Minggu, 19 April 2015

Cepat dan Aman, Pesan Taksi lewat Aplikasi Taxi Mobile Reservation

Transportasi menggunakan taksi bukan lagi hal baru dan sudah ada sejak belasan bahkan puluhan tahun yang lalu. Dari dulu hingga sekarang image yang melekat jika menggunakan transportasi jenis ini adalah lebih aman, personal, dan nyaman. Dari segi keamanan rasanya tidak ada yang memungkiri bahwa naik taksi cenderung lebih aman jika di banding transportasi umum lainnya, terutama untuk kaum perempuan yang sedang bepergian sendiri.

Pesan Taksi lewat Aplikasi Taxi Mobile Reservation
Gambar : http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/
Kata taksi, mengingatkan saya pada pengalaman bertahun-tahun yang lalu, ketika saya dan adik saya nekat berjalan-jalan di sebuah mal besar di daerah Mangga Dua, padahal lokasi tempat tinggal saya jauh dari daerah tersebut. Akhirnya ketika akan pulang kebingungan karena sudah pasti tidak tahu jalan, bahkan kami tidak tahu rute kendaraan umum. Mau bertanya, takut karena sudah pada tahu kan bagaimana image ibukota Jakarta. Solusi yang paling aman dan hanya itu yang kami pikirkan adalah naik taksi. Tapi bingung juga melihat taksi berderet di depan mal, bahkan agak sedikit ngeri melihat cara para pengemudi menawarkan taksinya. Akhirnya kami putuskan, lebih baik mencari taksi di pinggir jalan agak jauh dari deretan taksi tersebut. Untunglah, kakak membekali kami satu nama taksi yang aman, yaitu Blue Bird. Berbekal lambaian tangan, kami berhasil naik taksi tersebut dan tiba di rumah dengan selamat.

Pesan taksi lewat aplikasi Taxi Mobile Reservation
Gambar : Screenshoot Majalah Digital Mutiara Biru Blue Bird Grup
Tapi syukurlah karena era lambaian tangan kini telah berakhir. Seiring dengan kemajuan teknologi digital dan maraknya penggunaan telpon pintar alias smartphone, telah hadir beragam aplikasi pemesanan taksi secara mobile yang memudahkan calon penumpang memesan atau mencari taksi dari rumah atau di ruang-ruang publik. Taxi Mobile Reservation, merupakan solusi untuk meminimalisir kejahatan yang mungkin terjadi jika kita, terutama kaum perempuan mencari atau mencegat taksi di pinggir jalan. Kita sudah sering membaca, atau bahkan hampir setiap hari selalu ada kejadian yang tidak menyenangkan di jalan atau ketika sedang naik kendaraan umum.

Selain itu, lahirnya inovasi dalam sistem pelayanan transportasi taksi ini juga bertujuan meminimalisir resiko argo "nakal" yang kerap dilakukan pengemudi taksi dan tentunya sangat merugikan penumpang. Tindakan nakal oknum pengemudi ini tidak hanya merugikan penumpang, tapi juga bisa menurunkan kredibilitas perusahaan yang telah di bangun selama belasan bahkan puluhan tahun, di mata para calon penumpang yang berpotensi menjadi pelanggan tetap.

Salah satu aplikasi mobile pemesanan taksi yang pertama untuk brand lokal Indonesia adalah Blue Bird Taxi Mobile Reservation yang diluncurkan pertama kali pada 11 April 2011. Aplikasi ini merupakan solusi dan alternatif bagi para pelanggan yang sedang terburu-buru dan ingin mendapatkan taksi secara cepat tapi tetap aman. Selain itu, penggunaan aplikasi ini bisa menghemat penggunaan pulsa telepon. Sebagian besar masyarakat saat ini cenderung tidak lagi memikirkan pulsa telepon tapi lebih memikirkan kuota internet. Tidak punya pulsa telepon "tidak masalah", tapi tidak punya kuota internet "itu masalah banget".  

Alasan inilah yang membuat peluncuran aplikasi Taxi Mobile Reservation dari Blue Bird mendapat sambutan dan apresiasi yang sangat besar dari masyarakat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah pesanan taksi lewat aplikasi mobile tersebut. Lantas, bagaimana aplikasi mobile ini dapat membantu kita? Berikut ulasannya.

Sekilas Tentang Aplikasi Blue Bird Taxi Mobile Reservation

Setelah melewati tahapan demi tahapan dalam sistem reservasi taksi yang selalu memanfaatkan teknologi terkini sesuai masanya, mulai dari tahun 1972 melalui via telepon dengan radio calling (voice), hingga tahun 2011 dengan teknologi terbaru yaitu Blue Bird Taxi Mobile Reservation yang memanfaatkan teknologi digital dan jaringan internet dalam bentuk aplikasi mobile. Lewat aplikasi ini, calon penumpang bisa dengan mudah menemukan serta memesan taksi tanpa harus beranjak dari tempatnya menunggu. Bahkan, hanya dengan sentuhan jari di smartphone kesayangan, kita bisa langsung mendapatkan taksi yang dibutuhkan dan memonitor secara langsung gerakan taksi pesanan kita.

Taxi Mobile Reservation
Dengan tagline "It's so easy", aplikasi ini fokus pada memberi kemudahan untuk order taksi di manapun dan kapanpun, serta memberikan keuntungan kepada calon penumpang dalam bentuk :
  • Kepraktisan,
  • Layanan antar dari dan ke alamat yang di tuju,
  • Kemudahan dalam mencari atau melacak posisi taksi yang sudah dipesan,
  • Kemudahan memesan taksi,
  • Menelpon pengemudi,
  • Riwayat pemesanan
  • dan lain-lain.
Meskipun telah diluncurkan dalam jangka waktu yang cukup lama, Taxi Mobile Reservation selalu memperbaharui teknologinya agar sesuai dengan perkembangan zaman, hal ini dibuktikan dengan tersedianya layanan aplikasi ini dalam beberapa platform yang saat ini sedang populer. Selain memberi kemudahan untuk memesan taksi, aplikasi ini juga memberi kemudahan bagi pengguna smartphone dengan platform yang berbeda untuk dapat mengunduhnya secara gratis. Saat ini, aplikasi mobile ini dapat dinikmati di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, dan menyusul beberapa kota besar lainnya yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan.

Kenapa Harus Menggunakan Blue Bird Taxi Mobile Reservation?

Satu hal yang menjadi fokus utama dalam pemesanan taksi lewat aplikasi ini adalah keamanan dan kenyamanan penumpang, sehingga calon penumpang tidak perlu mencari taksi di tempat-tempat yang rawan, terutama di malam hari. Aplikasi ini juga memungkinkan penumpang mendapatkan taksi tanpa harus beranjak dari posisinya, dan manajemen Blue Bird sangat menganjurkan agar calon penumpang menunggu di tempat-tempat keramaian, seperti mal atau ruang publik lainnya demi alasan keamanan hingga taksi yang di pesan tiba di lokasi.

Semua pengemudi taksi telah melewati berbagai pelatihan untuk mahir menggunakan teknologi terkini dan juga telah dilengkapi data diri yang jelas disetiap armada yang dikemudikannya. Hasilnya? Anda akan mendapatkan perjalanan yang aman dan nyaman hingga ke tempat tujuan. Lebih lengkap mengenai kelebihan aplikasi Taxi Mobile Reservation ini akan di rangkum berikut ini:
  1. Pesan taksi cepat dan akurat dengan Sistem Tracking dan Dispatching GPS (Global positioning System). Pemesanan taksi secara konvensional melalui operator biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit, itu pun jika armada taksi berada dekat dengan posisi kita. Bahkan, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama lagi jika dalam jam-jam sibuk atau cuaca hujan. Aplikasi ini hadir memberikan solusi untuk mengurangi waktu yang terbuang akibat kondisi tersebut. Sistem Tracking dan Dispatching GPS yang diusung Taxi Mobile Reservation memungkinkan kita memantau secara real time armada taksi yang terdekat dan memilih armada taksi yang paling dekat dengan posisi kita saat ini. Teknologi ini memanfaatkan kombinasi teknologi Global System for Mobile Communication (GSM) dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek lalu menterjemahkannya dalam bentuk peta digital. 
    Taxi Mobile Reservation
  2. Aplikasi ini memungkinkan penumpang memilih sendiri armada taksi yang dekat dengan posisinya dan langsung mendapatkan nomor pintu taksi sehingga meminimalisir timbulnya kejadian salah naik taksi. Dan bagi pengemudi taksi, aplikasi ini bermanfaat memberikan data atau ciri-ciri calon penumpang lebih akurat sehingga langsung bisa mengenali ketika tiba di lokasi.
  3. Aplikasi ini memudahkan kita karena tidak perlu berulang kali menuliskan alamat atau melakukan pencarian alamat posisi kita, karena dengan mudah kita bisa menyimpan tempat atau lokasi yang sering kita datangi sehingga begitu diperlukan kita tinggal memilih alamat-alamat tersebut, seperti rumah, kantor, pusat perbelanjaan yang sering di datangi, dan lain-lain.
  4. Bertabur promo dan hadiah. Keuntungan lain yang tidak bisa dilewatkan bagi pengguna aplikasi ini adalah kesempatan untuk mendapatkan promo dan hadiah menarik. Kalau sudah begini untungnya sudah pasti berlipat-lipat, dapat kemudahan plus dapat bonus menarik.
Secara keseluruhan, aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi semua lapisan masyarakat, terutama yang tinggal dan berkegiatan di kota-kota besar yang terkenal dengan tingkat aktivitasnya yang tinggi. Juga bagi masyarakat yang mementingkan keamanan dan kenyamanan dalam memilih transportasi umum, khususnya wanita pekerja serta ibu rumah tangga yang ingin bepergian sendiri keluar rumah.

Aplikasi ini dapat di download secara gratis melalui :
Taxi Mobile Reservation

Blue Bird Taxi Mobile Reservation dengan tagline "It's so easy" hadir memberikan solusi bagi masyarakat yang tinggal di kota dan memiliki tingkat aktivitas yang tinggi untuk naik transportasi umum yang nyaman, aman, mudah, dan cepat.

Sumber referensi tulisan :
  1. Slide Materi Fun Blogging dari Blue Bird.
  2. http://www.bluebirdgroup.com/
  3. https://www.facebook.com/bluebirdgroup.official

3 komentar:

  1. bagus ini aplikasinya. Apalagi saya pengguna setia si burung biru ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, lebih mudah dan praktis.

      Hapus
  2. Wah jadi lebih mudah & aman ya kalau naik taxi :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...