Kamis, 26 Mei 2016

Pentingnya #SafetyDriving Untuk Keselamatan dan Kenyamanan Mengemudi di Jalan Raya

"Ma, boleh ya naik motor sendiri ke sekolah, katanya hari ini pulang lebih cepat takutnya kesorean nunggu di jemput papa atau tante," akhir-akhir ini kalimat itu sering diucapkan oleh anak saya yang masih duduk di bangku kelas 7 SMP. Meskipun anak saya sudah bisa mengendarai motor sejak kelas 6 SD, namun kami masih belum mengizinkannya untuk membawa kendaraan bermotor ke mana pun apalagi ke sekolah yang memang jaraknya cukup dekat dari rumah. Di satu sisi, saya cukup merasa miris karena sebagian dari teman-teman anak saya baik laki-laki maupun perempuan sudah diperbolehkan membawa motor sendiri untuk ke sekolah sehingga wajar jika anak saya terkadang merengek meminta izin dari kami. Namun yang lebih mengejutkan beberapa di antara mereka mengaku sudah diberikan hak oleh orangtua untuk memiliki motor tersebut sebagai milik mereka sendiri. Saya cukup kaget mendengarnya, namun kondisi tersebut sudah merupakan hal yang biasa karena sebagian orangtua mengizinkan putra atau putrinya mengendarai bahkan memiliki kendaraan bermotor dengan alasan lebih praktis dan ekonomis. Padahal, bisa mengendarai belum cukup menjamin keselamatan anak-anak yang masih di bawah umur tersebut begitu memasuki jalan raya, apalagi anak seusia tersebut belum dizinkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

#SafetyDriving Mobil123.com
Talkshow #SafetyDriving bersama Mobil123.com (Dok : Pribadi)
Tidak hanya mengancam keselamatan si anak itu sendiri, perilaku berkendara anak-anak yang belum sepenuhnya memahami peraturan tertib berlalu lintas tersebut juga akan mengancam keselamatan pengendara lainnya, bahkan yang usianya jauh lebih dewasa. Jangankan anak-anak, banyak orang dewasa yang bahkan sudah memiliki SIM masih memiliki perilaku berkendara di jalan raya yang juga berpotensi membahayakan keselamatan pengendara lain terutama dirinya sendiri, jauh dari perilaku tertib berlalu lintas. Namun, celakanya setiap tahun jumlah populasi kendaraan bermotor selalu bertambah dengan angka yang cukup signifikan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, jumlah kendaraan yang masih beroperasi di seluruh Indonesia pada tahun 2013 mencapai 104. 211 juta unit, da selalu bertambah setiap tahun seiring naiknya angka populasi masyarakat serta pendapatan masyarakat. Dari keseluruhan jumlah populasi kendaraan bermotor tersebut, populasi terbanyak disumbangkan oleh sepeda motor dengan jumlah 86.253 juta unit di seluruh Indonesia. Tentu saja data ini sangat valid, mengingat sebagian besar rumah tangga di Indonesia nyaris memiliki lebih dari satu sepeda motor dirumahnya.

Dengan pertambahan jumlah populasi kendaraan tersebut, bisa dibayangkan betapa ramai dan ruwetnya kondisi lalu lintas di seluruh Indonesia, dan hal inilah yang kemudian berakibat pada semakin tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Data Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) mencatat sejak tahun 2011 - 2014, jumlah kasus kecelakaan di Indonesia bahkan melebihi 100.000 kasus pertahun. Hal ini jelas menunjukkan betapa semakin tinggi populasi kepemilikan kendaraan bermotor tidak dimbangi dengan semakin tingginya kesadaran untuk berprilaku tertib berlalu lintas di jalan raya, tentu sangat memperihatinkan. Padahal ketidaktertiban ini bisa saja berujung pada kematian, yang tidak hanya berpotensi menimpa diri atau keluarga, namun menjadi penyebab bagi orang lain. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut perilaku tidak tertib berlalu lintas ini tidak hanya menjadi penyebab kehilangan nyawa semata, namun juga kerugian materi yang bkhirnya berujung pada kemiskinan atau ketidakmampuan membiayai pengobatan jika masih bisa diselamatkan.

Keprihatinan akan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang setiap tahun selalu naik inilah yang kemudian mendorong Mobil123.com dan Otospirit.com bersinergi untuk secara konsisten dan berkesinambungan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki perilaku tertib berlalu lintas di jalan raya, melalui Talkshow #SafetyDriving yang diselenggarakan tanggal 25 Mei 2016 lalu bertempat di Aruba Carribean Restaurant & Bar, Pasaraya Grande Blok M Jakarta Selatan. Dalam talkshow ini secara gamblang dijelaskan apa saja sih faktor-faktor yang harus diperhatikan saat mengemudi, karena faktor-faktor inilah yang biasanya sangat menentukan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara di jalan raya. Mungkin, beberapa orang yang terbiasa mengemudi sudah mengetahui faktor apa saja yang berpeluang memberikan rasa aman selama berkendara di jalan raya, namun terkadang kesadaran ini sering berbenturan dengan perilaku kurang tertib yang ditunjukkan oleh orang lain sehingga semangat untuk memulai perilaku yang tertib menjadi semakin berkurang dan terus berkurang. 

#SafetyDriving Mobil123.com
Sesi bersama narasumber Bapak Jusri Pulubuhu (Dok : Pribadi)
Lebih jauh lagi, melalui talkshow yang diselenggarakan Mobil123.com dan dihadiri media serta blogger inilah diharapkan masyarakat akan menyadari pentingnya #SafetyDriving untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara di jalan raya. Dalam kesempatan ini, Syubhan Akib, Redaktur Mobil123.com menyatakan bahwa, "Kami sebagai salah satu stakeholder, memiliki kepentingan dalam menciptakan jalan raya yang lebih selamat, aman, dan tertib. Karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap kecelakaan akan menyebabkan kerugian materi yang sangat besar, dan jika kecelakaan tersebut melibatkan Kepala Keluarga sehingga dia mengalami cacat tetap atau meninggal maka bisa saja menyebabkan pemiskinan di keluarganya." Sehubungan dengan kepentingan sosialisasi dan edukasi #SafetyDriving ini, Mobil123.com memberikan beberapa tips penting dalam mengemudi, seperti :
  • Patuhilah rambu-rambu lalu lintas,
  • Jangan mabuk atau di bawah pengaruh narkoba,
  • Selalu menggunakan sabuk pengaman atau seatbelt,
  • Tidak menggunakan smartphone atau handphone selama berkendara di jalan raya.
Sebagai Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com tidak hanya concern kepada upaya untuk memberikan referensi terpercaya bagi masyarakat yang hendak menjual atau membeli kendaraan semata dalam bentuk listing yang berkualitas, namun juga pada upaya untuk lebih membiasakan masyarakat memiliki sikap #SafetyDriving selama berkendara di jalan raya. Untuk alasan itulah mengapa dalam sesi talkshow yang diselenggarakannya, juga dihadirkan Bapak Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), seorang profesional yang telah bertahun-tahun berkecimpung dalam upaya sosialisasi dan edukasi #SafetyDriving untuk masyarakat dari berbagai kalangan.

Dalam talkshow ini, Bapak Jusri memaparkan bahwa mengemudi selain membutuhkan keterampilan yang mumpuni juga harus dibarengi dengan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi tertib berlalu lintas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa selama berkendara di jalan raya, banyak hal yang bisa memicu emosi yang pada akhirnya akan menyebabkan kita juga berperilaku kurang tertib. Adakalanya kita sudah berusaha untuk berperilaku tertib, namun pengendara lain yang berada di sekitar kita justru melakukan sikap kebalikannya. Hal ini menjadi godaan yang teramat besar bagi kita untuk melakukan hal yang sama, melanggar berbagai rambu lalu lintas, hingga akhirnya merugikan orang lain yang berkendara di sekitar kita. Menghadapi kondisi semacam ini, menurut Bapak Jusri ada dua kata kunci utama yang akan menjaga keselamatan kita selama berkendara di jalan raya, yaitu Fokus dan Mengerti.
  1. Fokus, dalam hal ini adalah adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengemudi, antara lain memastikan kondisi kendaraan telah diperiksa dan yakin semuanya dalam kondisi layak jalan, melepaskan semua masalah saat mengemudi, dan menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa memecah konsentrasi saat mengemudi. Sikap fokus selama mengemudi menjadi salah satu faktor yang akan membantu menjamin keselamatan dan kenyamanan selama mengemudi di jalan raya.
  2. Mengerti, sangat berkaitan erat dengan sikap antisipastif terhadap berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama berkendara di jalan raya. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, selain kendaraan milik kita, ada banyak jenis kendaraan lain yang akan selalu beriringan dengan kita, untuk itu kita harus memastikan bahwa semua panca indera kita telah mengerti tindakan apa yang akan diambil jika suatu saat tiba-tiba menghadapi kondisi tidak menyenangkan selama berkendara. Pemahaman akan rambu-rambu tertib berlalu lintas menjadi salah satu faktor yang wajib kita perhatikan saat mengemudi, karena #SafetyDriving untuk keselamatan dan kenyamanan mengemudi di jalan raya haruslah di mulai dari diri sendiri.
Untuk alasan inilah mengapa #SafetyDriving menjadi faktor yang harus diperhatikan selama mengemudi di jalan raya, karena sikap ini sangat berkaitan erat dengan perilaku aman yang bisa membantu menghindari masalah lalu lintas. Untuk alasan itulah mengapa #SafetyDriving harus dimiliki oleh setiap pengemudi, terutama bagi sopir-sopir angkutan umum, tukang ojek, dan sebagainya, yang memiliki tanggung jawab besar terhadap keselamatan penumpangnya. #SafetyDriving juga merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan angka kecelakaan akibat perilaku kurang tertib selama mengemudi di jalan raya.

#SafetyDriving Mobil123.com
Gambar : https://conversational-itxdesign.netdna-ssl.com/
Edukasi dan sosialisasi secara konsisten dan berkelanjutan menjadi salah satu cara untuk mulai menumbuhkan sikap #SafetyDriving di berbagai kalangan masyarakat, terutama jenjang usia sekolah seperti anak saya yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengemudi. Tentu, yang paling mudah adalah dengan di mulai dari keluarga, karena unit terkecil dari masyarakat inilah yang memegang peranan sangat penting untuk membentuk karakter masyarakat secara keseluruhan. Tentu, pada akhirnya kita akan berbenturan dengan kenyataan bahwa karakteristik antara masyarakat yang satu dengan yang lain sangat berbeda, namun dengan usaha yang terus-menerus dari stakeholder terkait seperti yang dilakukan Mobil123.com serta dukungan masyarakat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi betapa pentingnya memiliki #SafetyDriving untuk keselamatan dan kenyamanan selama mengemudi di jalan raya maka bisa dipastikan lalu lintas di Indonesia akan semakin tertib dan aman.

Referensi tulisan :
Pers Release Talkshow #SafetyDriving, Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Saat Mengemudi yang diselenggarakan Mobil123.com.
http://otomotif.kompas.com/read/2014/04/15/1541211/Populasi.Kendaraan.Bermotor.di.Indonesia.Tembus.104.2.Juta.Unit

2 komentar:

  1. Lengkap banget ulasannya Mba, mau lebaran nih moga aja banyak yang baca artikel mba ini ya para mudikers :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, rasanya tidak lama lagi momen mudik segera tiba dan #SafetyDriving mudah-mudahan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Makasih teh udah mampir...

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...