Jumat, 10 Juli 2015

Serempak, Portal Interaktif Untuk Memberdayakan Perempuan Indonesia

Perangkat teknologi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan perempuan Indonesia masa kini. Ada beragam aktivitas yang kerap dilakukan perempuan Indonesia menggunakan perangkat teknologinya, seperti mengakses berita, bermain game, mencari resep masakan, berbagi ilmu parenting, atau hanya sekedar aktif dalam media sosial. Namun, terkadang kita lupa bahwa tidak semua berita yang diakses melalui internet dan perangkat teknologi tersebut mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan kaum perempuan. Memanfaatkan teknologi memang penting dan sangat berguna, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana menemukan akses informasi yang benar dan mampu memberikan nilai positif bagi kehidupan perempuan Indonesia.

Bertolak dari hal tersebut, maka pada tanggal 29 Juni 2015 yang baru lalu, diselenggarakan acara sosialisasi portal serempak, sebagai media informasi dan komunikasi yang bertujuan untuk memberdayakan kaum perempuan Indonesia agar lebih mahir menggunakan teknologi dan mencari serta menelusuri sumber informasi yang benar. Acara yang bertempat di salah satu ruang di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dihadiri oleh berbagai unsur dan elemen masyarakat yang diharapkan setelah acara ini berakhir mampu berperan sebagai penyambung informasi kepada masyarakat, terutama kaum perempuan.

Portal serempak yang dapat diakses melalui alamat www.serempak.or.id, memiliki visi, yaitu "Membangun dan mengoperasikan Portal Teknologi Informasi (TI) untuk perempuan (sarana interaktif) dengan fasilitas : informasi dan berita tentang kegiatan terkait, artikel tentang TIK dan topik lain terkait perempuan, materi ajar yang dapat diakses secara online, dan forum sebagai sarana diskusi yang dimoderatori oleh pakar pada topik masing-masing melalui sosial media". Sedangkan misi portal serempak adalah "Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan TIK untuk perempuan sehingga dapat lebih produktif dalam semua sisi kehidupan sehari-hari".

Portal serempak untuk perempuan dan anak
www.serempak.or.id
Masyarakat, terutama kaum perempuan memang harus memahami teknologi dan penggunaan teknologi secara benar agar berdaya guna bagi kehidupannya. Untuk alasan inilah maka dalam kesempatan sosialisasi ini dihadirkan dua narasumber yang kompeten dalam bidangnya masing-masing, yaitu Robert AB, seorang Dosen di Binus Business School yang juga seorang ahli dalam Digital Marketing, dan Ani Berta, Aktivis Blogger Perempuan dan juga duduk dalam struktur kepengurusan organisasi Serempak sebagai Koordinator Penanggung Jawab Kemitraan dan Promosi.

Pada materi pertama banyak sekali di ulas tentang bagaimana fenomena digital kini mulai merambah di segala bidang termasuk dalam dunia marketing. Kehadiran Digital Marketing telah mengubah wajah dunia marketing di Indonesia menjadi lebih cepat, mudah, murah, tepat sasaran, dan mampu menjangkau hingga ke berbagai belahan dunia. Dalam kesempatan ini juga dibahas bagaimana memanfaatkan digital marketing agar lebih maksimal dan mampu memberi nilai tambah lebih ekonomis bagi setiap usaha atau bisnis kita. Termasuk bagaimana membangun brand agar lebih expert dalam persaingan pasar global.

Dalam sesi ini juga, Robert AB menganjurkan agar setiap rencana bisnis selalu disertai dengan riset mendalam melalui Digital Marketing, hanya yang perlu diingat data riset yang digunakan maksimal data yang diambil dalam 5 tahun terakhir agar lebih up to date. Dalam membuat rencana bisnis, usahakan untuk melakukan 3 hal ini :
  1. Berusaha untuk mengexplore semua hal tentang kompetitor atau calon kompetitor bisnis kita.
  2. Carilah produk kompetitor yang paling terkenal, pelajari mengapa produk tersebut sangat di respon oleh pasar.
  3. Gali ide kreatif yang tidak dimiliki brand lain, boleh berdasarkan inspirasi dari brand-brand yang sudah mapan tapi ingat jangan copy paste.
Sosialisasi portal serempak.or.id
Materi bersama Robert AB Tentang Digital Marketing (Dok.Pribadi)
Dan satu hal yang juga tidak kalah penting agar Digital Marketing lebih maksimal adalah segera promosikan bisnis Anda, tapi ingat! Promosikan bisnis Anda dengan cara-cara yang baik dan berkualitas. Jangan pernah terpikirkan untuk melakukan promosi hitam atau menjatuhkan pihak kompetitor.

Setelah menyerap ilmu dari salah satu ahli Digital Marketing, sesi selanjutnya diisi dengan materi bagaimana membangun networking serta menjadi seorang penulis konten yang berkualitas, dari Mbak Ani Berta. Dunia Blogging memang tidak pernah terlepas dari urusan menulis konten, bahkan dalam perkembangannya banyak blogger yang mengembangkan kemahiran menulis kontennya untuk mengisi blog atau portal online lain untuk kemudian mendapat imbalan. Lebih lanjut, Mbak Ani Berta mengungkapkan bahwa meskipun dunia blogger kini telah berkembang menjadi salah satu profesi yang menjanjikan seiring semakin banyaknya brand yang menggunakan jasa blogger, baik untuk mempromosikan produknya maupun mengisi konten di websitenya, tetap harus ada rambu-rambu yang dijadikan pedoman, antara lain :
  • Membuat artikel dengan durasi minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata.
  • Jika tulisan bersifat reportase, maka harus merujuk pada etika baku jurnalistik, yaitu 5W (Who, What, Where, Why, When) dan 1 H (How), dan sebisa mungkin tidak memasukkan unsur opini dalam tulisan yang bersifat reportase.
  • Sebisa mungkin mengatur jadwal untuk mengisi konten sesuai dengan kesepakatan kerjasama, dan patuhi jadwal yang telah dibuat.
  • Jangan lupa memasukkan Keyword atau kata kunci dalam setiap tulisan.
  • Lampirkan foto High Resolution.
  • Jangan lupa setelah posting tulisan untuk selalu menshare di sosial media.
  • Biasakan untuk melakukan self editing.
Sosialisasi Portal serempak.or.id
Materi kiat menulis konten dari Mbak Ani Berta (Dok.Pribadi)
Serempak pun melalui kesempatan ini mempersilahkan bagi siapa saja untuk bergabung menjadi salah satu penulis konten di portalnya, dengan tujuan untuk berbagi ilmu, inspirasi, dan informasi bagi pihak-pihak yang terkait dengan isu perempuan dan anak.  Itulah yang menjadi salah satu alasan diluncurkannya portal serempak.or.id, yaitu sebagai wadah yang menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah dan komunitas terkait. Pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia hanya memfasilitasi lahirnya portal serempak, dan menjadi tugas seluruh elemen masyarakat untuk menjaga konsistensi dan keberlangsungan serempak.or.id untuk masa yang akan datang.

Jika Anda tertarik untuk mengisi konten di portal serempak, maka Anda tinggal meng-klik fitur "Kirim artikel" yang tersedia di portal serempak.or.id. Adapun tulisan-tulisan yang dapat dikirimkan memuat tentang :
  • Isu seputar perempuan dan anak.
  • Berbagai permasalahan anak.
  • Kekerasan dalam rumah tangga.
  • Cerita dan informasi dari perempuan inspiratif.
  • Resep masakan, kecantikan, dan seputar kesehatan wanita serta anak.
Sosialisasi Portal serempak.or.id
Manfaatkan fitur kirim artikel untuk mengirimkan tulisan inspiratif via serempak.or.id
Dan masih banyak lagi, tema tulisan yang dapat dikirimkan ke portal serempak. Artikel-artikel ini dapat diakses melalui kanal Artikel dalam portal serempak yang terbagi dalam 6 tema besar, yaitu kesehatan dan kecantikan, hukum dan kebijakan, IPTEK, wisata serta budaya dan kuliner, ibu dan anak, serta karir dan pengembangan usaha, cukup lengkap kan
Ayo segera akses portal serempak.or.id untuk pemberdayan perempuan dan perlindungan anak Indonesia yang lebih baik.

Referensi tulisan :
http://serempak.or.id/

4 komentar:

  1. Jadi pengen bikin website kaya gitu juga .... wkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke juga Mbak, ikut gabung ya....hehehe.

      Hapus
  2. Terima kasih sudah hadir ya Mba Elisa, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak, terima kasih juga atas kesempatannya dan terima kasih sudah mampir.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...