Senin, 26 Januari 2015

Mengenal Lebih Dekat Windows Live Family Safety Dan Parental Control

Microsoft melalui perangkat lunak gratisnya, yaitu Windows Live Essentials 2012 juga menyertakan aplikasi yang dikhususkan untuk mengontrol penggunaan komputer terutama internet pada keluarga, terutama anak-anak dengan aplikasi yang bernama "Windows Live Family Safety". Sudah bukan rahasia lagi bahwa penggunaan komputer di kalangan anak-anak bukanlah hal yang dianggap aneh, bahkan anak-anak yang masih tergolong balita pun tak jarang sudah mahir menekan tuts-tuts keyboard pada komputer. Bahkan ada sebuah kasus di mana seorang anak yang masih belum bisa membaca, tapi sudah mahir menggunakan perangkat teknologi termasuk komputer 


Penggunaan aplikasi ini sangatlah penting sebagai salah satu upaya untuk membentengi anggota keluarga terutama anak-anak dari bahaya situs-situs atau konten yang tidak sesuai dengan usianya. Selain konten yang sarat dengan pornografi, anak-anak juga harus dilindungi dari bahaya dampak kekerasan yang kerap ditawarkan aplikasi seperti game dan sebagainya baik secara online maupun yang bisa diunduh di komputer yang bisa diakses kapan saja oleh anak. Belum lagi jika dirumah memiliki koneksi wifi, sehingga anak-anak atau anggota keluarga yang lain bisa terkoneksi internet setiap waktu membuat kemungkinan untuk mengakses konten-konten yang negatif semakin besar.

Lantas bagaimana solusinya? Salah satu solusi adalah dengan mengaktifkan aplikasi Windows Live Family Safety dari Windows Essentials yang memang memiliki fitur parental control. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis dalam satu bundel perangkat lunak Windows Essentials 2012. Apabila Anda sudah mengunduh atau mendownload Windows Essentials, maka Anda tinggal memberi tanda check pada aplikasi ini agar terdownload bersama aplikasi Windows Live lainnya, seperti Windows Live Writer, Windows Live Mail, dan lain-lain.

Setelah Anda unduh dan tersimpan di komputer maka Anda tinggal mengklik menu Windows Live Family Safety seperti gambar berikut :

Windows live family safety
Gambar : Pribadi

Untuk dapat menggunakan atau mengaplikasikannya, pengguna (dalam hal ini orangtua) harus memiliki akun email hotmail atau outlook dari Microsoft. Setelah memiliki akun ini, user baru bisa menggunakan fitur-fiturnya, termasuk memanage akun yang khusus dibuat untuk user lain (dalam hal ini anak-anak).

Salah satu faktor yang menyebabkan aplikasi ini dinilai cukup baik adalah bahwa selain bisa mengontrol aktivitas online anak, juga bisa mengontrol aktivitas offline anak dalam bentuk laporang apa saja termasuk waktu anak-anak ketika mengakses atau menggunakan komputer. Rasanya aplikasi  gratisan dari Windows Essentials ini sangat membantu orangtua untuk mengontrol penggunakaan komputer pada anak-anak. Namun, di era semakin majunya teknologi perangkat komputer dengan mulai meluasnya pemakaian komputer genggam seperti tablet dengan berbagai ukuran dan netbook dengan ukuran yang lebih kecil dan compact, tentunya harus dibarengi dengan pengamanan yang maksimal dari orangtua atau orang-orang yang lebih dewasa.

Namun, bagaimanapun ketatnya pengawasan orangtua, pasti akan ada celah kosong yang bisa dimanfaatkan anak, terutama dengan semakin canggihnya dan mudahnya akses informasi membuat seorang anak yang memiliki kemampuan berpikir lebih akan selalu mencari cara untuk berkelit. Karena itu, menurut saya yang paling penting adalah menanamkan sedini mungkin pada anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilihat, lengkap dengan penjelasan yang bisa diterima anak, bisa dalam bentuk konsekuensi hukuman jika anak melanggar. Dengan begitu, anak-anak lambat laun akan belajar untuk bisa mengendalikan keinginannya yang berlebihan.

Selain itu, solusi lain adalah orangtua harus juga memiliki keinginan kuat untuk belajar teknologi, terutama yang akhir-akhir ini menjadi booming di masyarakat. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi termasuk perangkat teknologi, maka orangtua akan lebih mampu mengendalikan penggunaan perangkat teknologi pada anak, bahkan orangtua dan anak-anak yang lebih besar bisa saling sharing tentang manfaat positif dan negatif perangkat teknologi tersebut bagi kehidupan mereka. Dengan kata lain, fitur Parental Control yang lebih utama adalah membangun komunikasi dua arah antara orangtua dan anak-anak atau anggota keluarga lainnya.

Tangerang, Januari 2015

Special Thanks To Referensi Tulisan :
http://mugi.or.id/blogs/kisman/archive/2010/11/04/windows-live-family-safety-amp-parental-control.aspx





1 komentar:

  1. di rumah saya juga memakai proteksi untuk PCnya, Mak :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...