Jumat, 04 Maret 2016

Yuk Intip Serunya Berbagi Morinaga Chil-Go! dan Ternyata Semua Suka Minum Susu

"Kapan bu acaranya, katanya Mama Aisha mau bagi-bagi susu di sekolah?," salah satu ibu dari teman putri saya yang masih Taman Kanak-kanak bertanya dengan antusias. Mendengar pertanyaan tersebut jujur saya cukup kaget karena acara tersebut baru saya diskusikan dengan wali kelas putri saya. Usut punya usut ternyata putri saya sendiri yang menyebarkan kepada teman-temannya bahwa di rumah ada susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! banyak dan rencananya akan dibagikan di kelasnya dan kelas kakaknya di sekolah yang sama. Kebetulan kedua anak saya yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar bersekolah di tempat yang sama, dan saya merasa cukup terbantu karena secara tidak langsung kakaknya belajar untuk ikut mengawasi adiknya, karena selama bersekolah anak-anak tidak boleh di tunggu orangtuanya.

Morinaga Chil-Go!
Kami mau berbagi Morinaga Chil-Go! bersama teman-teman (Gambar : koleksi pribadi)

Tadinya sih saya agak ragu, karena mungkin tidak semua orang tua mengizinkan anaknya mengkonsumsi beragam makanan dan minuman. Tapi setelah saya diskusikan dengan guru kelasnya, saya jadi lega, selain karena yakin semua anak pasti suka susu apalagi sebagian teman putri saya masih rutin minum susu setiap hari, juga karena brand Morinaga sudah sangat di kenal di masyarakat. Bahkan, waktu saya meminta izin akan berbagi susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! kepada ibu wali kelas putri saya, tidak perlu penjelasan detail karena beliau sudah tahu brand Morinaga dengan Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School. Beliau juga antusias ingin tahu seperti apa susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! yang di kemas dalam botol siap minum karena kebetulan putrinya masih berusia 2 dan 5 tahun, wah...khusus untuk ibu guru yang baik ini khusus saya beri spesial deh.

Tapi sebelum lanjut cerita serunya berbagi Morinaga Chil-Go! Rasanya semua harus tahu terlebih dahulu bahwa Morinaga Chil-Go! merupakan produk nutrisi susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1 hingga 12 tahun yang secara khusus di persembahkan oleh KALBE Nutritionals untuk mendukung kecukupan gizi anak Indonesia. KALBE Nutritionals yang saat ini menaungi Brand Morinaga pada mulanya bernama KALBE Farma Health Foods Devision yang merupakan bagian dari PT. KALBE Farma, Tbk, salah satu perusahaan farmasi terkemuka baik skala nasional maupun internasional. Tidak hanya menaungi Brand Morinaga dengan berbagai produk susu untuk mendukung nutrisi anak-anak saja, melainkan terdapat beragam brand yang kesemuanya merupakan bagian dari rangkaian produk nutrisi terbaik. Adapun produk nutrisi tersebut antara lain Prenagen dan Lovamil untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui, Diabetasol untuk pengidap diabetes, Milna nutrisi bergizi untuk bayi dan batita, Zee susu pertumbuhan untuk anak dan remaja, Nutrive Benecol dan Entrasol serta Fitbar untuk kebutuhan nutrisi orang dewasa.

Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi karena Morinaga sendiri merupakan nutrisi yang dihasilkan dari kerjasama dengan salah satu perusahaan nutrisi terkemuka dunia, yaitu Morinaga Milk Industry Co, Ltd atau lebih di kenal dengan Morinaga Jepang. Kerjasama ini membuktikan komitmen KALBE Nutritionals untuk mempersembahkan produk nutrisi berkualitas dan berbahan baku terbaik untuk masa depan generasi penerus bangsa, di mana inovasi terbarunya adalah susu cair pertumbuhan siap minum Morinaga Chil-Go! Yap...bagi saya penting untuk tahu siapa yang berada atau yang memproduksi produk-produk yang kita konsumsi setiap hari, apalagi jika produk tersebut secara rutin di konsumsi oleh anak-anak. Apalagi anak-anak masih sangat rentan terpapar zat-zat yang berbahaya, dan jika kita lengah atau kurang waspada maka keselamatan jiwa anak menjadi taruhannya. Menjadi konsumen dan orang tua yang cerdas bisa di mulai dari hal-hal yang sederhana seperti ketika memilah dan memilih produk layak konsumsi bagi anak, terutama yang masih berusia batita dan balita.

Susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!
Product Knowledge Morinaga Chil-Go! (Gambar : koleksi pribadi)
Untuk alasan itulah mengapa saya tertarik dengan pertanyaan salah satu ibu dari teman sekolah anak saya yang menanyakan tentang susu apa yang akan dibagikan kepada anak-anak. "Wah baru tahu jika Morinaga sekarang sudah meluncurkan produk susu cair pertumbuhan yang di kemas dalam botol plastik kecil," yah...untuk ukuran kota kecil seperti di tempat saya tinggal tidak semua informasi bisa di akses oleh masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga. Umumnya akses informasi yang paling terjangkau adalah melalui televisi dan tidak semua ibu menonton televisi dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan informasi. Kesibukan mengurus rumah tangga dan sebagian ada yang bekerja di pabrik membuat banyak informasi seakan terlewatkan. Jadi tidak mengapa jika saya jelaskan sedikit tentang susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! bahwa dengan kemasan botol siap minum anak-anak bisa mengkonsumsi susu di mana saja dan kapan saja, selain itu di usia 1 hingga 12 tahun umumnya anak sudah mulai aktif bereksplorasi dengan lingkungannya, baik di rumah maupun di sekolah sehingga dengan susu dalam kemasan botol setidaknya kita tidak perlu khawatir akan kecukupan nutrisi si anak yang sedang aktif-aktifnya. 

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam video berikut ini :

Video : Channel Morinaga Platinum From Youtube

Tidak hanya itu, anak-anak saya dan juga anak lainnya adalah Generasi Platinum yang membutuhkan dukungan sinergi nutrisi yang tepat antara faktor kecerdasan dengan pertahanan tubuh ganda agar anak tidak hanya sehat secara fisik namun juga memiliki kemampuan multi talenta. Untuk alasan itulah mengapa dalam satu kemasan botol susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! telah di lengkapi berbagai nutrisi, yaitu :
  1. Kolin dan Inositol, yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  2. Vitamin B Kompleks, Zat Besi, dan Yodium, yang merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.
Selain itu, kemasan botol Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh, antara lain :
  1. Prebiotik Inulin 1000 mg, yang merupakan Prebiotik atau makanan bagi bakteri baik serta serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  2. Zinc, untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  3. Tinggi Kalsium, untuk pembentukan tulang dan gigi.
  4. Vitamin A, C, dan E, yang melindungi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
Memang membutuhkan penjelasan sedikit panjang sambil mengobrol, karena penting bagi saya untuk memberikan sedikit penjelasan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin bisa terjadi seperti ada anak-anak yang memiliki riwayat kesehatan alergi terhadap susu sapi seperti yang dialami putra sulung saya yang lebih banyak mengkonsumsi susu soya atau kedelai di masa pertumbuhannya. Jangan khawatir untuk anak dengan riwayat alergi seperti ini Morinaga telah menyediakan produknya berupa Susu Soya Morinaga. Antisipasi ini terutama sekali saya tujukan untuk teman-teman putri saya yang masih duduk di Taman Kanak-kanak. Tapi untunglah komunikasi yang terjalin antar orang tua murid cukup baik, sehingga rencana saya untuk berbagi Morinaga Chil-Go! di sambut antusias anak dan orang tua hingga tiba hari H-nya.

Yuk Intip Serunya Berbagi Morinaga Chil-Go! dan Ternyata Semua Suka Susu

Berdasarkan sumber jurnal nasional Kementerian Perindustrian Republik Indonesia konsumsi susu di kalangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, yaitu berada di kisaran 11,09 liter per kapita per tahun dibandingkan negara ASEAN lainnya yang berada di kisaran 20 liter per kapita per tahun. Padahal susu memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, di mana susu menjadi salah satu asupan nutrisi yang kaya akan zat gizi, vitamin, dan mineral. Berikut beberapa manfaat susu untuk anak-anak yang mendukung proses tumbuh kembangnya :
  1. Asupan susu mendukung pertumbuhan tulang menjadi lebih sehat. Mengapa? Karena susu mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, dalam susu juga terdapat zat gizi lainnya seperti Fosfor, Protein, Magnesium, dan lainnya, yang kesemuanya akan membantu melengkapi kesehatan tubuh anak selama masa pertumbuhan.
  2. Asupan susu juga menjadi salah satu komponen yang mendukung pertumbuhan otak anak, karena dalan kandungan susu terdapat berbagai zat gizi, vitamin, dan mineral yang kesemuanya berperan penting untuk mengoptimalkan kecerdasan berpikir anak.
  3. Minum susu akan membuat anak terhindar dari obesitas. Meskipun pada kenyataannya seringkali anak yang mengalami obesitas identik dengan konsumsi susu, namun jika kita bijaksana dan membatasi konsumsi susu sesuai dengan aturan maka sesungguhnya susu akan menghindarkan anak dari kemungkinan mengalami hal tersebut.
Selain hal-hal yang tersebut di atas, sesungguhnya masih banyak manfaat positif yang diberikan susu untuk mendukung pertumbuhan dan kecerdasan anak, namun yang penting pastikan agar anak terbiasakan konsumsi susu sesuai aturan karena sesuatu yang berlebihan cenderung berakibat kurang baik. Selain asupan nutrisi yang sehat, penting bagi anak untuk sedini mungkin dibiasakan secara rutin berolahraga, karena olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih sehat namun juga jiwa menjadi lebih sehat. Yah...anak membutuhkan kesehatan yang seimbang antara fisik dan pikirannya, karena itulah mengapa dalam kurikulum sekolah terdapat mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, termasuk di sekolah anak-anak saya.

Momen pelajaran olahraga inilah yang saya pilih untuk berbagi Morinaga Chil-Go! di sekolah, karena sesuai dengan tujuan diluncurkannya susu cair pertumbuhan siap minum Morinaga Chil-Go! agar dapat di minum si anak kapan saja dan dimana saja terutama pada saat di luar rumah. Biasanya setelah berolahraga anak-anak kembali ke kelas untuk beristirahat, makan serta minum bekal yang mereka bawa dari rumah, dan pada momen ini saya telah meminta izin sebelumnya kepada guru wali kelas dan bidang studi untuk berbagi Morinaga Chil-Go!

1. Serunya berbagi Morinaga Chil-Go! bersama Razan dan teman-teman.

Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berlangsung setiap hari kamis, dan setelah pelajaran praktek selesai saya telah mempersiapkan satu dus susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! dikelasnya. Untuk acara berbagi ini, dalam satu kotak saya mencampurkan tiga rasa Morinaga Chil-Go! yang berbeda, yaitu Vanila, Coklat, dan Stroberi, tidak lupa sebelum pamit menunggu di luar kelas, mengajukan permintaan dan izin untuk mengambil dokumentasi acara berbagi tersebut. Bisa ditebak....hehehe, anak-anak setelah kembali di lapangan langsung berteriak kegirangan melihat kotak susu, dan segera mereka duduk manis karena guru olahraga putra saya Razan menyebutkan akan membuat permainan kecil dengan hadiah susu tersebut.

Morinaga Chil-Go!
Momen berbagi Morinaga Chil-Go! bersama Razan (Gambar : koleksi pribadi)
Apa permainannya? Ternyata anak-anak di suruh mengulang pelajaran olahraga yang telah mereka dapatkan hari itu, kebetulan saat acara berbagi mereka sedang membahas dan mempraktekkan pembelajaran aktivitas permainan dan latihan dasar kebugaran jasmani dengan sub pembahasan latihan kombinasi gerak berjalan, berlari, dan melompat. Selain itu, anak-anak juga diharuskan mengulang sub pembahasan latihan kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan. Dengan antusias anak-anak berebut untuk mempraktekkannya dan siapa yang berhasil akan mndapatkan hadiah susu. Untunglah pada akhirnya semua teman-teman Razan kebagian susu yang mereka nikmati bersama-sama karena hampir semuanya bisa mengulang materi hari itu dengan benar. "Ma, kata teman-teman rasanya enak dan semuanya suka, bahkan (anak saya menyebutkan nama salah seorang temannya) biasanya ngak suka rasa vanila tapi minum susu Morinaga Chil-Go! rasa vanila suka." Ah...ternyata hampir semua anak-anak menyukai susu terutama susu cair pertumbuhan siap minum. "Senang?," tanya saya kepada Razan, "senang dong, habis teman-teman semuanya suka dan bilang terima kasih sama mama, nanti berbagi lagi ya ma." Yah...ternyata mengajarkan anak untuk membangun karakter positif berempati dan mau berbagi lebih mudah dan menjadi lebih sederhana jika dipraktekkan secara langsung.

Morinaga Chil-Go!
Asyik...habis olahraga minum Morinaga Chil-Go! (Gambar : koleksi pribadi)
Harusnya bilang terima kasihnya sama Morinaga Chil-Go! dong.

2. Selanjutnya momen seru berbagi Morinaga Chil-Go! bersama Aisha dan teman-teman.

Sama seperti acara berbagi di kelas kakaknya, saya memilih pelaksanaannya pada hari di mana Aisha mendapat pelajaran olahraga. Tentu klop kan, olahraga akan membuat fisik dan jiwa anak-anak lebih sehat, dan susu juga mengandung zat nutrisi yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Selain itu, menurut saya momen berbagi ini bisa menjadi ajang belajar bagi anak memahami bahwa setelah berolahraga sebaiknya mengkonsumsi minuman yang sehat, seperti susu. Bahkan, beberapa ahli sepakat bahwa susu adalah minuman yang sangat direkomendasikan di minum setelah berolahraga. Berdasarkan publikasi yang dilakukan oleh Applied Pysiology, Nutrition, and Metabolism Amerika disebutkan bahwa mereka yang diberikan minuman susu setelah berolahraga cenderung tidak mudah lelah.

Morinaga Chil-Go!
Serunya berbagi Morinaga Chil-Go! di Taman Kanak-kanak (Gambar : koleksi pribadi)
Khusus untuk anak-anak yang duduk di Taman Kanak-kanak bentuk olahraganya lebih ringan dan cenderung bermain, namun tetap fokus pada latihan konsentrasi, kecepetan gerak, dan untuk meningkatkan koordinasi gerakan tubuh, terutama tangan dan kaki. Pada hari berbagi kebetulan Aisha dan teman-temannya bermain ambil bola dalam keranjang dan dipindahkan ke keranjang lain dengan warna bola yang harus sama. Permainan dilakukan secara tim, selain untuk melatih konsentrasi dan koordinasi antar anggota tubuh, juga mengajarkan anak untuk saling bekerja sama. Latihan yang bagus, karena di usia antara 4 hingga 6 tahun, rasa ego anak masing cukup tinggi dan sedang dalam masa belajar beradaptasi, sosialisasi, dan membangun interaksi dengan orang lain atau teman yang relatif masih baru dijumpai.

Morinaga Chil-Go!
Enaknya...istirahat makan bersama plus di temani Morinaga Chil-Go! (Gambar : koleksi pribadi)
Acara berbagi dilakukan di dalam kelas setelah anak-anak selesai olahraga dan sedang beristirahat. Sama seperti di kelas kakaknya, teman-teman Aisha juga sangat antusias sambil menjerit-jerit agar ibu guru tidak lupa kepada mereka. "Duduk yang manis, yang duduknya rapi dan tidak berisik akan diberikan susu," langsung sunyi dan ternyata semua anak-anak memang suka susu yah! Akhirnya saya lega karena semua teman Aisha kebagian susu, dan seperti janji saya untuk ibu guru yang baik, saya telah menyiapkan paket spesial susu untuk anak-anaknya di rumah. Tapi...tunggu dulu ada yang lucu, di setiap kotak susu yang saya bagikan telah saya selipkan brosur susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! dan sambil menangis putri saya mengadu setelah pulang dari sekolah kalau brosur susu yang didalam kotak di ambil temannya...hadeuhhh padahal di rumah brosurnya masih ada. Entah mengapa putri saya yang satu ini paling suka mengumpulkan brosur, apalagi brosur Morinaga Chil-Go! didesign sangat menarik dengan warna merah menyolok.

Morinaga Chil-Go!
Mari minum Morinaga Chil-Go! bersama (Gambar : koleksi pribadi)
"Teman-teman suka?" saya bertanya kepadanya, "suka dong dan semuanya di bagi, kan kata mama walaupun ada yang suka nakal tapi tetap harus di bagi semua dan tidak boleh pilih-pilih." Akhirnya dengan praktek nyata dan cara yang sederhana saya sudah memberikan contoh bagaimana belajar berempati dan berbagi dengan orang lain tanpa pilih-pilih. Selain itu, putri kecil saya belajar untuk mengatasi ego dan emosinya yang masih cukup tinggi terhadap teman sebayanya dengan cara yang paling mudah.

3. Berbagi Morinaga Chil-Go! bersama teman-teman di lingkungan rumah.

Teman-teman anak di lingkungan rumah umumnya adalah teman masa kecil dan bisa dikatakan teman pertama anak-anak saya sehingga hubungan pertemanan mereka lebih dekat. Tapi berhubung kedua anak saya memiliki jarak usia yang cukup jauh 4 dan 8 tahun, sudah pasti teman dan cara bermainnya pun berbeda. Tapi untunglah setelah diberi pengertian mereka akhirnya tidak berdebat lagi dan masing-masing temannya dibagi Morinaga Chil-Go! di rumah. Yah...hampir setiap hari anak-anak bermain di rumah bersama anak-anak saya. Di hari berbagi Morinaga Chil-Go! mereka saya beri kejutan dengan berbagi susu, tapi ada sedikit kejadian lucu karena salah satu teman putri saya yang masih berusia 5 tahun pulang ke rumah meminta uang untuk membayar susu yang saya berikan dan kebetulan orang tuanya membuka warung di perumahan saya sehingga ia sering melihat anak saya memberikan uang setiap kali beli susu di warung milik orang tuanya. Lega karena semuanya suka susu dan sepakat bahwa Morinaga Chil-Go! rasanya enak!

Morinaga Chil-Go!
Halo...ini teman Aisha di rumah (Gambar : koleksi pribadi)
4. Berbagi Morinaga Chil-Go! di kantor suami dan ternyata semuanya juga suka susu.

Ini sih sebenarnya momen tambahan atau sebelumnya tidak ada dalam list rencana, tapi saya pikir menarik juga untuk sharing susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! di kantor suami karena kebetulan sebagian besar sudah memiliki anak. Akhirnya satu kotak Morinaga Chil-Go! dibagikan di kantor suami dan di sambut antusias, bahkan menurut cerita suami ada momen lucu karena ada temannya yang belum memiliki anak ngambek karena tidak diberikan jatah susu. Terus ada lagi temannya yang penasaran ingin mencoba Morinaga Chil-Go! dan akhirnya di minum oleh mereka. "Rasanya enak," kata mereka dan sebagai ganti susu yang seharusnya untuk anak mereka di rumah akhirnya mereka membeli sendiri susu Morinaga Chil-Go! Wah...ternyata semua suka susu ya dan tidak terkecuali orang dewasa.

Morinaga Chil-Go!
Ih...ternyata orang dewasa juga suka Morinaga Chil-Go! (Gambar : koleksi pribadi)
Ternyata inovasi Morinaga Chil-Go! untuk mengemas produk nutrisinya menjadi kemasan susu cair pertumbuhan dalam botol siap minum merupakan langkah yang tepat, tidak hanya untuk mendukung agar angka konsumsi susu semakin naik namun juga sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas aktif anak-anak Indonesia. Bukan rahasia lagi bahwa anak Generasi Platinum di masa yang akan datang tidak hanya dituntut untuk cerdas dalam keilmuan namun juga harus memiliki kecerdasan emosional. Mengapa? Karena kecerdasan emosional akan membantu anak untuk hidup nyaman, lebih bahagia, sukses di masa depan, selain itu kecerdasan emosional (EQ) akan memudahkan anak membangun karakter positif dalam dirinya, seperti rasa empati dan sikap mau berbagi.

Ternyata semua suka susu, dan meskipun hanya satu botol susu Morinaga Chil-Go! namun memiliki arti yang sangat penting untuk mendukung si kecil menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta. Wherever We Go! Morinaga Chil-Go!

Referensi tulisan :
http://kalbenutritionals.com/
http://duniaanak.org/makanan-anak/manfaat-susu-untuk-balita.html
http://www.kemenperin.go.id/artikel/8890/Konsumsi-Susu-Masih-11,09-Liter-per-Kapita
http://health.liputan6.com/read/2158683/minum-susu-lebih-baik-daripada-air-putih-usai-olahraga

9 komentar:

  1. Acaranya bagus nih.. terlihat keseuan anak2 bermain dengan senangnya ya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yang pasti anak-anak senang orang tua pun senang. Makasih mba atas kunjungannya.

      Hapus
  2. panjang amat tulisannya ... sampai ngos-ngosan bacanya ... wkwkkwkwkwk
    anyway .. aku belum kebagian Morinaga Child Go nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaahhaha...begitulah emak-emak, pertamanya bingung mau nulis apa seterusnya bingung mau berhenti di mana.

      Hapus
  3. Waah sampai berbagi ke kantor suami juga ya Mbak. Senangnya berbagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dan ternyata semuanya doyan susu ya.

      Hapus
  4. Wuah Razan & Aisha mengingatkan saya jaman SD, sekolah saya & adek jg sama. Dan punya adek co itu sesuatuuuh, doyan bgt berantem wkwkwk. Seringnya ya saya akhirnya dipanggil guru BP hahaha.
    Cerita bagi2 susunya seru yah, acara belum fix...eh anak2nya uda excited duluan :)

    BalasHapus
  5. aku juga suka sekali lo Mbak, Chil-Go seger sekali

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...