Kamis, 16 Juni 2016

Tips Agar Kerasan Tinggal Bersama Teman Satu Kampus Di Apartemen

Harga sewa apartemen bagi kantong mahasiswa memang membuat keinginan untuk tinggal di apartemen kadang hanya impian kosong belaka. Salah satu solusinya adalah dengan mencari teman yang bersedia diajak untuk membagi sewa kamar apartemen. Dengan perkataan lain, harga sewa satu kamar untuk dua orang atau mungkin lebih. Tergantung luas kamar apartemen tersebut, semakin luas semakin memungkinkan untuk membagi sewa apartemen dengan teman-teman lainnya. Dengan cara seperti itu, impian untuk tinggal di apartemen sekitar kampus dapat terealisasikan.

sewa apartemen
Namun, hati-hatilah dalam memilih teman untuk menyewa apartemen. Dua akibat yang paling sering terjadi saat salah dalam memilih teman untuk bersama-sama tinggal dalam satu apartemen adalah ketidaknyamanan dalam hal pembayaran dan keadaan kamar apartemen yang menjadi tidak rapi dan terkesan kumuh.

Bila sudah terlanjur menyewa apartemen berbarengan dengan teman kuliah dan ternyata teman tersebut memilih masalah dalam hal pembayaran dan seringkali tidak teratur melakukan kewajibannya, jangan panik karena semua dapat dibicarakan dan di cari jalan keluarnya. Setidaknya bangun asumsi positif dalam diri bahwa keterlambatan dalam melakukan pembayaran dan ketidakrapihan dapat teratasi asalkan ada niat untuk berubah serta keinginan untuk menata atau mengorganisir ulang semua peraturan yang disepakati selama tinggal bersama di apartemen tersebut.

Salah satu solusinya, usahakan untuk memiliki papan jadwal yang akan membantu mengingatkan kapan harus membayar sewa apartemen. Satu hal yang perlu diingat, Jika kos dan telat membayar sewa kamar kos, mungkin ibu atau bapak kost masih mahfum, karena kosan umumnya masih memiliki unsur kekeluargaan. Namun, lain cerita jika telat membayar sewa apartemen, biasanya jarang ada toleransi. Jadi ada baiknya membuat jadwal pengingat seminggu sebelum jatuh tempo.

Solusi selanjutnya, buat jadwal piket yang disepakati bersama, kapan secara bergantian melakukan aktivitas bersih-bersih, bagaimana aturannya, dan kapan waktu melakukan bersih-bersih, namun ada baiknya dilakukan setiap hari. Beberapa aktivitas bersih-bersih yang sebaiknya rutin dilakukan adalah menyapu dan mencuci perlengkapan masak serta makan. Mungkin saja sesekali dia menolak, jika demikian usahakan untuk memberikan alternatif pekerjaan lain, seperti memasukkan cucian ke binatu, mengembalikan atau menyusun barang-barang yang berantakan setelah dipakai, merapikan sepatu, jaket, serta perlengkapan kuliah lainnya.

Namun, bila teman tersebut membandel, bersikaplah tegas dengan mengatakan bahwa untuk kenyamanan bersama dibutuhkan sikap yang bertanggung jawab dan saling pengertian. Jika sudah keterlaluan, tegur dengan keras, karena perbuatannya tersebut membuat kenyamanan tinggal bersama menjadi terganggu. Sikap ini akan membantu mengatasi sedikit permasalahan, diantara beban tugas kuliah yang cukup berat. Satu hal yang pasti, selamatkan hidup dari perasaan stress akibat ulah yang tidak bertanggung jawab dari teman satu apartemen, dan pastikan masalah tersebut cepat terselesaikan agar tidak berlarut-larut.

2 komentar:

  1. Dulu aku pernag nge-kost sama teman saat merantau kerja.. Dulu itu pas kerja dapat penempatan di luar kota.. Untungnya temanku baik dan aku jadi kerasan selama nge-kost..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, terkadang memilih teman sekamar terkadang harus fit and proper test dulu, supaya nyaman selama tinggal bersama selama rentang waktu yang cukup panjang. makasih mbak udah mampir.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...