Jumat, 25 Maret 2016

Ruangguru, Solusi Jitu Atasi Kesulitan Belajar Anak

"Ma, sepertinya cara menghitungnya ngak seperti ini deh, kok agak berbeda dengan yang diajarkan guru kakak di sekolah."

Percakapan seperti ini kerap saya alami setiap kali membantu anak-anak belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah, terkadang saya bingung apanya yang berbeda karena rasanya materi pelajaran dahulu dan sekarang tidak jauh berbeda. Tapi memang untuk sekarang materi jauh lebih cepat didapatkan, bahkan materi pelajaran yang dahulu saya dapatkan di bangku kelas 3 SMP atau sekarang disebut kelas 9 sudah di pelajari anak saya yang saat ini duduk di bangku kelas 7 atau kelas 1 SMP. Tidak hanya itu, materi pelajaran sekolah sekarang relatif jauh lebih kompleks dibandingkan ketika masa-masa saya bersekolah dahulu dan perbedaan ini semakin nyata ketika anak saya duduk dibangku SMP di mana ada beberapa materi pelajaran yang nyaris membuat saya kesulitan untuk membantunya. Hal ini tentu saja menjadi problem atau masalah bagi saya, apalagi ketika anak-anak mulai mempersiapkan diri menghadapi ujian semester di sekolah. Rasanya kok sedih sekali tidak bisa maksimal mendampingi dan membantu anak belajar, padahal beban belajar anak di masa kini jauh lebih berat dibandingkan dahulu.

Ternyata di luar saya masih banyak orangtua yang juga mengalami masalah yang sama, tidak hanya merasa kesulitan membantu anak belajar namun juga masalah tidak adanya waktu untuk secara rutin memdampingi anak belajar. Solusi paling mudah memang mendaftarkan anak di bimbingan belajar di luar sekolah, namun meskipun kita sudah mendaftarkan anak di bimbingan belajar terbaik sekalipun, anak tetap harus dikontrol secara rutin perkembangan belajarnya. Dan sedihnya tidak semua anak memiliki kesadaran dalam dirinya untuk memanfaatkan fasilitas bimbingan belajar tersebut secara maksimal, seperti membolos dan lain-lain. Akibatnya solusi pelajaran tambahan yang seharusnya diharapkan orangtua bisa membantu kesulitan belajar anak menjadi tidak maksimal. Artinya diperlukan solusi lain yang jitu untuk mengatasi kesulitan belajar anak namun bisa dikontrol secara langsung oleh orangtua di mana saja dan kapan saja. bahkan, jika perlu perkembangan belajar anak secara real time dapat secara mudah dan cepat di akses oleh orangtua di mana saja dan kapan saja.

Ruangguru, belajar apapun dengan siapapun
Serunya acara gathering Emak Blogger dan Ruangguru (Dok. Pribadi)

Solusi pemecahan masalah kesulitan belajar anak inilah yang didiskusikan secara intens oleh orangtua, dalam hal ini ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) bersama Ruangguru.com pada tanggal 23 Maret 2016 lalu yang bertempat di Rumah Makan Omah Sendok daerah SCBD Kuningan Jakarta Selatan. Dalam acara Gathering ini, tidak hanya dibahas masalah atau problem yang kerap di alami orangtua untuk masalah belajar anak, namun juga solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Acaranya seru? Wow...sudah pasti, namanya juga emak-emak paling antusias jika membicarakan masalah anak terutama masalah kesulitan belajar yang kerap dialami anak. Apalagi beberapa emak yang hadir dalam gathering ini sedang sibuk dan gencar-gencarnya membantu persiapan anak menghadapi ujian nasional 2016 yang sudah di ambang mata. Bahkan, sebelum acara berlangsung, mbak-mbak dari Ruangguru.com sudah diberondong dengan berbagai pertanyaan seputar aplikasi yang diluncurkan untuk membantu anak dan orangtua mengatasi beragam permasalahan dalam belajar

Tapi, sebelum acara berlangsung, seperti biasa emak-emak pastinya kepingin narsis dulu dengan properti-properti unik di Rumah Makan Omah Sendok yang berciri khas tempo dulu, seperti lukisan, foto, buku-buku, mainan anak-anak khas tempo dulu, dan masih banyak lagi. Acara narsis masih berlanjut dengan berbagai properti yang disediakan Ruangguru.com, oh ya...ruangguru menyediakan beragam properti untuk mendukung kontes Instagram yang diselenggarakan selama acara berlangsung berhadiah uang tunai. Bahkan sesi seru ini berlanjut di acara foto bersama di pinggir kolam renang Rumah Makan Omah Sendok. Wow...ternyata Rumah makan Omah Sendok juga memiliki view lain yang bisa dinikmati sambil menyantap hidangan nan lezat khas rumahan yang disediakan, yaitu berupa area kolam renang. Bisa ditebak, momen seru berfoto bersama ini juga dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagian emak-emak untuk berfoto selfie bersama, rasanya seru dan menyenangkan.

Namun, selain keseruan acara gathering ini tetap momen utamanya adalah sharing informasi telah diluncurkannya aplikasi yang memudahkan anak untuk belajar dan juga untuk orangtua, yaitu Mobile Application Ruangguru yang nantinya dapat dengan mudah di unduh secara gratis melalui Google Play dan App Store. Tapi dari tadi membicarakan tentang Ruangguru, pastinya banyak yang belum tahu apa sih Ruangguru itu dan seperti apa aplikasi Ruangguru yang nantinya akan membantu orangtua mengatasi permasalahan belajar anak, terutama di era digital di mana segala sesuatunya berkembang dengan cepat

Tentang Ruangguru.com

Mungkin ada beberapa orangtua yang telah memiliki akun dan mempergunakan beberapa fasilitas yang disediakan situs Ruangguru.com, namun saya percaya masih banyak orangtua yang sama sekali belum mengenal situs yang dirilis pertama kali pada bulan April 2014 dan mendapat sambutan yang cukup hangat di Indonesia. Ruangguru.com adalah startup yang menyediakan layanan pendidikan berbasis teknologi dengan memfokuskan diri pada penyediaan layanan jasa guru privat berkualitas secara online dan offline, penyediaan konten-konten yang disesuaikan dengan standar kurikulum nasional sebagai bahan persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu.

Ruangguru, belajar apapun dengan siapapun
Situs Ruangguru.com, mudah, cepat, dan praktis (Dok. www.ruangguru.com)
Meskipun relatif masih baru dan terdengar masih asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia, namun Ruangguru ternyata telah meraih berbagai penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri, diantaranya penghargaan sebagai Situs Pendidikan Terbaik di Indonesia dalam Bubu Awards 2015, Honorable Mention for Best Education Startup dalam KAIZEN 2016 di Dubai, serta beberapa penghargaan lainnya yang menunjukkan betapa eksistensi situs Ruangguru telah di kenal pada sebagian masyarakat Indonesia.

Selain itu, situs Ruangguru juga dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang secara khusus menyediakan layanan cari guru privat di mana melalui situs ini kita akan menemukan lebih dari 27.000 guru berkualitas dari seluruh Indonesia yang secara khusus akan memberikan layanan dan bantuan untuk mengatasi kesulitan belajar anak dari berbagai jenjang pendidikan serta berbagai pengetahuan dan keterampilan khusus di luar sekolah atau kampus. Bahkan, melalui situs Ruangguru, orangtua secara detail dapat menemukan guru yang berkualitas atau sesuai dengan standar kualifikasi guru yang diinginkan tanpa harus repot-repot mencarinya ke sana ke mari.

Tidak hanya itu, Ruangguru juga memungkinkan anak bisa belajar tanpa harus repot-repot pergi di tempat les tersebut secara langsung atau offline, karena melalui situs ini anak dapat belajar atau berhubungan dengan guru secara online. Belajar secara online memang sangat memudahkan karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan orangtua dengan mempercayakan Ruangguru sebagai media yang membantu anak belajar, diantaranya :

  1. Guru yang di pilih dapat diverifikasi secara langsung oleh orangtua.
  2. Pilihan guru yang bervariasi, di mana melalui situs ini orangtua dapat menemukan guru yang berkualitas dari berbagai pengetahuan dan keterampilan di luar sekolah, serta guru yang berkualitas untuk beberapa mata pelajaran penting dari berbagai jenjang sekolah.
  3. Garansi uang kembali 100% bila kebetulan guru yang dipilih kurang cocok atau tidak sesuai dengan harapan dari orangtua.
  4. Kemudahan untuk melakukan pembayaran, melalui transfer, kartu kredit, internet banking, dan lain-lain.
Selain layanan mencari dan menemukan guru privat yang cocok dengan standar kualifikasi seperti yang orangtua inginkan, situs Ruangguru juga menyediakan layanan berupa platform persiapan ujian secara online. Layanan tes online ini memungkinkan anak mengakses ribuan bank soal yang telah disediakan setelah terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun di situs Ruangguru.com. Layanan ini juga merupakan solusi dan ajang mempersiapkan diri untuk berbagai jenis ujian, mulai dari ujian semester, ujian nasional, hingga ujian masuk Perguruan Tinggi yang tidak lama lagi akan diselenggarakan.

Layanan tes online dengan mengakses situs Ruangguru memiliki beberapa keunggulan, diantaranya menyediakan analisis data yang diperoleh dari latihan ujian yang diikuti oleh anak sesuai jenjang pendidikan. Selain itu, secara realtime orangtua dapat memantau perkembangan belajar anak setiap waktu, dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, untuk kedepannya Ruangguru akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah dalam hal upaya untuk mengimplementasikan platform layanan tes online sebagai suatu bentuk dukungan untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Selain untuk memaksimalkan kemampuan siswa, platform ini juga diharapkan dapat membantu memetakan dan meningkatkan kompetensi guru. Untuk mendukung maksimalnya penggunaan platform ini, diselenggarakan berbagai kegiatan antara lain, Smart Educator Champion yang diperuntukkan bagi para guru.di sekolah formal dan Smart School Program bagi sekolah di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk memudahkan penggunaan berbagai layanan yang disediakan Ruangguru.com, saat ini telah diluncurkan aplikasi mobile Ruangguru yang saat ini baru dalam versi Beta, yang dapat diunduh melalui Google Play dan kedepannya juga akan diluncurkan versi mobile yang dapat diunduh melalui App Store.

Mudah dan Praktisnya Belajar Online Dengan Aplikasi Ruangguru

Sesuai perkembangan dunia digital yang semakin cepat, saat ini berbagai aplikasi yang memudahkan anak belajar secara online dari mana saja dan kapan saja. Untuk alasan itulah, maka diluncurkan versi mobile Ruangguru, di mana aplikasi ini merupakan on-demand live tutoring mobile application. Versi mobile Ruangguru inilah yang saat acara gathering bersama Kumpulan Emak Blogger (KEB) secara langsung diunduh dan digunakan sebagai latihan atau uji coba sebelum diluncurkan versi lengkapnya.

Ruangguru, Belajar Apapun Dengan Siapapun
Serunya sesi ujicoba aplikasi mobile Ruangguru (Dok. Pribadi)
Tapi sebelum lanjut menceritakan serunya sesi mencoba secara langsung penggunaan aplikasi ini, saya yang pada awalnya sedikit mengalami kesulitan untuk mendaftar dan membuat akun secara langsung dari Aplikasi Mobile Ruangguru. terus saja mendaftar padahal meskipun belum ada respon ternyata akun yang saya buat sudah terdaftar di aplikasi. Yap...setelah versi Beta ini, semoga tidak lama lagi akan diluncurkan versi lengkap dari aplikasi ini. Tapi sesuai dengan tagline dari Ruangguru "belajar apapun dengan siapapun," aplikasi ini sungguh merupakan solusi jitu untuk mengatasi kesulitan belajar anak. Di mana melalui aplikasi ini, anak dapat terhubung secara langsung dengan guru dan dapat berkonsultasi mengenai soal-soal atau materi pelajaran yang belum di mengerti secara mudah, cepat, dan efektif, dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, dengan guru-guru yang berkualitas yang berdomisili jauh dari lokasi tempat tinggal si anak, komunikasi secara efektif dapat dilakukan.

Saat sesi acara mencoba secara langsung aplikasi ini, semua emak yang hadir sangat bersemangat, maklumlah namanya juga emak-emak pastinya akan selalu menomorsatukan semua urusan anak, terutama urusan belajar karena ada beberapa anak yang pastinya mengalami kesulitan selama belajar. Apalagi sebentar lagi hampir semua anak akan menghadapi ujian nasional, ujian semester atau kenaikan kelas, serta ujian masuk Perguruan Tinggi.

Ruangguru, belajar apapun dengan siapapun
Foto dan unggah soal yang sulit dipecahkan melalui aplikasi Ruangguru (Dok. Pribadi)
Selama mencoba aplikasi ini di mana pada saat sesi acara berlangsung kami dibagikan contoh soal untuk diujicobakan secara langsung, ternyata memang mudah dan cepat dalam penggunaannya. Bayangkan hanya bermodalkan aplikasi yang telah diunduh di gadget kita dan mengupload soal melalui aplikasi kamera, hanya menunggu beberapa menit maka soal atau materi pelajaran yang tadinya terasa sangat sulit bisa dipecahkan secara cepat. Sayangnya zaman saya masih bersekolah dahulu, kemajuan teknologi belum secanggih sekarang. Coba sudah ada teknologi secanggih ini, pastinya kesulitan belajar yang dahulu kerap saya alami tidak akan terjadi.

Jadi, tunggu apa lagi, setelah saya mencoba dan merasakan betapa aplikasi Ruangguru menawarkan dimensi yang berbeda untuk kegiatan belajar, tentunya giliran Anda untuk ikut mencobanya. Adapun cara menggunakan aplikasi ini sangat sederhana :

  1. Download aplikasi Ruangguru.com di Play Store dan App Store (segera menyusul).
  2. Dilanjutkan dengan mendaftar atau membuat akun.
  3. Setelah itu Anda bisa mempergunakan menu-menu yang disediakan, seperti foto dan unggah soal yang ingin ditanyakan, dan aplikasi akan membantu mencarikan guru yang akan menjawab permasalahan tersebut.
  4. Setelah guru memberikan bantuan jawaban soal yang diunggah tersebut, murid dan guru akan melakukan komunikasi melalui media text chat serta audio call.
Jadi...tunggu apa lagi, karena sebentar lagi anak-anak kita akan menghadapi momen ujian nasional, ujian semester, dan ujian masuk Perguruan Tinggi, Anda bisa membantu anak-anak mengatasi kesulitan belajar hanya dengan mengunduh  aplikasi mobile Ruangguru melalui gadget Anda.

Ruangguru, solusi jitu atasi kesulitan belajar anak.

12 komentar:

  1. Aplikasi yang sangat membantu bagi saya khususnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, apalagi sebentar lagi musim ujian tiba...hehehe. Makasih mba udah berkunjung.

      Hapus
  2. Hai Mbak, seru juga aplikasinya ya, jadi para orangtua murid yang ingin mencari guru private bisa mendapatkan infonya dengan mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap...bener banget mak, bahkan kita bisa mencari guru privat di lokasi terdekat dengan tempat tinggal kita.

      Hapus
  3. Eh iya mak bener. Anakku juga beberapa kali protes krn ngerasa cara ngitung ku beda dengan yg diajari gurunya di sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mak...kadang-kadang bedanya bikin senewen juga, makasih mak udah mampir.

      Hapus
  4. terima kasih infonya..Ini sangat membantu pelajaran kami..

    This is a great Article...
    Please, visit my link to st3telkom.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke...makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat terutama untuk institusi pendidikan seperti ST3 Telkom.

      Hapus
  5. Wah, saya baru tau ada sistem seperti ini dari blog ini. Nambah ilmu saya, Trims cc

    BalasHapus
  6. Hmmm mbak kayanya aplikasinya bermanfaat sekali, boleh dicoba nih untuk saya untuk jaga jaga.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...