Senin, 14 Desember 2015

Morinaga Chil-Go! Susu Cair Pertumbuhan Teman Bermain dan Belajar Generasi Platinum

"Dadah mama...berangkat sekolah dulu ya," pamit anak-anak setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, terkadang terselip rasa sedikit khawatir apakah mereka bisa menerima dengan baik semua pelajaran yang diajarkan, atau apakah mereka tetap bisa berkonsentrasi meskipun jam pelajaran di sekolah sangat padat dan nyaris tanpa jeda 6 hari dalam satu minggu secara terus-menerus. Bahkan, anak saya yang masih duduk di Sekolah Dasar memiliki jam belajari dari pagi hingga sore mulai hari senin hingga kamis. Dalam kondisi seperti ini, saya menyadari pentingnya gizi yang cukup bagi anak-anak agar tetap prima dan sehat dalam menjalani aktivitas belajarnya di sekolah. Tidak hanya itu, meskipun jam belajarnya cukup padat, anak-anak masih suka bermain sepulang sekolah bersama teman-teman di sekitar rumah. Meskipun sedikit khawatir dengan kesehatannya, namun penting bagi anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya di lingkungan rumah agar mereka saling mengenal satu sama lain.

Morinaga Chil-Go! Teman bermain dan belajar
Dalam setiap permainan terdapat unsur belajar untuk anak via Dafhy.net

Bahkan, berdasarkan hasil penelitian para ahli bersepakat bahwa bermain memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak serta dapat dijadikan sarana pembelajaran yang sangat efektif bagi anak, karena :
  1. Anak akan belajar bersosialisasi serta belajar membina suatu hubungan dengan sesama teman.
  2. Memiliki banyak teman yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan anak untuk berbicara dan mengungkapkan sesuatu.
  3. Anak akan belajar mengontrol emosinya dan menjadi pribadi yang lebih sabar.
Sesungguhnya masih banyak manfaat positif yang akan diterima anak dengan bermain, dan tidak hanya itu dalam aktivitas bermain pun anak-anak akan belajar tentang banyak hal yang tidak akan didapatkan di sekolah, artinya dalam setiap aktivitas bermain juga akan terselip aktivitas belajar bagi anak.

Namun, ada faktor yang juga sama pentingnya dengan aktivitas bermain dan belajar anak, yaitu bagaimana menjaga tubuh si kecil agar tetap sehat meskipun menjalani hari-hari yang sangat padat antara belajar di sekolah dan bermain bersama teman-teman. Jawabannya tentu saja, diperlukan asupan nutrisi, gizi, dan vitamin yang seimbang untuk si kecil, namun selain hal tersebut masih ada asupan penting lainnya yang juga memiliki arti penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak, yaitu susu. Susu, seperti yang telah banyak diketahui memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, yaitu
  • Dengan kandungan kalsium yang tinggi membantu kesehatan tulang anak, tidak hanya itu susu juga mengandung zat gizi lainnya seperti fosfor, magnesium, protein, dan lainnya, yang sangat menunjang kesehatan dan kecerdasan anak sejak dini.
  • Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan otak anak.
  • Asalkan dikonsumsi sesuai aturan dan tingkatan usia anak, susu dapat membantu mencegah obesitas yang kerap terjadi pada anak usia balita.
  • Dengan kandungan kalsium dan magnesium yang terdapat pada susu, dapat mencegah diabetes kelak di kemudian hari setelah anak dewasa.
  • Asupan susu secara rutin akan membuat anak memiliki postur yang lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi susu secara rutin.
Meskipun untuk beberapa manfaat dibutuhkan asupan susu sesuai dengan takaran yang dianjurkan agar konsumsi tidak berlebihan, namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa susu memiliki peran penting untuk melengkapi pertumbuhan anak, baik dalam masa Golden Age atau periode emas perkembangan otak anak hingga masa sebelum usia 12 tahun.

Akan tetapi, pada usia balita dan di bawah 12 tahun, anak-anak biasanya telah memiliki dunia lain selain lingkungan rumah dan keluarganya, antara lain bersekolah dan bermain secara aktif diluar rumah. Untuk anak-anak yang telah memasuki fase aktif di luar rumah ini, tentu membutuhkan asupan nutrisi dari susu untuk menunjang kesehatan dan kecerdasannya agar tetap optimal dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu susu cair dalam kemasan botol kecil yang praktis dan tentu saja lebih ekonomis. Lantas, mengapa harus susu cair? Pada dasarnya kandungan nutrisi dan zat gizi setiap produk susu maupun turunannya tidaklah jauh berbeda, namun susu cair memiliki kelebihan karena dapat dikonsumsi di mana saja, kapan saja, dan lebih ekonomis, hal ini sangatlah sesuai dengan fase dan karakter anak setelah memasuki usia balita hingga 12 tahun yang menghabiskan sebagian besar harinya untuk beraktivitas di luar rumah, baik itu bersekolah maupun bermain.

Namun dalam kenyataannya, konsumsi susu per kapita di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Dengan konsumsi susu per kapita hanya sebanyak 12,83 liter, masih sangat jauh bila dibandingkan dengan Negara Malaysia dengan konsumsi susu per kapita 50,9 liter, Thailand 33,7 liter, dan Filipina 22,1 liter. Dari perbandingan angka tersebut bisa dibayangkan betapa jauh tertinggalnya masyarakat Indonesia dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan selalu mengkonsumsi susu setiap harinya. Padahal susu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasan anak di periode emas pertumbuhannya. Hal inilah yang mendorong Kalbe Nutritionals berkomitmen untuk memproduksi produk nutrisi berkualitas terbaik untuk anak Indonesia dalam bentuk susu cair pertumbuhan yang siap minum untuk anak usia 1 - 12 tahun yang diberi nama "Morinaga Chil-Go!."

Morinaga Chil-Go! Susu Cair Pertumbuhan
Produk bernutrisi untuk Generasi Platinum (Dok : Pribadi)
Kalbe Nutritionals, Untuk Dukungannya Bagi Kesehatan dan Kecukupan Nutrisi Masyarakat Indonesia Lintas Generasi

Kalbe Nutritionals merupakan bagian PT. KALBE Farma, Tbk, yang pada mulanya dikenal dengan nama KALBE Farma Health Food Devision, namun seiring dengan perkembangannya serta produknya yang semakin dibutuhkan masyarakat hingga pada tahun 2007 mengalami perubahan menjadi Kalbe Nutritionals. Pergantian nama ini juga merupakan awal baru untuk berkomitmen memberikan produk nutrisi terbaik bagi masyarakat Indonesia, terutama anak-anak Indonesia agar tumbuh menjadi generasi cerdas, sehat, dan memiliki kemampuan berkompetisi dengan bangsa lain, atau menjadi Generasi Platinum yang Multi Talenta.

Sesuai dengan komitmennya untuk selalu menghadirkan produk-produk nutrisi yang berkualitas, Kalbe Nutritionals mengandeng beberapa perusahaan nutrisi terkemuka yang telah dikenal di seluruh dunia sebagai penghasil teknologi nutrisi yang berkualitas, seperti Morinaga Milk Industry Co. Ltd (Morinaga Jepang) dan BENECOL dari Finlandia. Bersama perusahaan nutrisi terkemuka ini, Kalbe Nutritionals memproduksi produk nutrisi terbaik, seperti Susu Morinaga yang fokus pada kebutuhan nutrisi susu formula untuk bayi dan anak, dan Nutrive BENECOL untuk meningkatkan kualitas kesehatan orang dewasa atau orang yang lebih tua.

Sesuai dengan misi Kalbe Nutritionals, yaitu menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat, maka setiap produk nutrisi yang diproduksi oleh Kalbe Nutritionals selalu mendapat sambutan antusias dari masyarakat khususnya masyarakat modern yang secara perlahan mulai menyadari pentingnya menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat setiap hari. Selain. susu Morinaga dan produk Nutrive BENECOL, Kalbe Nutritionals juga memiliki produk-produk nutrisi lainnya yang menjangkau semua kalangan masyarakat, seperti Prenagen dan Lovamil yang diperuntukkan bagi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui, Milna dan Zee untuk dukungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dan maksimal bagi si kecil kesayangan Anda, Entrasol dan Fitbar untuk kualitas kesehatan orang dewasa yang lebih baik, serta Diabetasol untuk memberikan kenyamanan hidup bagi penderita Diabetes.

Produk Kalbe Nutritionals
Deretan produk nutrisi Kalbe Nutritionals
Tidak hanya sampai disitu, meskipun telah berbagai macam produk nutrisi telah diluncurkan oleh Kalbe Nutritionals, namun sejumlah riset dan inovasi untuk memberikan produk terbaru yang terbaik bagi masyarakat modern yang mulai sadar akan arti pentingnya menjaga kesehatan sedini mungkin terus dilakukan. Bahkan, Kalbe Nutritionals mengerti betul akan kekhawatiran ibu-ibu seperti saya akan kecukupan gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan dan kecerdasan putra-putrinya yang telah menghabiskan banyak waktu di luar rumah, baik untuk belajar di sekolah maupun bermain. Untuk anak-anak pada fase usia 1-12 tahun inilah, maka Kalbe Nutritionals meluncurkan produk terbaru, yaitu Morinaga Chil-Go! Susu Cair Pertumbuhan yang siap minum di mana saja dan kapan saja terutama pada saat di luar rumah.

Morinaga Chil-Go! Susu Cair Pertumbuhan Teman Bermain dan Belajar Generasi Platinum

Di usia pertumbuhan, anak dalam rentang usia 1 - 12 tahun tentu membutuhkan zat gizi dan nutrisi yang jauh lebih banyak di banding kelompok usia lain, terutama pada anak yang berada dalam kelompok usia Golden Age atau periode emas pertumbuhannya. Pertumbuhan dan kecukupan gizi serta nutrisi pada rentang usia ini sangat menentukan pola perkembangan di tahap selanjutnya, baik dari segi kecerdasan dan kesehatan. Apalagi pada kelompok usia ini anak-anak telah memiliki aktivitas di luar rumah yang cukup padat sehingga Angka Kecukupan Gizi sesuai standar yang telah ditentukan merupakan pedoman yang cukup akurat untuk menghitung apakah nutrisi dan makanan bergizi yang telah diberikan cukup untuk anak-anak. Setidaknya, dalam usia anak-anak membutuhkan sejumlah zat gizi sebagai berikut :
  • Energi, anak-anak membutuhkan sekitar 1.000 sampai 1.400 kalori setiap hari.
  • Kalsium, dibutuhkan hingga kurang lebih 500 mg setiap hari.
  • Zat Besi, anak-anak membutuhkan asupan makanan yang mengandung zat besi 7 mg setiap hari.
  • Asupan vitamin yang cukup, terutama vitamin C dan D.
Morinaga Chil-Go! Susu cair pertumbuhan
Wherever We Go, CHIL-GO! Dok : Pribadi
Standar harian gizi dan nutrisi yang diperlukan anak-anak sudah pasti diperoleh dari makanan yang bergizi serta  susu sebagai asupan utama untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium zat yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gizi anak. Namun, seperti yang telah disinggung sebelumnya, anak-anak dalam rentang usia ini telah memiliki aktivitas yang terkadang cukup padat di luar rumah, mulai dari bersekolah, bermain, mengikuti berbagai macam les/pelajaran tambahan, atau aktif di berbagai kegiatan ekstra kurikuler di luar jam sekolah. Dalam kondisi ini, seringkali gizi dan nutrisi anak menjadi tidak terkontrol, apalagi untuk kebutuhan kalsiumnya yang sebagian besar diperoleh dari susu.

Untuk mendukung aktivitas anak di fase aktif inilah maka Kalbe Nutritionals meluncurkan produk terbarunya berupa susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1 - 12 tahun, yang juga merupakan pendamping dari susu Morinaga Chil Kid atau Chil School, yaitu Morinaga Chil-Go! Susu cair pertumbuhan dalam kemasan berupa botol yang terbuat dari bahan dasar yang ramah lingkungan karena dapat di daur ulang ini diproduksi untuk mendukung pemberian nutrisi serta membantu tumbuh kembang anak terutama pada masa periode emas. Pada periode ini, perkembangan otak anak terutama fungsi kognitifnya masih giat-giatnya berlangsung hingga usia 12 tahun.

Morinaga Chil-Go! Susu Cair Pertumbuhan
Morinaga Chil-Go! Teman bermain dan belajar saya lho... (Dok: Pribadi)
Untuk alasan inilah maka Morinaga Chil-Go! telah dilengkapi berbagai zat gizi dan nutrisi yang sangat penting bagi anak untuk menunjang kecerdasan multi talenta anak, yaitu :
  1. Kolin dan Inositol. Kedua zat gizi ini berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, serta berbagai gerakan sadar anak.
  2. Vitamin B Kompleks, Zat Besi, dan Yodium. Zat gizi ini merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan daya konsentrasi anak.
Selain itu, Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi dengan nutrisi yang sangat menunjang daya tahan tubuh si kecil, terutama pada saat beraktivitas di luar rumah dan menghadapi cuaca yang terkadang sangat ekstrem akhir-akhir ini, yaitu :
  1. Prebiotik Inulin 1000 mg, yang merupakan Prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  2. Zinc, yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh si kecil.
  3. Jumlah kalsium yang tinggi, yang memiliki peran penting untuk pembentukan tulang dan gigi.
  4. Vitamin A, C, dan E, yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.
Dengan komposisi yang sangat lengkap ini, rasanya sangat cocok jika Morinaga Chil-Go! sebagai susu cair pertumbuhan siap minum yang memiliki keistimewaan berupa sinergi nutrisi yang tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk anak-anak sebagai cikal bakal Generasi Platinum Multi Talenta. Terdapat 3 variant rasa yang sangat familiar dengan anak, yaitu Vanila, Coklat, dam Stroberi, sehingga ibu tidak perlu repot jika anak tidak menyukai susu dengan warna dan rasa yang konvensional.

Dari kedua anak saya yang berada di rentang usia tersebut, si bungsu kurang begitu menyukai susu dengan variant rasa vanila tapi untuk rasa coklat dan stroberi tanpa banyak protes pasti langsung dihabiskannya. Bingung? Sudah pasti karena saya selalu mengusahakan anak-anak agar tidak tumbuh menjadi seperti saya yang cenderung sedikit pemilih terhadap makanan. Terkadang saya suka iri terhadap orang yang dengan mudahnya bisa menyantap makanan apapun tanpa beban. Berbekal pengalaman inilah maka saya selalu mengusahakan anak-anak agar tumbuh menjadi anak yang tidak pemilih terhadap berbagai jenis makanan agar tidak mengalami kesulitan di masa dewasanya.

Mungkin tidak suka terhadap satu jenis variant rasa hanya hal kecil, namun untuk mengubah hal-hal besar harus dimulai dari hal kecil dahulu kan! Setelah berpikir dan mencari informasi ke berbagai artikel di internet, ada satu hal yang sangat sederhana yang justru sedikit saya lupakan...yah kata kuncinya adalah es, meskipun si bungsu tidak menyukai variant rasa vanila namun jika sudah berwujud es entah itu es krim atau yang lainnya, dia tidak pernah menolak bahkan dengan lahap selalu dihabiskan hingga tetes terakhir. Itu artinya saya harus berkreasi membuat susu dengan variant rasa vanila berubah bentuk menjadi es dengan tampilan baru yang tentunya sama menariknya dengan es krim dan rasa yang tidak jauh berbeda dengan variant rasa yang disukainya yaitu coklat dan stroberi.

Setelah pilah dan pilih resep minuman yang disukai anak-anak, ada satu jenis minuman yang sangat disukai anak saya dan yang terpenting berbahan dasar susu, yaitu Smoothie. Jenis minuman ini sangat disukai anak-anak, terkadang jika sedang jalan-jalan bersama anak-anak minuman jenis inilah yang menjadi favoritnya. Jadi terpikirkan oleh saya, mengapa tidak mencoba resep minuman yang satu ini selain pastinya disukai anak-anak, saya juga bisa sedikit menyamarkan variant rasa susu yang kurang disukai si bungsu saya yang sedikit centil dan juga cerewet ini. Namun, yang paling penting adalah bahan-bahannya mudah didapat dan tentu saja murah, sehingga untuk membuatnya berulang-ulang tidak terlalu menguras kantong dan tenaga.

Sebelum lanjut ke resep Smoothie ala saya, ada baiknya kita tahu apa sih jenis minuman Smoothie ini jika dibandingkan jenis minuman lainnya yang saat ini sedang tren dikalangan masyarakat terutama anak-anak, seperti Jus, Milkshake, Lassi, dan jenis lainnya. Smoothie pada dasarnya merupakan minuman yang berbahan baku buah-buahan, sayuran, gula, es batu, dan yang terpenting susu. Proses pembuatannya pun sebenarnya tidak sulit, hanya mencampurkan bahan-bahan tersebut dan diblender hingga halus, meskipun demikian Smoothie tetap memiliki ciri khas yang membedakannya dari jus yaitu teksturnya yang sedikit kental, terdapat sedikit creamy, dan mengenyangkan. Sehingga minuman jenis ini kerap dijadikan pengganti asupan makanan padat yang kaya serat, lemak sehat, dan tentu saja vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh.

Tapi resep minuman Smoothie yang saya kreasikan dengan susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go! sedikit berbeda, karena Smoothie disini disinergikan dengan bahan dasar utama untuk membuat puding, yaitu agar-agar. Hasil kreasi resep yang merupakan modifikasi dan perpaduan dari resep jenis minuman Smoothie dan Puding ini rasanya cocok jika diberi nama "Smoothie Milk Puding With Morinaga Chil-Go!." Berikut bahan-bahan untuk membuatnya yang dijamin semuanya mudah didapat dan yang paling penting murah, namun kaya akan gizi dan nutrisi untuk anak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Susu UHT atau cair Morinaga Chil-Go! rasa vanila 4 botol
  • Agar-agar putih/coklat 1/4 bungkus
  • Susu Kental Manis 100 gr
  • Biskuit coklat yang dihaluskan
  • Cetakan puding dan wadah adonan
Cara membuatnya cukup simpel, mudah, dan ngak pake lama lho!
  • Campur semua bahan ke dalam panci (kecuali biskuit coklat). Lalu di aduk secara perlahan dengan api kecil.
  • Setelah terjadi letupan kecil, matikan kompor dan siapkan wadah-wadah penampungnya, jika ingin lebih dari satu warna maka siapkan lebih dari satu wadah untuk memberi campuran warnanya (di sini saya hanya menggunakan satu warna yaitu coklat yang diperoleh dari agar coklat)
  • Setelah tercampur dengan perisanya, tuang adonan tersebut ke dalam cetakan sedikit demi sedikit. Untuk Smoothie puding dengan 2 campuran rasa, tuang adonan hingga setengah cetakan lalu diamkan kurang lebih 3 menit, masukkan biskuit coklat yang telah dihaluskan, hingga dilanjutkan langkah terakhir menuangkan adonan warna puding yang berbeda hingga penuh, dan seterusnya hingga cetakan terakhir (jika satu warna maka untuk taburan biskuitnya bisa diletakkan diatas puding yang telah diisi dalam cetakan)
  • Diamkan smoothie puding tersebut selama kurang lebih 2-3 menit. lalu masukkan ke dalam kulkas. Smoothie Milk Puding With Morinaga Chil-Go! siap dihidangkan untuk putra-putri tercinta.
Morinaga Chil-Go! Susu Cair pertumbuhan
Sisa hasil kreasi yang masih sempat didokumentasikan (Dok: Pribadi)
Gimana? mudah dan murah kan, rasanya dijamin pasti enak bahkan anak-anak saya hanya menyisakan 2 potong smoothie puding untuk didokumentasikan, dan selain itu bisa dikreasikan dengan tambahan aneka buah-buahan sebagai topingnya. Warna-warni smoothie puding tersebut tentu akan menarik perhatian si kecil, dan tujuan saya agar si bungsu mau mencoba variant susu rasa vanila tercapai ditambah lagi terdapat tambahan nilai gizi yang lain untuk asupan nutrisi yang maksimal bagi si Generasi Platinum saya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kreasi Smoothie puding ini juga bisa dijadikan pelengkap bekal anak-anak ke sekolah selain bekal makanan dan susu siap minum Morinaga Chil-Go! untuk menemani aktivitas selama di sekolah atau saat bermain bersama teman di rumah.

Namun yang pasti, susu merupakan salah satu zat gizi dan nutrisi yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi anak, terutama karena terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam susu. Keberadaan susu cair pertumbuhan yang siap minum Morinaga Chil-Go! merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mendampingi aktivitas anak bermain dan belajar. Ibu tidak perlu khawatir lagi anak akan kekurangan asupan gizi dan nutrisi di mana saja dan kapan saja, terutama pada saat beraktivitas di luar rumah saat belajar atau bermain, karena anak sudah memiliki teman yang selalu setia mendukung pertumbuhan kecerdasan dan daya tahan tubuh.

"Ma, susu Morinaga Chil-Go! rasanya enak, Aisha suka yang coklat dan stroberi, gambar botolnya juga lucu, jadi enak deh dibawa ke sekolah."

"Ma, kalau latihan pramuka, Razan suka capek tapi suka apalagi jika ditemenin Morinaga Chil-Go! Tambah semangat deh latihannya."

Tentu saja, karena Wherever You Go, Chil-Go!

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi menulis yang diselenggarakan oleh 
Morinaga Chil-Go! dari Kalbe Nutritionals.

Referensi tulisan :
https://kecukupangizianak.wordpress.com/2012/11/10/kebutuhan-gizi-anak/
http://kalbenutritionals.com/
http://blo309.wix.com/manfaat-bermain-anak

6 komentar:

  1. Pernah juga bikin puding Morinaga Chil-Go! Susunya emang enak sih...anak2 pasti suka. Mamanya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak, kalo puding apalagi yang dingin anak-anak pasti langsung tandas ngak bersisa hehehehehe...makasih mak atas kunjungannya.

      Hapus
  2. aduh komplit plit pliiiitttt .. selamat ya mbak Elisa

    BalasHapus
  3. kesukaan si ken juga ini mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, rasanya enak dan yang pasti bergizi serta mobile dapat dibawa dan diminum kapan saja.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...