Minggu, 11 Oktober 2015

Smartfren 4G LTE Advanced, Internet Cepat Bikin Bisnis Online Semakin Melesat #goforit

"Beep...beep, ibu apa masih ada stocknya, saya tertarik dengan warna biru." 
"Ping...Ma, jangan lupa jemput ya seperti biasa."
"Mbak, besok deadlinenya ya sebelum jam 9 pagi." 
Menurut survei yang dilakukan oleh Indonesia Netizen Survei pada tahun 2013, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 32 juta jiwa, dan 17 persen diantaranya adalah ibu rumah tangga yang setiap harinya menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 3 jam. Yah...lebih dari 3 jam perharinya, namun seiring dengan kemajuan teknologi waktu yang lebih dari 3 jam untuk online menggunakan internet tidak lagi dihabiskan hanya untuk chatting, bersosmed ria, atau browsing membaca artikel atau berita terkini gosip para artis semata, melainkan telah dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil tetap mengurus keluarga dari rumah.

Smartfren 4G LTE Advanced
Ibu rumah tangga sambil berbisnis, bisa! (Dok: mwait.info)
Buktinya, hampir 75% owner atau pemilik online shop yang yang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat sebagai alternatif belanja mudah adalah perempuan dan ibu rumah tangga. Ada beragam produk dan jasa yang bisa dijadikan lahan bisnis bagi ibu rumah tangga ini, ada yang menjual baju, akssessoris, buku, tas, sepatu, dan lain-lain. Atau jika memiliki keahlian tertentu, maka keahlian tersebut bisa dijadikan lahan bisnis baik dengan menjual produk yang dihasilkan atau dengan cara membuka kursus serta pelatihan secara online. Pelatihan atau kursus secara online bukan lagi hal yang dianggap aneh karena internet telah memungkinkan semua itu berjalan lancar, bahkan telah tersedia aplikasi khusus untuk mendukung aktivitas tersebut yang bisa diakses secara gratis hanya dengan mendaftarkan diri menjadi member.

Ingin berjualan secara online, namun tidak memiliki produk atau jasa hasil produksi sendiri, jangan khawatir karena ada jenis bisnis online yang memungkinkan seseorang menjual barang atau jasa yang dihasilkan atau dimiliki orang lain tanpa harus repot-repot memiliki stock barang tersebut, yang dikenal dengan istilah Bisnis Online Dropshipping. Pendek kata, berkat jaringan internet semua telah tersedia dan tinggal bagaimana kita memanfaatkan fasilitas tersebut sesuai dengan potensi yang dimiliki dan sesuai kebutuhan kita. Yang dibutuhkan dan harus dibangun secara perlahan sebagai modal untuk sukses adalah minat, konsistensi, sikap pantang menyerah, mau bekerja keras, selalu mau belajar, dan dukungan yang paling maksimal berupa tersedianya jaringan internet cepat.
 
ketersediaan jaringan internet cepat bagi pelaku bisnis, terutama bagi para pelaku bisnis online termasuk ibu rumah tangga yang juga memiliki aktivitas multitasking sebagai pelaku bisnis online, menjadi suatu hal yang sangat mendesak dan sangat penting. Ingat istilah "Time is Money," istilah ini merupakan gambaran nyata betapa berharganya setiap menit bahkan setiap detik yang dimiliki seorang pelaku bisnis. Terlambat merespon pesanan dari konsumen, maka dalam hitungan menit konsumen tersebut akan berpindah ke penjual online lainnya yang lebih responsif. Secara lebih rinci, berikut beberapa manfaat internet cepat bagi pelaku bisnis online.
  1. Lebih responsif atau cepat dalam menjawab pesanan konsumen, bayangkan jika koneksi internet yang dipakai sangat lelet alias lamban, untuk mengirim pesan yang hanya terdiri dari beberapa baris kata butuh waktu berjam-jam bahkan disertai kemungkinan tidak terkirim hingga hari berikutnya, kacau kan dan sudah pasti sangat menyebalkan. Apalagi jika pesanan konsumen tersebut disertai dengan angka nominal yang lumayan. Selain itu, kemungkinan untuk dinilai buruk oleh konsumen sangat terbuka lebar, apalagi jika konsumen mengirimkan pesan bahwa uang untuk pembelian barang tersebut telah ditransfer, dan hingga menit-menit atau berjam-jam berikutnya tidak ada kabar dari penjualnya hanya karena koneksi internet yang digunakan sangat lamban.
  2. Internet cepat membuat strategi pemasaran, promosi, dan publikasi berjalan lancar dan cepat. Bahkan dengan internet cepat, promosi dan publikasi dapat menjangkau daerah yang lebih luas tanpa harus repot mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk mengunjungi daerah tersebut. Bisa dikatakan, promosi dan publikasi melalui internet terutama melalui channel-channel sosial media yang sedang tren di kalangan masyarakat justru lebih tepat sasaran di banding melakukan promosi secara offline. Dan semua sudah tahu bahwa kualitas foto sangat menentukan untuk suksesnya sebuah bisnis online serta untuk promosi, dan untuk mengupload foto dengan kualitas prima dibutuhkan internet cepat.
  3. Internet cepat memungkinkan bisnis dapat dijalankan dari mana saja dan kapan saja, bahkan selama 24 jam tanpa pemiliknya harus berlelah-lelah menunggui dan menjaga bisnis tersebut. Karena itulah, bisnis online sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang selain fokus mengurus anak dan keluarga tanpa harus terlalu sering meninggalkan rumah. Bahkan, hanya dari rumah, berbagai transaksi perbankan seperti mengecek rekening, transfer atau mengirim uang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa harus mendatangi secara langsung bank tersebut.
  4. Internet cepat membuat komunikasi dan interaksi, baik dengan konsumen atau supplier produk berjalan lancar, karena ada jenis bisnis online yang membutuhkan komunikasi sangat intensif dengan konsumen seperti bisnis online dropshipping, karena pelaku bisnis online sama sekali tidak memiliki stok barang tersebut dan semua stok barang berada di tangan pihak supplier. Selain itu, internet cepat membuat komunikasi ibu rumah tangga yang memiliki aktivitas lain sebagai pelaku bisnis online dengan keluarga terutama putra-putri tercinta tetap berkualitas. Bahkan, meskipun ibu sedang berada di luar rumah untuk mengurus bisnisnya, namun tetap bisa memantau aktivitas putra-putri di rumah melalui aplikasi Video Live.
  5. Internet cepat memungkinkan ibu yang juga pelaku bisnis bisa memanfaatkan waktu luang yang hanya sedikit untuk menambah pengetahuan dan mencari referensi melalui artikel-artikel online, membaca postingan blog, menonton tayangan streaming, atau mendownload ebook serta file penting untuk mendukung aktivitas bisnisnya sekaligus perannya sebagai orangtua.
Untuk menjawab kebutuhan yang sudah sangat mendesak inilah, terutama bagi para pelaku bisnis online akan jaringan internet cepat, Smartfren sebagai salah satu operator jaringan internet terkemuka di Indonesia menghadirkan "Smartfren 4G LTE Advanced" untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil, yang pada akhirnya memberikan nilai tambah positif bagi kemajuan bisnis online.

Smartfren 4G LTE Advanced, Internet Cepat Bikin Bisnis Online Semakin Melesat

Apa itu teknologi 4G LTE? Dan mengapa harus menggunakan teknologi 4G LTE?
Menurut sejarahnya, teknologi jaringan komunikasi di awali dari teknologi 1G yang merupakan generasi awal teknologi telepon seluler untuk komunikasi suara berbasis teknologi radio panggil. Teknologi ini kemudian berkembang ke teknologi yang disebut 2G di mana pada tahap ini jaringan suara lebih dikembangkan berstandar teknologi suara digital untuk pertama kalinya dalam bentuk teknologi digital GSM dan CDMA. Kemudian ditingkatkan lagi menjadi teknologi 3G di mana selain teknologi suara juga terdapat teknologi data. Dan untuk sekarang telah dikembangkan teknologi 4G yang sangat fokus pada jaringan layanan data dengan menyediakan jaringan pita ultra lebar berstandar WiMAX dan LTE The True Mobile Broadband.

4G LTE adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data menjadi lebih cepat dan sangat stabil. Bahkan, untuk teknologi 4G LTE ini diklaim mampu memberikan kecepatan download dan upload 3x lipat dibanding generasi sebelumnya. Teknologi 4G LTE sangat memungkin setiap orang yang menggunakannya dapat mengakses beragam aplikasi dan melakukan berbagai aktivitas online secara bersamaan dengan cepat dan lebih efisien, seperti aktivitas streaming, video call, akses ke berbagai sosial media, chatting, mengirim pesan via messenger, dan lain-lain.

Smartfren 4G LTE Advanced

Teknologi canggih inilah yang saat ini dikembangkan oleh Smartfren untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan masa kini masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, terutama bagi ibu rumah tangga yang juga memiliki aktivitas tambahan sebagai pemilik bisnis online. Tanpa teknologi 4G LTE yang membuat internet semakin cepat, ada banyak aktivitas yang terhambat dan berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk menunggu respon menyelesaikan atau closing transaksi yang tertunda. Bahkan, berkat teknologi 4G LTE, meskipun sedang berada di luar rumah untuk menyelesaikan suatu urusan seperti meeting dengan calon supplier atau konsumen yang ingin membeli dalam jumlah banyak, komunikasi dan interaksi dengan putra-putri di rumah akan berjalan lancar.

Ibu dan anak-anak dapat memanfaatkan komunikasi via video call atau video live streaming untuk saling memberi kabar atau sekedar memantau aktivitas anak di rumah. Bahkan, sang ibu juga bisa memperlihatkan kegiatan atau aktivitas yang sedang dilakukannya saat itu kepada putra-putri di rumah secara live. Bayangkan jika intenet berjalan lambat, terputus-putus, atau bahkan koneksi tiba-tiba hilang, bukan hanya hanya menghabiskan waktu menunggu buffering namun juga menghabiskan kuota untuk hal yang sia-sia. Untuk beberapa orang yang memiliki kuota data terbatas, kondisi ini tentu saja sangat menyebalkan dan bisa-bisa menganggu mood untuk beraktivitas lebih maksimal.

Tapi tunggu dulu...untuk menikmati teknologi canggih dari Smartfren 4G LTE Advanced, ada syarat khusus berupa dukungan USIM dan smartphone yang memang telah dirancang untuk mendukung penggunaan jaringan data 4G dan berada dalam lokasi yang telah tercover teknologi Smartfren 4G LTE Advanced. Dan untuk mengetahui daerah mana saja yang tercover jaringan Smartfren 4G LTE Advanced, bisa dilihat melalui situs yang telah tersedia dan dapat diakses di http://www.smartfren.com/4g/web/coverage. Dengan mengetahui daerah mana saja yang telah tercover jaringan Smartfren 4G LTE Advanced, maka aktivitas bisnis dan komunikasi keluarga dapat berjalan lancar dan maksimal. Yah...untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup di era digital dan serab cepat ini memang dibutuhkan jaringan internet cepat yang benar-benar nyata dan bukan hanya sekedar ucapan atau janji-janji belaka.

Pendek kata, dengan Smartfren 4G LTE Advanced, pelaku bisnis online akan selalu terkoneksi di jaringan yang luas, cepat, dan stabil, kapanpun dan dimanapun sehingga bisa meraih berbagai kesempatan yang sungguh luar biasa tanpa batas. #GoForIt

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Smartfren 4G LTE Advanced 
bersama PT. Smartfren Telecom, Tbk dan Blogdetik.

Referensi tulisan :
http://www.smartfren.com/4g/
https://rajabulgufron.wordpress.com/2012/12/14/manfaat-internet-dalam-dunia-usaha/ 

2 komentar:

  1. Memang teknologi 4G ini benar-benar membantu, semoga saja harga paket internet yang disediakan lebih murah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mas, keberadaan internet cepat juga dibarengi dengan harga paket yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Terima kasih.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...