Selasa, 08 Maret 2016

Menulis dan Berbagi Cerita Keseharian Itu Ternyata Menyenangkan

Mungkin ada banyak orang yang suka menulis dan memilih profesi sebagai penulis, namun tidak semua orang merasa nyaman untuk berbagi hal-hal yang pribadi bagi dirinya untuk orang lain. Kalaupun ingin berbagi, tidak semua penulis bisa menuliskan dan merangkai cerita kesehariannya menjadi satu artikel utuh dengan diksi yang sederhana namun sarat manfaat serta informasi untuk semua orang yang membaca tulisannya. Secara pribadi saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi untuk teman dan sahabat yang mampu menuangkan cerita kesehariannya menjadi satu tulisan atau artikel yang menyenangkan untuk dibaca serta memberi nilai manfaat kepada orang yang membacanya, dan salah satunya adalah teman Blogger Perempuan yang baru saja menjadi seorang ibu beberapa bulan yang lalu, mbak Dahlian Ayu Novanti.

Ayunovanti.com
Gambar : Ayunovanti.com
Berkunjung dan membaca beberapa artikel di blog ibu muda yang satu ini bikin saya semakin kagum ternyata masih banyak anak muda (hihihi....berasa udah tua) yang meskipun telah menjadi ibu rumah tangga dan seorang ibu namun masih konsisten meraih passionnya. Saya paling suka sharing mahmud alias mama muda yang satu ini tentang jahit-menjahit, karena sedikit banyak bikin saya terkenang dengan kisah masa lalu saya bersama almarhumah mama. Seperti halnya ibu mbak Vanti, mama saya pun dahulu hobi menjahit meskipun tidak ditekuninya secara profesional, namun zaman saya kecil membeli pakaian yang sudah jadi alias langsung pakai sangat jarang terjadi karena hampir semua pakaian kami di jahit oleh ibu. Tapi yang lumayan mengenaskan, hobi itu sama sekali tidak menurun dalam diri saya, jangankan menjalankan mesin jahit, memasukkan benang jahit ke mesin jahit saja masih suka salah...hihihi. Padahal....urusan jahit-menjahit saat saya telah berumah tangga menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki, apalagi ibu seperti saya yang memiliki dua anak laki-laki yang super aktif.

Lho...niatnya mau cerita dan mereview blognya mbak Vanti kok ada pesan sponsor....hehehe. Cukup sampai di sini karena lanjut saya mau cerita beberapa artikel menarik yang saya baca di blognya mbak Vanti yang bikin saya jadi berpikir keras bahwa ternyata menulis dan berbagi cerita keseharian itu tidak ada salahnya dan rasanya sangat menyenangkan. Salah satunya adalah kisah parenting di masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui. Dulu zaman saya memulai menulis blog, akses internet belum semudah sekarang sehingga banyak kisah menarik yang tercecer dan hilang tanpa jejak. Namun zaman sudah berubah, berkat internet cepat yang sekarang katanya sudah 4G LTE, semua orang bisa berbagi cerita keseharian selama menjalani masa-masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

Bahkan, dengan mudah kita bisa berbagi tips memilih makanan bergizi namun lezat untuk bumil alias ibu hamil, tapi tidak semua bumil bisa menuangkan pengalaman inspiratif memilah dan memilih makanan bergizi seperti mbak Vanti. Ternyata berbagi dan menuliskan pengalaman masa-masa tersebut di blog sangat bermanfaat untuk orang lain, karena pengalaman menjalani masa-masa kehamilan berbeda antara ibu yang satu dengan lainnya. Sharing pengalaman melalui tulisan di blog bisa bikin kita bahagia, apalagi jika tahu ada bumil lain yang berada di daerah yang berbeda bisa merasakan manfaat dari tulisan atau artikel yang terposting di blog. Bagi saya, kisah nyata dan pengalaman inspiratif inilah yang paling menyenangkan, bahkan ada beberapa artikel yang sangat cocok dengan pengalaman yang saya alami selama 3 kali melahirkan plus ada foto serta cerita dedek bayi yang terus terang bikin saya gemes karena sudah lama tidak bersentuhan dengan kulit halus dan lembutnya bayi. Yah...sekarang anak-anak sudah hampir remaja dan kulitnya berubah jadi hitam, berkeringat, dan nyaris selalu kotor...huhuhu, tapi katanya kotor itu pertanda baik karena dari kotor anak bisa banyak belajar.

Ayunovanti.com
Duh...lucunya dedek bayinya mbak Vanti (Gambar : ayunovanti.com)
Salah satunya artikelnya adalah tentang tips dan trik agar ibu hamil mau makan sayur, kayaknya penting sekali untuk dibaca bumil-bumil lainnya, apalagi tips dan triknya sudah dibuktikan secara nyata. Ngak suka sayur? Ih itu mah sama banget dengan saya, nyaris keseharian saya dahulu sejak kecil hingga dewasa jauh-jauh dari sayur, dan ditambah lagi saya berasal dari daerah di mana sayur bukanlah salah satu lauk penting yang harus dihidangkan setiap hari, yap...klop deh. Namun, seperti yang di tulis oleh mbak Vanti dalam artikelnya, sayur terutama bagi bumil sangatlah penting karena dalam sayur tersimpan vitamin yang berguna untuk kesehatan calon bayi dalam perut bumil. Yah...artikel-artikel tentang parenting, terutama pengalaman semasa menjalani kehamilan merupakan artikel yang paling menarik untuk saya singgahi. Tapi tetap saya suka artikel lainnya, terutama yang membahas atau meresensi film-film tertentu.

Pendek kata, membaca dan berkunjung di blognya mbak Vanti memberikan suntikan semangat dalam diri saya bahwa mulai saat ini sanya harus menyamankan dan membiasakan diri untuk berbagi cerita dan pengalaman yang saya alami karena mungkin saja bermanfaat bagi orang lain. Menulis di blog tidak harus menjadi sesuatu yang sulit karena sedikit pengalaman pun bisa menjadi satu rangkaian tulisan yang bermanfaat jika kita mampu meramukannya dengan narasi yang teratur dan yang pasti enak di baca orang lain. Namun yang pasti berkenalan dan berkunjung ke blognya mbak Vanti memberikan banyak manfaat bagi diri saya, mencerahkan, dan membuat saya mau belajar menulis hal-hal sederhana yang ada di sekitar hidup kita setiap hari. 

Dan kembali lagi dalam urusan jahit-menjahit, meskipun jujur saya tidak begitu tertarik dalam urusan jahit-menjahit, namun berbagi cerita seputar usaha untuk memulai dan menekuni dunia tersebut seperti yang telah dituliskan mbak Vanti dalam artikelnya sangat menyenangkan dan secara tidak langsung menginspirasi saya bahwa dunia menjahit tidak melulu tentang menghasilkan satu karya nyata berupa sepotong pakaian yang indah, namun untuk memulainya bisa dari belajar membuat sesuatu yang sederhana dan bermanfaat, setidaknya untuk kebutuhan pribadi kita. 

Berbagi dan menulis cerita tentang keseharian itu ternyata menyenangkan, dan seperti yang dituliskan Mbak Dahlian Ayu Novanti dalam tagline blognya, "Some good and bad things happen in our life for sure all we can do is keep going and face it wisely. Let's write those things down." Yap...kita tidak pernah menginginkan sesuatu yang buruk terjadi salam hidup kita, namun jika hal tersebut adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari, maka tetaplah bersemangat karena badai pasti akan berlalu. Menulis membantu kita melihat satu masalah dari berbagi sudut pandang yang berbeda, sekaligus berbagi dan memberi manfaat untuk orang lain, serta membantu kita belajar menjadi sosok yang lebih bijaksana dan lebih sensitif dengan isu-isu yang ada disekitar kita, terutama isu tentang kaum perempuan.

26 komentar:

  1. itu foto dedek bayinya bikin gemes hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak...gemes, karena itu fotonya ntak comot, hehehe. Makasih mak atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Menulis tentang keseharian memang menyenangkan apalagi kalau ditambah beberapa pengetahuan. Selain jadi sarana curhat juga bisa inspirasi yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seide sama mbak Alfa :D

      Hapus
    2. Wakakak...iya mbak, sederhana ya tapi kadang-kadang ngerasa paling susah sedunia mau update blog.

      Hapus
    3. blog saya juga isinya tentang cerita keseharian. eh, curhatan ding. :V

      Hapus
  3. Saya belum nulis untik arisan link hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nulis mbak, siapa tahu berikutnya giliran mbak...semangat.

      Hapus
  4. Terimakasih mbak buat tulisannya yg bikin semangat menulis. Menikmati proses menulis itu penting bgt, sekaligus terapi. Hepi banget setelah tau kalau tulisan kita bermanfaat buat orang lain. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lho yang makasih, berkat berkunjung dan ngereview blog mbak jadi dapet suntikan semangat update blog dengan cerita keseharian yang ringan.

      Hapus
  5. Sama dong Mba... Aku juga senang menulis dan berbagi cerita di blog.. Daripada curhat2an yang gak jelas mending curhat positif melalui blog aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih...mak Rita mah curhatnya seru jalan-jalan mulu, dan kalo berkunjung bikin mupeng.

      Hapus
  6. Banyak yg bilang menulis itu bakat, tapi menurut saya practice makes perfect. Semakin sering kita lenulis, kemaapuan mengolah kata tentunya bakalan berkembang ya mb. Duh ibu2 muda yg doyan nulis di blog kemudian mensharenya ke sosmed, makin menjamur ya. Semoga semuanya selalu membawa dampak positif, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...semoga semangat menulis bisa memberikan akses informasi yang semakin banyak untuk ibu-ibu lainnya ya mbak.

      Hapus
  7. Blog ini sangat bermanfaat untuk memberikan wadah untuk para ibu menceritakan kesehariannya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap...iya mbak, media blog sangat efektif untuk memudahkan ibu menulis, berbagi, sharing, sekaligus mendapatkan informasi yang sangat penting.

      Hapus
  8. Quote:
    "Some good and bad things happen in our life for sure all we can do is keep going and face it wisely. Let's write those things down."
    Unquote

    Iya, saya juga suka tagline itu... Yang bisa kita lakukan adalah menjalaninya, move on (mudah2an bisa) lalu ditulis deh di blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, terkadang tidak semua hal yang kita inginkan dan rencanakan berjalan mudah, tapi semangat pantang menyerah akan membuat segalanya lebih mudah. Makasih mbak...

      Hapus
  9. Blog mamah muda..kreatif kurasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mbak, apalagi mamah muda ini lagi mengembangkan passionnya dalam urusan jahit-menjahit yang pastinya bikin tambah kreatif.

      Hapus
  10. Membaca postingan tentang profil ibu muda kreatif dan enerjik seperti mbak Vanti sangat inspired bgt😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. So pasti mbak, apalagi si kecilnya yang montok dan bikin gemes...hehehe. Makasih atas kunjungannya ya mbak.

      Hapus
  11. aahhh.. blognya mbak Vanti itu jadi bikin semangat buat belajar terus yah!

    BalasHapus
  12. Blogger wanita sangat diuntungkan karena bisa berbagi cerita keseharian dgn cara berbeda dan bermakna. Blog Mbak Elisa juga gitu

    BalasHapus
  13. foto bayinya mbak Vanti bikin gemes y, aku masih sedikit jujur dengan pengalaman pribadi Mbak, kalau di blog. hehee

    BalasHapus
  14. Tulisan yang panjang, lengkap dan teratur. Saya suka dengan gaya penulisannya.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...