Rabu, 11 Februari 2015

Buah Lokal Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Indonesia, merupakan negara tropis yang sangat kaya akan flora dan fauna dengan ribuan macam species dan jenisnya. Bahkan, sebagian besar tumbuh-tumbuhan yang hidup di alam Indonesia memiliki banyak manfaat baik bagi manusia, terutama untuk kesehatan dengan kandungan zat gizi yang dimilikinya, diantaranya adalah buah-buahan dengan beragam jenis serta bentuknya yang lazim kita sebut sebagai buah lokal. Lantas apa sih sebenarnya buah lokal tersebut jika di tinjau dari pengertiannya. Buah lokal memiliki dua macam pengertian, yang pertama adalah buah yang varietas tanamannya asli Indonesia dan ditanam petani di Indonesia ; yang kedua adalah buah yang varietas tanamannya dari negara lain namun ditanam petani di Indonesia. Meskipun demikian, buah lokal itu tetaplah buah yang dihasilkan petani Indonesia terlepas dari mana asal varietasnya.

Buah Lokal dan manfaatnya bagi kesehatan
Gambar : http://www.dinkeskotasamarinda.com

Sebagai negara tropis yang memiliki musim yang lebih bersahabat, Indonesia memiliki plasma nuftah buah-buahan yang paling beragam. Bahkan, di hutan-hutan tropis yang ada di Sumatera, Kalimantan, dan Papua masih tersimpan cadangan plasma nuftah buah-buahan yang hingga saat ini masih belum dibudidayakan, yang lazim di sebut "buah liar". Buah-buahan yang belum dibudidayakan tersebut tampak eksotik dan langka bahkan kerap dinilai memiliki nilai mistis bagi masyarakat lokal daerah tersebut. 

Sesungguhnya hal ini menjadi prospek pengembangan yang sangat potensial, mengingat permintaan buah dengan cita rasa langka tersebut tentu akan terus meninggi seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan prinsip "back to nature". Selain itu, ada kecenderungan buah-buahan langka dan memiliki cita rasa yang unik serta bumbu nilai mistis biasanya akan diburu dan dibeli dengan harga yang mahal. Tapi tentu saja dengan catatan, perlu kerjasama serta sinergi yang berkelanjutan dari semua pihak termasuk pemerintah serta masyarakat yang mendiami daerah tersebut. Untuk mengembangkan buah lokal memang dibutuhkan peran serta yang besar dari masyarakat, salah satunya adalah dengan gerakan masyarakat cinta buah lokal.

Cinta buah lokal? Itu sudah pasti, karena sepanjang kenangan masa kecil saya dihabiskan dengan menikmati buah-buahan lokal tersebut. Bahkan, ada beberapa jenis buah yang memiliki kenangan sangat unik ketika menikmatinya, selain tentu saja karena rasanya yang enak, nikmat, dan segar, serta bisa dibeli dengan harga yang murah, bahkan beberapa buah lokal tumbuh dengan subur di halaman rumah masa kecil saya sehingga tidak perlu repot-repot membeli karena sudah tersedia dengan gratis seumur hidup jika terpelihara dengan baik. Saat itu, kondisi tempat tinggal masih memungkinkan untuk ditanami dengan beragam jenis pohon, termasuk pohon buah-buahan.

Bagi saya, menikmati buah lokal memiliki kenangan tersendiri yang biasanya berhubungan dengan masa kecil yang menyenangkan. Tapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi, ada 3 hal yang membuat saya semakin jatuh cinta dan mencintai buah lokal, yaitu :
  1. Buah lokal ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, karena memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Selain itu, kandungan gizi serta nutrisi yang dimiliki buah lokal sudah pasti sesuai dengan komposisi dan kebutuhan kesehatan tubuh kita yang hidup di daerah tropis. Buah lokal yang tumbuh subur di Indonesia tentu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sudah pasti sangat diperlukan oleh kita yang juga tinggal di negara tropis, Indonesia.
  2. Buah lokal bisa dinikmati atau dikonsumsi lebih fresh atau segar serta alami karena tidak memerlukan bahan-bahan pengawet, bahkan ada yang bisa di petik dan dikonsumsi langsung dari pohonnya, bisa dibayangkan betapa nikmat dan segarnya, apalagi jika dikonsumsi pada saat musim panas atau kemarau...nikmat. Selain segar, kandungan gizinya lebih terjaga karena tidak melalui berbagai proses yang bertujuan untuk mengawetkan buah tersebut.
  3. Buah lokal umumnya memiliki musim tumbuh tersendiri sehingga saling berkesinambungan dan tentu saja keanekaragaman ini membuat nilai gizi yang diperoleh lebih kaya dan lengkap, atau mungkin sesuai dengan cuaca pada saat itu sehingga kandungan gizinya secara optimal membantu kesehatan kita untuk melewati cuaca tersebut. Meskipun saat ini dimana ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan pesat sehingga banyak buah lokal yang bisa dinikmati sepanjang musim, namun tetap saja ada buah lokal yang unik dan hanya tumbuh di waktu-waktu atau bulan tertentu, dan tentunya tetap ditunggu karena pada musim itu buah melimpah dan harganya tentu lebih murah...hmmm, i love it.
Beberapa Manfaat Buah Lokal Untuk Kesehatan

Buah lokal selain bisa dikonsumsi lebih fresh atau segar, juga mempunyai nilai gizi dan kandungan nutrisi yang kaya, lengkap, dan berkesinambungan sepanjang musim di Indonesia. Namun, ada hal yang lebih penting, yaitu buah lokal ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa buah lokal kenangan masa kecil saya yang ternyata kaya manfaat bagi kesehatan.

1. Buah Sawo.
Sawo adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat. Rasa buah sawo cukup manis dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Sawo kaya akan karbohidrat karena 20% bagiannya terdiri dari gula, selain itu sawo juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kandungan potasium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, selain itu sawo juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.

Buah Sawo, buah lokal Indonesia
Gambar : http://www.bebeja.com/
Tapi ternyata selain memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita, buah sawo ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengobati beberapa penyakit, seperti menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, mengobati diare, mengobati radang mulut dan sariawan, mengobati pendarahan pada luka, mencegah virus dan bakteri dengan zat antioksidan yang dimilikinya, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah insomia, penghilang stress, dan beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita.

2. Buah Duku.
Umumnya buah duku berbuah setahun sekali, dan tumbuh subur ditempat yang mempunyai curah hujan tinggi. Kandungan yang terdapat dalam buah duku ini adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan dalam masyarakat berkembang semacam kepercayaan bahwa mengonsumsi buah bulat kecil dan berdaging kecil bening ini bisa memperlancar buang air kecil. Percaya atau tidak, saya sudah membuktikannya bahwa dengan mengonsumsi buah duku, keinginan untuk buang air kecil meningkat.

Buah duku, buah lokal Indonesia
Gambar : makinsehat.com
Selain itu, buah duku juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya menguatkan gigi, mencegah penyakit kanker dengan kandungan serat yang dimilikinya, mengatasi diare, membantu menurunkan panas tinggi, mengusir nyamuk dengan memanfaatkan kulitnya, dan manfaat lain sesuai dengan kandungan zat gizi didalamnya.

3. Buah Rambutan.
Buah ini sering disebut "si kecil yang kaya manfaat", dengan kandungan antioksidannya yang sangat besar. Buah berambut dengan kulit merah ini umumnya bisa dijumpai dengan mudah pada setiap musimnya dengan harga yang relatif terjangkau. Buah rambutan ini merupakan salah satu buah favorit saya, karena rasanya yang enak dan lezat. Dahulu, hampir di setiap halaman rumah ditumbuhi pohon rambutan, sehingga untuk menikmatinya tidak perlu repot membelinya. Tapi di masa sekarang rasanya tidak jauh berbeda, pada musim berbuah buah rambutan dengan mudah bisa ditemui di mana-mana dan sebagian besar dijual oleh pedagang buah di pinggir jalan.

buah rambutan, buah lokal Indonesia
Gambar : http://www.iberita.com/
Buah rambutan juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, diantaranya menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas, penurun berat badan yang efektif, penangkal anemia yang ampuh, pencegah kanker, menguatkan sistem imun tubuh, membantu memperlancar fungsi ginjal, mendongkrak energi bagi tubuh dengan kandungan karbohidrat dan protein yang dimilikinya, dan berbagai manfaat lain yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh kita.

4. Buah Manggis.
Buah manggis dikenal dengan nama ilmiah Garcinia Mangostana, merupakan pohon cemara tropis yang diyakini berasal dari Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Buah manggis sering dipuja sebagai ratu buah tropis karena manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Buah manggis memiliki tiga bagian utama yaitu kulit ungu, daging yang berwarna putih, dan biji yang ditemukan dalam daging. Manfaat buah manggis sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah, selain itu buah manggis dikenal sebagai gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta kecukupan gizi, seperti kandungan antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang tinggi.

Buah manggis, buah lokal Indonesia
Gambar : http://www.carabudidayaternak.com
Untuk kesehatan tubuh, buah manggis memiliki beberapa manfaat, diantaranya mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas, kandungan kalori yang rendah, kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mampu melancarkan peredaran darah, dan juga kandungan nutrisi yang sangat tinggi untuk mempercantik dan kesehatan kulit dan wajah.

5. Buah Sirsak.
Buah sirsak merupakan salah satu buah favorit saya, rasanya memang yang enak, segar, sedikit asam namun tetap nikmat, bahkan saya lebih suka mengonsumsi buah sirsak yang masih agak mengkal karena dagingnya masih agak keras meskipun tentunya rasa asam lebih terasa. Buah sirsak banyak mengandung senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu karbohidrat, kalium, vitamin C, kalsium, air, serat, fosfor, dan lemak.

Buah sirsak, Buah Lokal Indonesia
Gambar : http://khasiatdaunsirsak.com/
Selain cita rasanya yang nikmat, segar, dan lezat, buah sirsak memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, yaitu untuk menurunkan kolesterol, membantu mengobati hipertensi, menangkal penyakit asam urat, dan manfaat lain yang berfungsi mempertahankan imunitas tubuh kita.

Selain buah-buahan lokal yang telah disebutkan di atas, masih banyak buah lokal yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita yang bisa di konsumsi dan di nikmati dengan fresh setiap hari tanpa harus melalui proses pengawetan yang luar biasa rumitnya. Proses ini secara langsung tentu mengurangi atau mungkin menghilangkan beberapa zat kandungan gizinya.

Salah satu perusahaan yang peduli terhadap keberlangsungan keberadaan dan komsumsi buah lokal di Indonesia adalah PT. Sewu Segar Nusantara dengan salah satu produk andalannya berlabel Sunpride, dengan membudidayakan buah-buahan tropis yang sejak masa dahulu rutin dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, seperti nanas, pisang, jambu, semangka, jeruk, dan melon.

Dengan tagline "Fresh Everyday", Sunpride berusaha untuk menghadirkan buah-buahan, terutama buah lokal dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang bisa dikonsumsi lebih fresh dan segar. Mengapa? Karena manfaat buah tersebut akan lebih besar jika dikonsumsi langsung dalam kondisi segar. Bermacam-macam jenis buah-buahan lokal telah sukses dibudidayakan oleh Sunpride dalam bentuk varietas-varietas unggulan yang tentu saja tidak mengurangi kandungan nutrisi dan zat gizinya, diantaranya adalah buah jambu batu (Psidium Guajava).

Jambu batu, atau lazim juga disebut jambu biji, jambu siki, dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari brazil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu yang juga memiliki nama populer yaitu Guava Crystal, diketahui memiliki konsentrasi tinggi yang disebut senyawa lycopene atau zat antioksidan yang mampu melawan kanker prostat. Selain itu, kandungan nutrisi dan zat gizinya baik juga untuk penderita diabetes karena terbukti mampu mengurangi penyerapan gula dalam darah.

Buah Guava Crystal dari Sunpride
Gambar : http://www.sunpride.co.id/
Berikut keunggulan Guava Crystal lainnya bagi kesehatan tubuh, antara lain :
  • Memiliki kandungan yang kaya serat dan mudah dicerna dalam perut, sehingga sangat membantu mengurangi sembelit dan mampu membantu menurunkan kemungkinan perkembangan diabetes tipe dua.
  • Mampu meningkatkan sirkulasi yang dapat memacu fungsi otak.
  • Membantu mengurangi tekanan darah.
  • Kaya akan vitamin C.
  • Mampu menurunkan resiko penyakit kanker.

Courtesy : Sunpride ID, Youtube

Pendek kata, buah jambu biji atau Guava Crystal ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, seperti halnya buah lokal lainnya yang sebagian telah menjadi produk andalan Sunpride, karena Sunpride berkomitmen menyediakan buah-buahan segar berkualitas dimana 80% produk buahnya adalah buah lokal.

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Sunpride : Fruit For Love Blogging Competition" 2015.

Sumber referensi tulisan :
  1. http://www.sunpride.co.id/
  2. http://disehat.com/manfaat-buah-sirsak-untuk-asam-urat-kolesterol-hipertensi/
  3. http://www.wesehat.com/2014/10/9-manfaat-buah-sawo-untuk-kesehatan.html
  4. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/376-buah-lokal-indonesia-manfaat.html

16 komentar:

  1. Mantap memang buah lokal ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...bener banget mbak, juga berkhasiat untuk kesehatan dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh kita yang tinggal di daerah tropis.

      Hapus
  2. aku paling suka sama manggis dan jambu biji, seger ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, seger pastinya lebih sehat.

      Hapus
  3. tapi sayangnya, buah lokal hanya murah dan terjangkau kalo sedang musim panen saja, selebihnya mahal... salam dari vitamin untuk ibu hamil

    BalasHapus
  4. Kabarnya sirsak bisa untuk kanker... betul apa betul bu???

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas semua informasi yang telah disajikan. Semoga bermanfaat. Semangat terus buat ngeshare informasi-informasi lainnya.

    BalasHapus
  6. tentang topik ini untuk waktu yang lama dan artikel Anda adalah yang terbaik yang saya temukan sejauh ini. terima kasih. sukses selalu.

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak atas informasi dan berita yang telah disajikan ini. semoga banyak manfaatnya. Salam sehat semoga sukses selalu. aamiin :)

    BalasHapus
  8. Teruslah semangat dalam menggapan impian dan cita-cita. semoga kita semua bisa membahagiakan orang tua. aamiin

    BalasHapus
  9. Buah Durian gak masuk? padahal sukanya durian :D

    BalasHapus
  10. ternyata sawo juga banyak manfaat nya , artikel yang sanga bermanfaat , salam dari saya http://www.omrezot.xyz

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas informasinya bu, salam kenal.

    BalasHapus
  12. Nice article. Think so new form of features have included in your article. Waiting for your next article.
    kunci kesehatan alami

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...