Minggu, 15 Maret 2015

Menuju Era Baru KSGN Di Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat

Hari ini, 15 Maret 2015 bertempat di gedung utama Indosat jalan Medan Merdeka Barat diselenggarakan Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat. Acara berlangsung sangat meriah dan disesaki ratusan blogger nasional dari berbagai kalangan, baik dari guru, komunitas, relawan TIK, mahasiswa blogger, bahkan ada juga siswa SMK dari berbagai daerah.  Semuanya hadir dengan satu tujuan ingin berbagi dan saling menyerap inspirasi melalui pengalaman ngeblog.

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Bersama Indosat
Foto : Pribadi
Teknologi digital telah berkembang dengan pesat dan telah merambah ke berbagai bidang kehidupan dalam masyarakat, salah satu contoh adalah semakin maraknya perkembangan ecommerce sebagai life style belanja masyarakat urban yang melesat dengan pesat dalam dua tahun terakhir. Itu baru satu contoh penggunaan teknologi digital di masyarakat, dan masih banyak contoh lain yang menunjukkan betapa dunia digital tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang asing dan baru.
Bahkan teknologi digital telah merambah dunia pendidikan di Indonesia, yang gaungnya sudah mulai terdengar sejak setahun yang lalu melalui terbentuknya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN), sebuah group di jejaring sosial Facebook yang bertujuan memperkenalkan dan mengajak para guru di seluruh Indonesia untuk  aktif mempergunaan media digital untuk menuangkan buah pikirannya melalui dunia blogging.

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat
Foto : Pribadi
Mengapa guru harus ngeblog?  Blog merupakan salah satu media untuk menulis dan menuangkan gagasan, ide, serta pemikiran tentang apa saja, bahkan bisa di mulai dari hal-hal yang sangat sederhana dan sangat mudah ditemui disekitar kita. Melalui guru ngeblog, bukan hanya bisa menuangkan ide, gagasan, atau pengalaman selama mengajar, tetapi juga bisa menuangkan uneg-uneg melalui media yang tepat, terstruktur, dan sudah pasti akan di baca oleh semua orang karena blog merupakan media yang mudah diakses siapa saja dan kapan saja bahkan diseluruh dunia, dengan catatan sepanjang konten tersebut tidak menyinggung pihak lain secara langsung.

Selain itu, dari hasil penelitian, pengguna digital native di Indonesia sebanyak 21,2 juta pengguna dan separuh dari pengguna tersebut adalah anak-anak dan remaja mulai dari usia 3 sampai 19 tahun.  Bayangkan, di usia yang masih sangat dini, anak-anak telah akrab dan mengenal teknologi digital melalui beragam konten dan aplikasi baik di smartphone maupun perangkat digital lainnya. Padahal, tidak semua konten dan aplikasi tersebut layak untuk dilihat oleh anak-anak terutama remaja yang masih labil dan mudah terpengaruh.

Teknologi digital bagaikan dua sisi mata uang, yang jika tidak dimanfaatkan dengan benar justru akan melukai perkembangan anak-anak dan remaja sebagai aset bangsa di masa depan. Disinilah guru bisa tampil untuk mengarahkan anak-anak dan remaja tersebut masuk ke dalam dunia digital dengan cara yang benar, dengan catatan guru juga harus melek teknologi.  

Beragam nilai-nilai positif bisa didapatkan melalui aktivitas guru ngeblog yang kesemuanya membuka kesempatan yang lebih luas lagi menuju era baru, antara lain :
  • Membangun branding, pergaulan, dan networking dalam skala yang lebih luas hingga ke mancanegara.
  • Berbagi inspirasi, ide, gagasan, dan pemikiran melalui media yang tepat dan terbaca semua orang, bahkan bisa diakses hingga ke mancanegara.
  • Ngeblog bisa mendatangkan materi tambahan.
  • Bahkan bermula dari blog dan berakhir menjadi sebuah buku, dengan menerbitkan sebuah buku.
Dan masih banyak lagi hal-hal positif yang bisa diperoleh guru ngeblog, namun yang pasti ngeblog merupakan awal untuk masuk ke dimensi dunia digital lainnya.

Indosat, sebagai salah satu provider internet terbesar di Indonesia sangat mengapresiasi lahirnya guru-guru era baru yang melek teknologi digital, melalui terselenggaranya Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat. Di kesempatan ini juga, Indosat memperkenalkan Indosat ICITY atau Forum ICITY yaitu forum berbasis solusi komunitas pertama di Indonesia.

Indosat ICITY atau Forum Icity berfungsi sebagai Online Support Community yang didayai oleh komunitas pengguna Indosat, yang menawarkan solusi, bantuan, dan informasi (tips, trik, testimoni, pengalaman kontributor) seputar gadget, layanan indosat, minat serta aktivitas komunitas, yang telah dijelaskan secara panjang lebar oleh Community Manager Indosat.

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat
Foto : Pribadi
 Beragam inspirasi bisa diperoleh melalui acara kopdar ini, selain berbagi pengalaman ngeblog juga sebagai ajang saling mengenal antara berbagai komunitas, dan berbagi motivasi untuk menuju era baru Komunitas Sejuta Guru Ngeblog yang berulang tahun pertama di tahun ini. Acara ini juga menghadirkan guru blogger inspiratif yang telah merasakan manfaat dan nilai positif dengan menulis di media blog, diantaranya Dedi Dwitagama (Guru Blogger dan Trainer), Amiroh Adnan (pemenang guru era baru), Muhammad Subakri (Guru Blogger dari Dusun Lumajang), dan Ono W. Purbo (seorang pakar IT Indonesia).

Bincang bersama guru blogger inspiratif ini menunjukkan betapa pentingnya dunia pendidikan untuk mulai memasuki era pembelajar model baru dengan memanfaatkan konten-konten serta aplikasi digital melalui E-Learning yang salah satunya bisa diperoleh melalui dunia blog, demi menciptakan generasi muda yang berkualitas, berintegrasi, dan berdaya saing di masa depan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Live Blogging Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional Indosat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...