Selasa, 29 Maret 2016

Investasi Properti Di Depok : Sebuah Panduan Untuk Membeli Sebagian Kecil Kota Belimbing

Cuaca, lanskap dan kekayaan budaya Depok, membuat kota ini menjadi salah satu tempat yang paling diinginkan untuk menetap. Real Estate di kota ini sedang melaju dengan cepat, membuat Kota Depok menjadi hotspot bagi pembeli rumah internasional dan investor properti cerdik. Pasar Real Estate menarik minat orang-orang yang mencari keuntungan modal serta membangun portofolio properti yang sehat di pasar yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. 

Untuk investor yang baru pertama kalinya mencari sebuah rumah yang indah untuk dijual di Depok yang terdapat di Rumah, memahami hukum Indonesia yang kompleks dan ketat bisa menjadi suatu tantangan. Berikut adalah panduan untuk menyederhanakan perjalanan menuju portofolio properti yang bagus atau rumah baru di kota belimbing

Investasi Properti Di Depok
Gambar : http://www.onestoppropertysearch.com/
Langkah-langkah Berinvestasi Properti

Setelah Anda melakukan semua penelitian yang diperlukan pada rumah tertentu yang Anda minati di Depok, Anda perlu mengatur keuangan Anda dan memahami hukum-hukum properti lokal. Langkah selanjutnya meliputi: 
  1. Menunjuk agen yang akan memastikan bahwa properti yang akan Anda beli aman,
  2. Negosiasi harga, 
  3. Meletakkan deposit antara 10 sampai 30 persen dari harga yang Anda setujui, 
  4. Menandatangani Letter of Intent dengan penjual untuk menandakan bahwa Anda berdua sepakat dengan harga pembayaran akhir, 
  5. Jika Anda akan bekerja melalui Nominee, tanda tangani perjanjian Surat Kuasa Wakil,
  6. Kumpulkan revisi sertifikat dan membayar notaris tiga persen dari harga.
Meskipun seluruh proses di atas telah disederhanakan seperti tempat-tempat lain di dunia, namun untuk mendapatkan real estate di Depok bisa menjadi lebih rumit. Untuk itu dalam rangka memastikan bahwa Anda akan mendapatkan kesepakatan yang terbaik, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

Investasi Real Estate Terbaik
Gambar : http://www.teruskan.com/
Menilai Bagaimana Motivasi Penjual

Menilai seberapa mendesak pemilik rumah perlu menjual properti dan kemungkinan dia akan menerima harga lebih rendah dengan meminta agen mereka: 
  • Apakah penjual telah membeli rumah baru? Jika benar, penjual cenderung mencari waktu penyelesaian singkat untuk memungkinkan mereka membayar biaya dan pajak rumah baru dengan cepat.
  • Berapa lama rumah berada di pasar? 
  • Berapa lama penjual berniat untuk meninggalkan rumah di pasar jika ia tidak mendapatkan harga yang di inginkan?
Pertimbangkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dengan hati-hati sebelum membuat penawaran, jangan terkesan sangat membutuhkan, dan mencoba mengintimidasi penjual untuk menerima tawaran yang rendah. Jika Anda mendapatkan tanah yang berkualitas tinggi atau Anda melihat ada potensi ke depan yang membuat harga tanah melonjak tajam, maka menunggu harga turun di bawah nilai pasar saat ini hanya akan membuat penjual dan agen mengabaikan Anda. Lebih buruk lagi, orang lain akan melihat potensi properti tersebut dan cepat menyambar dan mengambilnya. Akan lebih baik untuk menjadi lebih realistis dan mendapatkan properti berkualitas dengan harga sedikit lebih tinggi daripada Anda berisiko kehilangan semua itu. 

Dapatkan Kontrak Pembelian Tak Bersyarat

Jika Anda secara kebetulan menemukan penjual yang termotivasi ingin menjual propertinya dengan cepat, penandatanganan kontrak pembelian tanpa syarat memberikan keuntungan tambahan, terutama jika Anda bersaing dengan pembeli lainnya. Ada beberapa keuntungan untuk jenis kontrak seperti ini yang berarti bahwa tawaran yang Anda buat tidak akan dikenakan biaya atau kondisi lain. Selain itu, biasanya penjual sering lebih bersedia menerima penawaran untuk menjual propertinya dengan harga yang lebih rendah jika Anda dapat menunjukkan bahwa keuangan Anda terjamin dan bersedia untuk menyelesaikan pembayaran dalam waktu singkat.

Membangun Hubungan dengan Agen Penjualan


Kebutuhan untuk membangun loyalitas dan kepercayaan dalam hubungan pembeli-agen merupakan kebutuhan bersama. Seorang agen dengan beberapa pembeli akan lebih memilih menjual kepada pembeli yang mereka kenal dan percayai untuk tidak mundur dari kesepakatan jual beli tersebut pada menit terakhir. Menciptakan hubungan yang baik dengan agen lokal menawarkan sejumlah keuntungan, termasuk akses dan kemungkinan melihat listing sebelum dirilis ke publik, dan pengetahuan akan pasar  yang akan memberikan Anda kesempatan untuk mengalahkan pesaing Anda.

Menyewa Agen Profesional dan Menunjuk Notaris

Investasi tidak berisiko; apa yang membuat investasi berisiko adalah seorang investor tanpa keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang investasi tersebut. Untuk kondisi semacam ini sangat penting bahwa Anda cukup menyewa agen profesional dan notaris yang memiliki kredibilitas baik untuk mengambil alih proses hukum atas investasi Anda. Pengacara atau notaris sangat penting ketika berhadapan dengan pengurusan sertifikat tanah, serta untuk memastikan bahwa proses ini disahkan dan dokumen diverifikasi sebagaimana diperlukan di bawah payung hukum yang berlaku.
Khusus untuk Warga Negara Asing (WNA) sangat disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu dengan jelas apa yang menjadi alasan dan tujuan mereka melakukan pembelian atau investasi, seperti investasi properti di Depok. Ketika sudah membuat keputusan untuk melakukan investasi, ada baiknya juga mempertimbangkan keuntungan dan kerugian jika membeli properti di daerah tertentu dengan cara membandingkannya dengan properti lain yang serupa di kawasan lain dengan berpegang pada dasar-dasar sebagai berikut:
  • Lokasi di mana properti tersebut berada,
  • Tanah tempat di bangun atau kawasan sekitar properti tersebut,
  • Estetika atau kondisi lingkungan di sekitar kawasan properti tersebut.
Kesimpulan

Meskipun pembelian Warga Negara Asing (WNA) juga diperbolehkan untuk memiliki properti, namun juga harus memastikan bahwa mereka memahami prosedur, tata cara, serta persyaratan untuk kepemilikan properti di Indonesia, dalam hal ini hak pakai, hak guna bangunan, dan sebagainya. Pada tahap inilah agen sangat berperan untuk membimbing dan membantu Warga Negara Asing (WNA) yang ingin memiliki properti atau masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi di sektor properti. Hal ini akan membantu Anda menemukan properti yang tepat dan sesuai dengan harapan serta keinginan Anda, selain itu pertimbangkan juga status hukum properti tersebut agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Selain itu, ciptakan jaring pengaman bagi Anda dan investasi Anda dengan melakukan pengecekan secara teliti dan menyeluruh terhadap bangunan, bank, dan instansi terkait lainnya yang dilakukan sebelum Anda membeli properti. Kesempulannya, investasi properti memang memiliki prospek atau peluang yang sangat menguntungkan, namun sebaiknya sebelum melakukan pembelian pastikan Anda bersikap realistis dengan mengikuti akal sehat, dilunasi seluruhnya dan dikelola dengan hati-hati, maka Anda akan memiliki investasi real estate terbaik di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...