza, dan masih banyak lagi. Beberapa di antara penyakit tersebut terbilang sangat mudah menular, baik melalui kontak dengan penderita, percikan ludah saat batuk atau bersin, penggunaan sendok atau gelas secara bersama-sama, dan lain-lain. Terkadang meskipun anak-anak sudah diberikan peringatan dini oleh orangtua tetap saja orangtua tidak dapat memantau secara terus-menerus aktivitas apa yang dilakukan anak-anak saat bersekolah. Dalam kondisi tubuh anak yang tidak terlalu fit, tiba-tiba temannya terserang penyakit dan akhirnya si anak tertular. Dari si anak yang tertular kemudian menularkan lagi kepada keluarganya di rumah terutama kepada adik atau kakaknya.

Untuk itu, penting di saat cuaca ekstrim seperti sekarang ini untuk menjaga kesehatan terutama asupan nutrisi yang mencukupi agar tubuh tetap sehat. Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga kesehatan anak saat cuaca ekstrim, diantaranya mengatur pola istirahat anak agar cukup, menjaga pola makan anak yang sehat, pastikan anak cukup mengkonsumsi air putih setiap hari, segera konsultasikan ke dokter jika anak menunjukkan tanda-tanda kurang sehat setiap hari, serta tidak lupa untuk memberikan suplemen atau vitamin yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si anak dari luar.

Pola makan yang sehat sangat berhubungan dengan pengaturan menu atau makanan yang seimbang dengan asupan gizi yang dibutuhkan anak. Untuk diketahui, kebutuhan nutrisi anak sangat berbeda, tergantung kelompok usianya serta aktivitas eksternal yang dilakukannya setiap hari. Anak yang berusia sekolah tentu membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk menjaga agar tubuhnya tetap fit selama belajar dan beraktivitas di sekolah. Terkadang, dengan aktivitas yang cukup padat di sekolah dan di rumah, asupan nutrisi yang diterima tubuh tidak seimbang, akibatnya seringkali muncul masalah kesehatan, seperti berat badan kurang, anemia, defisiensi zat besi, kekurangan vitamin C, dan masih banyak lagi. Belum lagi di usia sekolah tersebut, anak juga rentan terhadap bahaya tertular penyakit dari orang-orang di sekitarnya.
Citrex Upin Ipin Vitamin Anak
Suasana Lauching Vitamin Anak Citrex Upin Ipin di Mall of Indonesia (Dok : Pribadi)
Pengaturan pola makan yang sehat inilah yang menjadi salah satu topik penting dalam Talkshow yang mengambil tema "Semangat Baru di Tahun Ajaran Baru," yang diselenggarakan Sabtu, 27 Agustus 2016 lalu di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam Talkshow yang dihadiri media dan emak-emak blogger yang tergabung dalam komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) ini menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dalam bidangnya, yaitu Dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, Dokter Gizi Klinik, Kasandra Putranto, Psikolog, dan Wan Syurya Tri Dharma, perwakilan PT. Mega Pharmaniaga.

Selain perbincangan seru tentang bagamana mengatur pola makan anak yang sehat, juga diungkapkan mengapa pada anak kerap dijumpai yang namanya Picky Eater (suka pilih-pilih makanan) dari tinjauan psikologis. Yap...sama halnya orang dewasa lainnya, anak-anak juga rentan mengalami masalah, baik dengan dirinya sendiri, orangtua, teman-teman, guru di sekolah, dan lingkungan di sekitarnya. Kondisi inilah yang terkadang menjadi salah satu faktor yang memicu gangguan pola makan anak, anak menjadi kurang nafsu makan, picky eater dan lain-lain. Untuk itu, orangtua juga harus jeli untuk memperhatikan perkembangan psikologis anak agar optimalisasi tumbuh kembangnya berlangsung dengan baik. Untu tumbuh cerdas, tentu anak harus sehat jasmani dan rohani, karenanya orangtua juga harus mempertimbangkan beragam solusi untuk membantu menjaga kesehatan anak.

Salah satu solusi yang bisa membantu menjaga kesehatan anak, terutama saat cuaca ekstrim seperti saat ini adalah dengan memberikan suplemen atau vitamin anak yang tepat. Bersamaan dengan diselenggarakannya Talkshow tersebut juga diluncurkan vitamin atau suplemen untuk anak yang di beri nama "Citrex Upin Ipin." Launching vitamin anak "Citrex Upin Ipin" ini momennya sangat tepat, bersamaan dengan fenomena La Nina yang saat ini sedang gencar-gencarnya melanda sebagian besar wilayah Indonesia dan menimbulkan perubahan iklim yang cukup ekstrim, sehingga masyarakat terutama anak-anak di himbau untuk selalu menjaga kesehatan.

Citrex Upin Ipin Membantu Menjaga Kesehatan Anak Saat Cuaca Ekstrim

Pada sebagian anak terkadang di jumpai memiliki pola makan yang berubah-ubah atau tidak konsisten. Suatu saat anak lahap dengan menu A yang disajikan, tapi dua hari kemudian anak mogok makan jika di suguhi menu yang sama dan meminta menu B. Tentu saja hal ini cukup menyulitkan orangtua, dan ditambah lagi asupan nutrisi anak setiap saat tidak boleh berkurang sedikipun agar kesehatannya bisa optimal. Kondisi ini kerap di alami anak yang mulai menunjukkan gejala kurang sehat atau yang baru sembuh dari sakit. Di saat yang bersamaan, cuaca ekstrim membuat tubuh anak harus fit setiap saat, padahal sistem imunitas anak belumlah sesempurna orang dewasa.

Dalam kondisi seperti ini, tentu dibutuhkan solusi yang tepat, diantaranya memberikan vitamin atau suplemen untuk membantu anak agar tetap sehat dan membantu mencukup kebutuhan zat gizinya. Secara umum, vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh. Umumnya vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan karenanya tubuh membutuhkan asupan nutrisi dari luar. Asupan vitamin untuk tubuh tersebut bisa dijumpai pada aneka jenis sumber makanan yang setiap hari di konsumsi oleh manusia. Selain makanan, asupan vitamin juga bisa diperoleh tubuh dari berbagai jenis vitamin yang secara khusus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Citrex Upin Ipin
Tiga varian Citrex Upin Ipin untuk membantu menjaga kesehatan anak
Khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin pada anak, Citrex Upin Ipin hadir di Indonesia secara resmi dipasarkan oleh PT. Mega Pharmaniaga yang selama dua tahun terakhir berkontribusi untuk ikut membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh anak, terutama saat cuaca ekstrim. Ada tiga jenis suplemen yang ditawarkan Citrex Upin Ipin dalam tiga varian rasa, yaitu :
  1. Citrex Upin Ipin Vitamin C Orange 100 mg,
  2. Citrex Upin Ipin Vitamin C Blackcurrant 100 mg,
  3. Citrex Upin Ipin Vitamin BCO + Lysine Chocolate Tablet.
Citrex Upin Ipin Vitamin C yang di kemas secara menarik dalam dus dengan botol kaca isi 30 tablet untuk kebutuhan asupan vitamin anak selama 1 bulan. Adapun bentuk dari vitamin ini adalah tablet kunyah atau hisap dengan rasa jeruk dan blackcurrant dengan dosis vitamin C 100 mg. Dosis ini sangat cocok untuk mememenuhi kebutuhan vitamin C anak setiap hari, serta sesuai standar kebutuhan harian vitamin C untuk anak menurut US RDA, yaitu antara 39 mg - 250 mg per hari. Asupan vitamin C yang cukup ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, mempercepat proses penyembuhan luka, sebagai antioksidan, pembentukan kolagen, menutrisi kulit, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Citrex Upin Ipin Vitamin B kompleks (BCO) yang juga dikemas dalam botol kaca berisi 30 tablet, juga di konsumsi dengan cara kunyah atau hisap dengan rasa coklat yang sangat di sukai anak-anak. Satu tablet hisap Vitamin B kompleks (BCO) mengandung dosis Vitamin B1 5 mg, Vitamin B6 2,5 mg, Vitamin B12 1,2 mcg. Selain itu, Citrex Upin Ipin Vitamin BCO juga dilengkapi asam amino essensial yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak agar optimal, yaitu Lysine. Vitamin B kompleks ini sangat bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh, pembentukkan sel darah merah, mencegah anemia, memperbaiki selera makan anak, dan lain-lain.

Citrex Upin Ipin Vitamin Anak
Suasana Launching Vitamin anak Citrex Upin Ipin di Pasar Moi (Dok : Pribadi)
Tapi yang lebih spektakuler lagi, produk vitamin anak yang diproduksi oleh Pharmaniaga Manufacturing Berhad dari Selangor - Malaysia ini di kemas dengan brand film kartun anak yang sangat di sukai hampir seluruh anak di Indonesia, yaitu Upin dan Ipin. Pemilihan karakter tokoh kartun Upin Ipin ini selain karena sama-sama berasal dari negeri jiran Malaysia, juga karakter kedua tokoh anak ini menggambarkan sosok anak yang lincah, energik, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi khas anak-anak. Diharapkan melalui penamaan brand karakter Upin Ipin ini akan menggugah kesadaran anak agar mau menuruti anjuran dan nasehat orangtua untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap bugar dan sehat saat menghadapi cuaca ekstrim. Tentu saja untuk mengkonsumsinya, pastikah sesuai dengan dosis atau aturan pakai yang selalu disertakan dalam kemasan, yaitu 1 kali sehari setelah makan.

Citrex Upin Ipin Vitamin Anak
Vitamin Anak dan Pasta Gigi Citrex Upin Ipin (Dok : Pribadi)
Selain vitamin anak, juga diproduksi Pasta Gigi Anak Upin dan Ipin yang bebas dari kandungan Fluoride dan aman untuk anak-anak. Selain 100 persen bebas dari kandungan Fluoride, pasta gigi anak ini juga memiliki keistimewaan lain, yaitu 100 persen bebas alkohol, berbahan alami (natural), bebas kandungan hewani, halal, aman untuk anak, serta mengandung xylitol (gula alami dari tanaman). Ada enpat varian rasa yang sangat di sukai anak-anak, yaitu rasa jeruk, stroberi, anggur, dan apel, agar anak-anak terstimulasi untuk mau menjaga kesehatan gigi dan mulut yang sangat penting untuk tubuh.

Rangkaian produk untuk menjaga kesehatan anak ini sangat dijaga mutu dan kualitasnya oleh pihak produsen sebagai upaya untuk ikut serta mendorong sistem kesehatan nasional anak Indonesia agar semakin bertambah baik. Kesehatan anak menjadi isu yang sangat penting karena anak adalah aset negara yang akan membangun bangsa dan negara Indonesia yang lebih maju dan makmur lagi di masa depan.  

Yuk...tumbuhkan semangat baru di tahun ajaran baru dengan menjadi anak yang smart, aktif, dan sehat bersama Citrex Upin Ipin vitamin anak.

Referensi tulisan :
Press Release Talkshow dan Launching Suplemen makanan anak-anak Citrex Upin Ipin, PT. Mega Pharmaniaga 2016 di Mall of Indonesia.
http://www.antaranews.com/berita/560574/bmkg-la-nina-akan-berlangsung-agustus-hingga-september
http://www.idmedis.com/2014/03/macam-vitamin-sumbernya-dan-fungsi-vitamin.html

23 komentar:

  1. Cuaca ekstrim gini emang bikin anak lebih gampang sakit ya, kalau kondisinya kurang fit. Saya udah coba kasih Citrex ini ke anak dan doyan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...anak-anak juga suka banget, rasanya enak dan kemasannya oke banget. Makasih mak udah mampir.

      Hapus
  2. Vitamin rasa cokelat, unik yah mak.. anak saya juga picky eater nih... mayan puyeng klo mikirin menu makanan yah.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak beda-beda ya mak, anakku juga ada yang picky eater...susaahhh banget, tapi kalau lagi bener-bener susah biasanya aku bantu vitamin atau suplemen. makasih mak udah mampir.

      Hapus
  3. Pas banget emang, pas di cuaca dan musim nggak tentu begini anak-anak memang harus menjaga kekebalan tubuhnya ya. Salah satunya ya dengan asupan makanan dan minum vitamin seperti Citrex Upin Ipin ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuaca akhir-akhir ini bikin was-was mak, bener banget anak-anak emang butuh suplemen atau vitamin untuk membantu menjaga kesehatannya. Makasih mak udah mampir.

      Hapus
  4. perlu sekali nih sarannya untuk jaga kesehatan anak saat cuaca ektrimm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekstrim banget mak cuacanya, rasanya butuh banget vitamin untuk anak-anak.

      Hapus
  5. Aku udah lama kenal brand upin ipin, yaitu pasta gigi. Eh skrg ada vitaminnya ya. Anakku suka nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...liat kemasannya anakku langsung suka dan ngotot mau semua beli semua varian...hehehe. Makasih mak udah mampir.

      Hapus
  6. cuacanya ga menentu ya mak, anak harus ditingkatkan imunnya, cocok banget ada Citrex Upin Ipin sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, daya tahan jadi benteng pertahanan anak biar ngak ngampang sakit nih, untung ada Citrex Upin Ipin.

      Hapus
  7. Apa kabar mba? gimana anandanya, suka ya vitaminnya. aku kebagian yang blackcurrant, kukasih ponakanku, seneng dia, hehehe.
    Salam hangat mba

    BalasHapus
  8. Cuaca ekstrim seperti sekarang ini memang gampang membuat anak sakit, dengan asupan vitamin bisa menjaga kesehatan anak ya mak.

    BalasHapus
  9. sebelum tahu yg vitamin ini anak2 udah pake brand ini juga sih, odolnya itu mba.. anak2 jd semangat gosok gigi dg aroma buahnya

    BalasHapus
  10. Cuaca memang lagi ga bersahabat ya abis panas tau2 ujan, anak2 memang harus di doping sama vitamin ya buat daya tahan tubuhnya

    BalasHapus
  11. Nah...bagus bgtt nih citrex upin & ipin ini, jd wajib dicoba ya

    BalasHapus
  12. vitamin anak dengan tokoh kesayangan makin sehat deh anak hehe

    BalasHapus
  13. Anak usia sekolah memang sudah banyak aktivitas di luar, gabisa kita pantau terus lagi. Semoga dengan suplemen ini, kesehatan mereka tetap terjaga ya mba :)

    BalasHapus
  14. wuih kakak jago karate ya..
    betul bgt nih perlu suplemen agar anak kita punya daya tahan yang lebih baik, contohnya Citrex Upin Ipin ini ya

    BalasHapus
  15. banyak aktivitas di musim hujan gini memang harus jaga kesehatan ya mak

    BalasHapus
  16. Iya banget nih mba..anak jd gampang sakit ya kalo musim pancaroba..thanks god skrg udh ada citrex upin ipin yaa..anakku jg suka bgt rasanya mba

    BalasHapus
  17. Semoga anak2 kita tetep sehat ya mak. Suplemen ini membantu sekali untuk menjaga imun tetep ok di waktu cuaca gak menentu seperti sekarang.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...