Kamis, 25 Juni 2015

Tips Berburu Tempat Usaha Lewat Internet

Bisnis properti dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, dan nyaris selalu stabil di tengah investasi lain yang kerap mengalami fluktuasi yang cukup signifikan. Meskipun mengalami masa-masa yang kurang mengembirakan akhir-akhir ini di tengah kelesuan ekonomi serta nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang terus merosot, namun beberapa sektor properti tetap mengalami penjualan yang cukup mengembirakan, seperti sektor jual beli properti untuk tempat usaha.


Jual beli properti online
Gambar : http://www.deminimalist.com/

Jual beli properti untuk tempat usaha merupakan ladang bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk lokasi-lokasi yang dekat dengan kawasan strategis, seperti perkantoran, perumahan, rumah sakit, dan kawasan bisnis lainnya. Bahkan lewat pencarian di internet, banyak situs jual beli online juga menawarkan jual ruko dengan harga yang kompetitif, atau jika beruntung Anda akan mendapatkan harga jual untuk tempat usaha yang lebih rendah. Namun, sebelum berburu ruko atau tempat usaha, ada baiknya Anda menyimak tips berikut sebagai referensi pencarian Anda akan tempat usaha.
  1. Pilih ruko atau tempat usaha di kawasan yang ramai dan strategis. Jika Anda ingin berjualan atau membuka usaha sendiri maka peluang untuk dikunjungi calon konsumen akan besar. Sebaliknya, jika Anda tidak ingin menempatinya sendiri, namun ingin menyewakan bahkan ingin menjualnya kembali dengan keuntungan yang berlipat, tentu akan dilirik calon konsumen lebih cepat. Memang harga beli untuk ruko atau tempat usaha seperti ini lebih mahal, namun jika ingin menyewakan atau menjualnya tentu lebih mudah.
  2. Sebelum menandatangani kontrak jual beli, pastikan legalitas dokumen properti tersebut, jika perlu cek terlebih dahulu keaslian dokumen tersebut pada instansi terkait.
  3. Perhatikan soal keamanan, kebersihan, dan kondisi lahan parkir ruko tersebut, termasuk akses kendaraan umum serta fasilitas lainnya, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Pastikan hal-hal tersebut dimasukkan dalam pasal perjanjian kesepakatan jual beli antara Anda dengan pemilik properti tersebut.
  4. Perhatikan juga apakah ruko atau tempat usaha tersebut berada di lokasi yang aman dari bencana banjir, karena kondisi ini akan menyulitkan Anda untuk membuka usaha atau menjual kembali ruko tersebut.
  5. Sebelum membeli atau menyewa, lakukan perbandingan harga antara bangunan yang satu dengan bangunan yang lain yang berada di kawasan yang sama, terutama dalam fasilitas, kualitas, dan aksesbilitasnya, agar tidak timbul penyesalan di kemudian hari. Untuk cara termudah melakukan perbandingann harga properti adalah melalui situs jual beli properti secara online yang di akses melalui internet.
Selain ruko, bisnis properti lain yang juga sedang bersinar adalah bisnis kos-kosan, terutama yang berlokasi di kota-kota besar dan kawasan strategis, seperti di Jakarta. Bisnis Kost  Jakarta merupakan peluang bisnis sekaligus berinvestasi jangka panjang yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang pasar yang selalu ada. Selain pelajar dan mahasiswa, pekerja kantoran pun banyak yang memanfaatkan jasa ini apalagi jika lokasi kerjanya jauh dari tempat tinggalnya. Namun, untuk memilih jenis usaha ini tetap harus ada rambu-rambu yang harus disepakati antara Anda sebagai pemilik kos dengan penyewa, karena Anda tentu saja tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang akan mencoreng bisnis kos yang Anda kelola. 

(Dirangkum dari berbagai sumber).


1 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...