Rabu, 18 Maret 2015

Reportase Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat

Dalam rangka memperingati ulang tahun yang pertama Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) menyelenggarakan acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional yang didukung oleh Provider terbesar di Indonesia, yaitu Indosat, pada minggu 15 Maret 2015 bertempat di aula pertemuan gedung Indosat.

Kopdar Akbar Guru Blogger Indosat
Dok : Pribadi
Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 350 orang yang berasal dari berbagai komunitas blogger, termasuk guru-guru yang aktif menggunakan blog sebagai media untuk menulis. Kopdar akbar ini juga diisi berbagai acara yang menarik seperti bincang guru blogger berprestasi, seminar pendidikan dan teknologi yang menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dalam bidang tersebut, yaitu Ono W. Purbo, seorang pakar IT dan mas Imam dari Metro TV.

Pada sesi pertama diselenggarakan bincang bersama guru blogger berprestasi, yaitu Bapak Dedi Dwitagama, seorang guru yang juga aktif menulis melalui dunia blog dan seorang trainer kependidikan yang handal serta telah melatih banyak guru untuk menghasilkan guru-guru Indonesia yang berkualitas. Dalam sesi perbincangan ini, Bapak Dedi mengungkapkan betapa pentingnya guru menulis baik melalui media blog maupun media lain, selain sebagai modal untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, ajang menulis melalui blog juga bisa menghasilkan banyak keuntungan baik materi maupun pergaulan yang lebih luas atau networking.  Bahkan, melalui blog, guru bisa mendapatkan jaringan pertemanan hingga ke mancanegara.

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat
Dok : Pribadi
Untuk sesi selanjutnya diisi dengan bincang ringan bersama Ibu Amiroh Adnan, pemenang guru era baru), yang hingga saat ini selain aktif mengajar juga aktif menulis melalui dunia blog.  Melalui Blog, selain menulis beragam hal, Ibu yang ramah ini juga berbagi ilmu yang dimilikinya untuk dibaca semua masyarakat, terutama rekan-rekan sejawat dan anak didiknya. Juga dihadirkan dalam sesi perbincangan selanjutnya adalah Bapak Muhammad Subakri, seorang guru blogger dari Dusun Lumajang, yang dengan keterbatasan teknologi, alat, dan jaringan internet berhasil mendokumentasikan potret kehidupan anak didiknya di dusun tersebut menjadi sebuah karya yang yang indah dan menginspirasi, bahwa keterbatasan bukanlah halangan untuk mencapai penghidupan yang lebih baik di masa depan.

Sesi selanjutnya adalah bincang bersama Mas Imam dari Metro TV dengan materi uniknya "SelfieJournalism", gaya atau style reportase baru yang memanfaatkan alat sederhana yang saat ini sedang booming di seluruh dunia, yaitu TONGSIS alias Tongkat Narsis. Ternyata hanya berbekal smartphone dan tongsis, kita bisa melakukan dan merekam reportase dari berbagai tempat tanpa harus repot membawa-bawa kamera. Selfie Journalism merupakan pengembangan dari Citizen Journalism yang berformat reportase, sederhana, dan cepat, meskipun demikian masih terdapat banyak kendala antara lain terkesan amatir dan masih kurang lazim bagi sebagian orang. Walaupun terkesan amatir, namun untuk melakukan Selfie Journalism tetap diperlukan skill dasar journalist, menulis berita, videografer, riset, etika jurnalistik, dan lain-lain.

Sesi ini sangat menarik dan sukses menghidupkan suasana kopdar menjadi lebih riuh. Dan sesi terakhir adalah bincang bersama seorang pakar IT dan mantan Dosen di ITB, yaitu Bapak Ono W. Purbo yang membawakan materi dengan sangat kocak dan memberikan inspirasi bahwa untuk sukses seseorang harus benar-benar menekuninya dan teknologi telah banyak memberikan kemudahan untuk mendaki anak tangga kesuksesan tersebut.

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional indosat
Dok : Pribadi
Dalam acara ini juga diperkenalkan Forum ICITY atau Indosat ICITY, yaitu sebuah forum yang berbasis solusi komunitas pertama di Indonesia, yang menawarkan solusi, bantuan, dan informasi seputar trik, tips, testimoni, dan pengalaman kontributor seputar masalah gadget, layanan Indosat, minat serta aktivitas komunitas. Selain solusi dan tips, forum ICITY juga banyak memberikan kesempatan bagi membernya untuk mengikuti berbagai acara yang menarik yang diselenggarakan di berbagai daerah, mulai dari nonton bareng, undangan gratis premier film, dan lain-lain.

Pada acara ini juga diselenggarakan Live Blogging yang diikuti hampir separuh dari peserta kopdar. Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional bersama Indosat sukses terselenggara, dan berakhir dengan sesi foto bersama panitia dan peserta kopdar. Semoga setelah acara ini berakhir akan semakin banyak guru yang aktif menulis di blog untuk saling berbagi ilmu, ide, gagasan, serta pengalaman untuk masa depan pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Reportase untuk BRID (Blogger Reporter Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...