Sabtu, 24 Januari 2015

Cara Mudah Login Ke Windows Live Writer Untuk Blogspot

Pada postingan sebelumnya, saya telah menuliskan bahwa Windows Live Writer adalah aplikasi yang merupakan bagian dari perangkat lunak gratis persembahan Microsoft untuk para pengguna Windows, yaitu Windows Live Essentials yang saat ini telah keluar seri terbaru 2012.

Windows Writer awal
Gambar : Pribadi
Mungkin sebagian telah mengenal dengan baik bahkan telah menggunakannya sejak lama, tapi mungkin saja ada beberapa yang sama sekali belum mengenal apa itu Windows Live Writer. Beberapa tahun yang lalu, saya pun telah mengenal dan menggunakan Windows Live Writer yang merupakan bagian dari perangkat lunak Windows Live Installer, namun terhapus karena laptop mengalami sedikit masalah dan harus diinstall ulang. Akhirnya setelah saya mengalami sedikit masalah, terutama masalah kuota internet yang semuanya nyaris berlimpah pada waktu tengah malam hingga menjelang pagi hari, yang membuat ruang gerak untuk posting dan publish artikel di blog nyaris terbatas karena umumnya kuota internet siang hari sangat sedikit Wajah menangis. Sedangkan sebagian besar aktivitas posting atau menulis artikel di blog dilakukan secara online atau saat terkoneksi internet.

Windows Live Writer
Gambar : Pribadi

Kembali ke Windows Live Writer, adalah aplikasi atau perangkat lunak yang memungkinkan kita menulis atau posting artikel di blog tanpa harus terkoneksi internet atau dalam keadaan offline, dan setelah online atau terkoneksi internet kita bisa mempublishnya baik sebagai artikel yang siap dibagikan di blog maupun berupa draft terlebih dahulu.

Setelah menginstall Windows Live Essentials dimana Windows Live Writer telah terbundel didalamnya maka akan muncul menu serta langkah-langkah hingga proses instalasi Windows Live Writer selesai dan siap digunakan. Oh ya…Windows Live Writer telah terintegrasi dengan Wordpress, sedangkan untuk blogspot harus mengisi menu secara manual.

Hambatan Ketika Menyelesaikan Proses Instalasi Windows Live Writer Untuk Pengguna Blogspot

Setelah proses instalasi awal selesai, saya mengalami kendala ketika akan memasukan alamat blog yang akan diakses Windows Live Writer, nama pengguna, dan password yang biasa saya pergunakan untuk masuk ke blogger.com atau blogspot, karena Windows Live Writer tidak dapat mengakses akun saya bahkan setelah beberapa kali saya coba.

Akibatnya, saya mendapat surat cinta dari mbah google yang menyatakan bahwa akun saya diblokir karena ada yang mencoba untuk masuk dari aplikasi yang tidak dikenal. Tentu saja saya kaget sekaligus khawatir karena akun tersebut sangat-sangat penting untuk kelangsungan hidup blog-blog asuhan saya yang bernaung di blogspot milik mbah google.

Tapi ternyata saya yang terlalu paranoid, karena setelah browsing kesana-kemari saya jadi tahu mengapa akun google saya terblokir dan tidak dapat login sempurna di Windows Live Writer. Memang ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan langkah-langkah tersebut sesungguhnya sudah disediakan melalui link khusus yang dikirimkan mbah google ke email kita tersebut, apabila akun kita terblokir akibat login di Windows Live Writer. Karena itu, berdasarkan pengalaman, maka sebelum login dengan akun blogspot, kita harus terlebih dahulu mensetting akun gmail agar lebih mudah terhubung dan tidak mengalami kendala ketika harus login ke aplikasi adds on lainnya, dengan cara sebagai berikut :
  • Setting ulang akun gmail anda dengan mengklik bagian ini,   
    Setting Ulang Security Akun Gmail
    Gambar : Pribadi
  • Setelah mensetting ulang Account Gmail Anda, maka akan nampak seperti gambar berikut, atau klik https://security.google.com/settings/security/apppasswords
    Setting Ulang Akun Gmail
    Gambar : Pribadi
  • Dengan cara manual ini Anda bisa mendapatkan Password baru yang masing-masing berbeda untuk aplikasi yang didaftarkan, termasuk aplikasi Windows Live Writer.
  • Login ke aplikasi Windows Live Writer dengan Password baru tersebut dan Password hanya bisa masuk satu kali.
  • Untuk Blogger di Blogspot yang memiliki lebih dari satu blog dalam 1 akun Gmail, masing-masing blog harus memiliki password sendiri (untuk yang satu ini saya belum mencobanya).
Setelah memasukkan Password baru yang Anda dapatkan , maka tunggulah beberapa menit sampai Windows Live Writer selesai mengimpor pernak-pernik dan fitur-fitur di blog Anda, termasuk template yang Anda pakai saat ini. Ini sangat berguna untuk mempreview hasil tulisan kita nantinya.

Ada beberapa fitur baru dalam Windows Live Writer yang terbundel dalam Windows Essentials 2012, seperti fitur menyisipkan peta dan emoticon yang siap pakai, dahulu untuk mendapatkan fitur ini saya harus mendownload lagi.

Demikian sedikit penjelasan yang mungkin berguna bagi Anda yang merasa kesulitan login ke Windows Live Writer versi Windows Essentials terbaru (2012). Mungkin masih banyak kekurangan, namun tulisan ini juga sebagai catatan pribadi saya setelah saya mendapatkan kasus serupa ketika login pertama kali ke Windows Live Writer.

Tangerang, Januari 2015.

7 komentar:

  1. terimah kasih mbk atas solusinya :D Alhamdulillah berhasil

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, cara yang ini berhasil. Jika code-nya habis gimana?

    BalasHapus
  3. Bunda terima kasih untuk artikelnya ini. tapi sekarang tampilan pengaturan gmail sepertinya beda dengan gambar yang bunda tampilkan. gimana dong caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya tutorial yang Gmail terbaru.... silahkan kunjungi blog ini... http://createautomation.blogspot.com/2015/10/cara-mudah-login-ke-windows-live-writer.html

      Hapus
  4. kabar buruknya, sekarang Blogger sudah benar-benar tidak bisa digunakan untuk login baru blog blogger. Sudah ada gantinya sih, Open Live Writer. Silahkan googling saja untuk mencarinya.
    Ini saya juga sedang mencoba memakainya. Sekilas sih sama saja. Belum sempat beneran menggunakannya. Dari awal terlihat mudah dan bagus. Semoga memang setangguh Windows Live Writer.

    Salam

    BalasHapus
  5. Betul sekali apa yang dikatakan dee-nesia. Kalau Blogger memang sudah gak support lagi di windows live writer. Tentang open live writer, saya sendiri secara pribadi sudah menggunakannya dan saya pikir cukup memuaskan, salam kenal semua...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...