Jumat, 23 Januari 2015

Mengenal Lebih Dekat Perangkat Lunak Gratis Windows Live Essentials

Kali ini saya akan menuliskan tentang paket perangkat lunak gratis yang khusus ditujuan untuk pengguna Windows, namanya Windows Live Essentials. Terus apa saja sih manfaat si Essentials ini? Secara umum Windows Live Essentials menawarkan fitur-fitur untuk memudahkan beberapa aktivitas harian yang sering kita lakukan, seperti mail dan menulis di blog, biasanya kedua kegiatan ini dapat dilakukan jika PC/Laptop kita terkoneksi dengan internet, namun berkat perangkat lunak gratisan ini kita bisa melakukan kedua aktivitas tersebut secara offline atau tanpa koneksi internet.

Windows Essentials
Gambar : http://windows.microsoft.com/
Meskipun Windows Live Essentials diintegrasikan dengan Windows, namun tidak dibundel dalam satu paket Windows melainkan harus di download terlebih dahulu, tapiiii....jangan kuatir karena perangkat lunak ini gratis.


Pada saat saya mendownload perangkat ini, telah hadir versi terbaru, yaitu Windows Essentials 2012 yang dintegrasikan dengan Windows 7. Dalam perangkat lunak ini telah termasuk paket :
  1. Windows Live Writer, adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membantu membuat dan menulis postingan atau artikel di blog yang dimiliki secara offline atau tanpa terkoneksi internet dan mempublishnya pada saat online atau terkoneksi jaringan internet. Tentang bagaimana langkah-langkah instalasi hingga siap digunakan akan dibuatkan postingan terpisah.
    Windows Live Writer
    Gambar : Pribadi
  2. Windows Live Mail, adalah aplikasi mail client dan hampir mirip dengan microsoft outlook namun dengan tampilan yang lebih sederhana. Aplikasi ini juga dapat bekerja secara offline atau tanpa terkoneksi internet, dan siap dipublish atau dikirim apabila telah online.
    Windows Live Mail
    Gambar : Pribadi
  3. Windows Live Famili Safety, adalah layanan web filtering untuk menyaring konten-konten, alamat website, gambar-gambar, dan lain sebagainya yang dinilai tidak pantas untuk dilihat atau diakses anggota keluarga, terutama anak-anak. Apabila kita sering berbagi pakai komputer dengan anggota keluarga lain, terutama anak-anak, layanan ini tentu saja sangat berguna, apalagi kita tidak perlu mendownloadnya secara terpisah karena telah terbundel dalam satu aplikasi.
  4. Windows Live Messenger, adalah aplikasi pengirim pesan instant milik Microsoft yang dahulu bernama MSN Messenger. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berkirim file, video chat, bahkan dapat terkoneksi dengan Facebook Chat.
  5. Windows Live Movie Maker, adalah aplikasi yang dapat membantu olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak atau film, yang berfungsi untuk menambah animasi, efek visual, atau membuat semacam pengantar atau redaksi singkat terhadap film yang sedang disunting.
  6. Windows Live Photo Gallery, adalah program sederhana yang dapat mengatur atau menata koleksi photo yang terdapat atau tersimpan dalam komputer, juga dilengkapi dengan fitur aplikasi penyuntingan photo sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menyunting photo yang tersimpan secara sederhana tanpa harus menggunakan aplikasi lain.
Pada saat mendownload perangkat lunak ini, kita diberikan pilihan untuk mendownload semua aplikasi yang terbundel didalamnya, atau hanya mendownload beberapa aplikasi yang dibutuhkan saja. Seperti saya yang hanya mendownload Windows Live Writer yang sangat bermanfaat menunjang kegiatan posting artikel di blog saya, dan Windows Live Mail yang memudahkan saya membuat email secara offline serta mempublishnya setelah terkoneksi internet.

Dengan perangkat ini setidaknya saya cukup terbantu, karena sudah rahasia umum kalau kuota internet sangat-sangat berlimpah justru pada dini hari menjelang subuh, jadi aktivitas menulis artikel tetap bisa dilakukan sepanjang waktu dan pada saat kuota internet muncul, kita siap mempublishnya tanpa harus menganggu aktivitas online lainnya seperti browsing atau sekedar bersosial media. Oh ya satu lagi, perangkat ini sangat membantu bagi para deadliners yang kadang suka kehabisan kuota siang seperti saya...hehehe, setidanya bisa memcicil artikel tanpa harus menunggu kuota internet yang tersisa di tengah malam.

Sekian informasi dari saya, jika ada yang kurang atau belum update saya mohon maaf, karena selain untuk komsumsi umum, artikel yang saya buat ini juga sebagai catatan pribadi saya agar tidak lupa atau tercecer sehingga sulit untuk menemukannya kembali.

Tangerang, Januari 2015.

Special Thanks untuk referensi :

2 komentar:

  1. thanks infonya mbak. Worth to try ni,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, membantu banget aplikasi ini dan gratis pula hehehe. Makasih udah mampir.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...