Senin, 29 Desember 2014

Suplemen Makanan Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Pasca Menopause

Menopause adalah sebuah kondisi normal yang akan dialami oleh semua wanita sejalan dengan bertambahnya usia, dan yang paling penting menopause bukanlah penyakit atau gangguan medis. Menopause sendiri didefinisikan sebagai keadaan tidak adanya periode menstruasi selama 12 bulan. Atau dengan kata lain, menopause merupakan masa sesaat sebelum berhentinya periode menstruasi hingga sesaat setelah periode siklus menstruasi berakhir. Secara umum dapat disimpulkan bahwa menopause merupakan masa di mana wanita tidak lagi mengalami menstruasi.

Gejala Menopause
Gambar : http://boudak-pasie.blogspot.com/
WHO mendefinisikan menopause sebagai penghentian menstruasi secara permanen akibat hilangnya aktivitas folikular ovarium. Setelah 12 bulan Amenorea berturut-turut, periode menstruasi terakhir retrospektif ditetapkan sebagai saat menopause. Sedangkan Pascamenopause didefinisikan sebagai waktu semenjak periode menstruasi terakhir. Perimenopause atau transisi menopause didefinisikan sebagai anteseden (pendahuluan) fisiologis yang berhubungan dengan transisi dari fungsi folikular pramenopause ke pascamenopause dan terdiri dari periode dan terdiri dari periode waktu (2-8 tahun) sebelum menopause dan 1 tahun setelah menstruasi terakhir. Dengan demikian, tahun terakhir perimenopause bersamaan dengan tahun pertama pascamenopause.

Seperti halnya ketika pertama kali mengalami menstruasi di awal usia remaja, periode menopause juga mengakibatkan banyak perubahan terutama hormon, hal ini ditandai dengan ovarium menghasilkan lebih sedikit estrogen dan hormon seks progesteron yang mempengaruhi banyak organ dan jaringan dalam tubuh. Untuk sebagian wanita, perubahan ini akan terlewati tanpa menimbulkan ketidaknyamanan fisik. Sedangkan untuk sebagian kecil lainnya, mungkin akan mengalami ketidaknyaman fisik kecil, dan untuk sebagian kecil lainnya mungkin akan mengalami beberapa gejala yang memerlukan bantuan medis untuk mencari solusinya.

Kondisi tidak nyaman yang dialami pada masa menopause juga pernah menimpa ibu saya, bukan hanya mengalami beberapa keluhan medis seperti pusing atau sakit kepala selama berhari-hari dan hilang timbul, namun juga mengalami banyak perubahan emosional seperti cepat lelah, mudah marah, bahkan mengalami perubahan mood atau perasaan yang sangat drastis. Hal ini bukan saja menimbulkan ketidaknyaman bagi seseorang yang mengalami masa menopause saja, namun juga menimbulkan ketidaknyaman orang-orang terdekat yang berada disekelilingnya. Berikut gejala menopause yang umumnya dialami wanita, antara lain :
  1. Kulit menjadi merah dan hangat disertai keringat yang kelebihan (hot flashes), biasanya akan terjadi selama 1 tahun atau lebih.
  2. Gejala psikis dan emosional seperti mudah lelah, mudah tersinggung, susah tidur, dan gelisah yang disebabkan oleh berkurangnya kadar estrogen.
  3. Pusing, kesemutan, dan palpitasi (jantung berdebar).
  4. Sering berkeringat pada malam hari yang menyebabkan gangguan tidur sehingga kelelahan semakin memburuk dan semakin mudah tersinggung.
  5. Hilangnya kendali terhadap kandung kemih (beser).
  6. Osteoporosis (pengeroposan tulang).
Gangguan Kesehatan Wanita Pasca Menopause

Gejala yang dialami wanita menjelang atau setelah mengalami fase menopause umumnya bersifat individual, artinya antara wanita yang satu dengan wanita yang lain mengalami gangguan atau ketidaknyaman akibat menopause yang berbeda. Namun, untuk beberapa kasus, beberapa wanita yang memasuki masa menopause mengalami beberapa gangguan kesehatan, mulai dari skala kecil hingga yang membutuhkan pertolongan secara medis dengan intensif.

Gangguan kesehatan pasca menopause
Gambar : http://kabarinews.com/
Gangguan kesehatan pasca menopause muncul karena terjadi peningkatan usia yang tidak disertai dengan perlindungan hormon yang memadai. Berikut beberapa penyakit penyerta pasca menopause, antara lain :
  • Osteoporosis, penurunan hormon estrogen dapat menyebabkan osteoporosis dimana tulang menjadi tidak padat, rapuh, dan mudah patah. Wanita bisa kehilangan 25% dari massa tulangnya sejak awal menopause sampai usia 60 tahun.
  • Penyakit Arteri Koroner. Arteri koroner merupakan hambatan atau sumbatan di arteri yang berada di sekitar jantung. Hal ini terjadi akibat terkumpulnya plak lemak yang mengelilingi dinding arteri. Estrogen biasanya membantu untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kekurangan estrogen akan meningkatkan resiko penyakit arteri koroner.
  • Melemahnya fungsi saluran kemih.
  • Melemahnya fungsi otak, sehingga bisa meningkatkan resiko penyakit Alzheimer.
  • Melemahnya penglihatan.
  • Peningkatan berat badan.
Peningkatan jumlah menopause pada wanita lansia setiap tahunnya menyisakan beragam permasalahan tersendiri, apalagi jika ditambah adanya suatu keluhan yang menyertai masa-masa menjelang dan setelah menopause. Meskipun kondisi ini tidak akan menimbulkan kematian, namun menopause akan menimbulkan ketidaknyamanan dan menganggu kehidupan sehari-hari yang berimbas pada menurunnya kualitas hidup para wanita yang memasuki usia lanjut usia. Bahkan, ada beberapa wanita lanjut usia yang menghabiskan waktunya dengan hanya berbaring ditempat tidur akibat menderita berbagai penyakit komplikasi. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan psikologis yang secara tidak langsung juga mempengaruhi kehidupan disekelilingnya.

Kebutuhan Nutrisi Wanita Menopause

Pada tahun 1994, US National Institutes of Health (NIH) Consensus Panel merekomendasikan bahwa semua wanita yang berusia di atas 40 tahun harus mengkonsumsi 1200 mg kalsium perhari. Selain itu, penelitian juga merekomendasikan bahwa wanita setelah mengalami menopause harus mengkonsumsi kalsium 1500 mg perhari.

Kebutuhan nutrisi wanita pasca menopause
Gambar : http://cdn.glamcheck.com
Bagi wanita berumur, terutama yang telah mengalami masa menopause, kebutuhan nutrisi dalam tubuh sangat penting, selain untuk menjaga kesehatan, juga dapat membantu melindungi tubuh dari gangguan berbagai penyakit, mulai dari ringan hingga penyakit kronis. Karena itulah perlu diketahui nutrisi penting apa saja yang diperlukan wanita lanjut usia, terutama yang mengalami masa perimenopause hingga pasca menopause.
  1. Vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau bahkan terkena osteoporosis. Sebuah penelitian yang dilakukan di "The New England Journal of Medicine", menyebutkan bahwa mengonsumsi vitamin D dalam dosis yang cukup dapat menurunkan resiko terjadinya patah tulang panggul sebanyak 30% pada wanita lanjut usia. Manfaat vitamin D adalah membantu tubuh menyerap kalsium yang berguna untuk menjaga tulang agar tetap kuat.
  2. Kalsium. Kalsium membantu pembentukan sel-sel baru pada tulang. Bagi wanita yang memasuki masa menopause kemampuan dalam membentuk sel-sel baru pada tulang akan menurun. Mengonsumsi susu setiap hari tidak menyediakan cukup kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Dr. Nereida Correa, seorang Ginekolog asal New York, dibutuhkan asupan tambahan untuk memenuhi kalsium dalam tubuh, selain dari makanan yang dimakan sehari-hari, wanita berumur dan lanjut usia dianjurkan mengonsumsi 600 mg suplemen kalsium sebanyak dua kali sehari. Pada suplemen kalsium, terdapat 2 jenis kalsium yang penting, yaitu kalsium karbonat dan kalsium sitrat.
  3. Asam Lemak Omega-3. Menurut studi yang dilakukan The Journal of The American Medical Association, pada tahun 2002, mengonsumsi ikan dan asam lemak omega 3 memiliki hubungan dengan rendahnya risiko wanita untuk terkena penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega 3 dapat membantu menurunkan pertumbuhan penumpukan plak pada arteri dan menurunkan tekanan darah. Menurut Dr. Correa, penelitian telah menunjukkan asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik dan menurunkan kolesterol yang buruk. Bahkan beberapa penelitian menemukan bahwa suplemen dari minyak ikan yang dikonsumsi sekitar 1 sampai 4 gram perhari dapat mengurangi trigliserida sekitar 20-50 persen.
  4. Vitamin B12. Beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini, wanita pasca menopause yang kurang nutrisi tertentu dapat menyebabkan peningkatan risiko anemia. Kekurangan vitamin B12 umumnya cenderung terjadi seiring pertambahan usia. Sementara itu, umumnya wanita lanjut usia mungkin tidak memiliki cukup asam hidroklorida dalam perut untuk menyerap vitamin. Kekurangan vitamin B12, terutama pada wanita usia lanjut yang telah menopause akan mengalami kelelahan, berat badan menurun, ingatan melemah, demensia, dan depresi.
  5. Asam Folat (Vitamin B9). Asam folat umumnya dikenal sebagai nutrisi penting bagi ibu hamil dan menyusui, namun sesungguhnya asam folat juga sangat dibutuhkan wanita lanjut usia yang telah mengalami menopause, karena asam folat adalah vitamin B complex yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Tanda rendahnya asam folat dalam tubuh adalah anemia, berat badan menurun, kelelahan, sakit kepala, dan kadar asam amino dalam darah yang tinggi. Bahkan menurut Journal of The American Medical Association tahun 2005, menemukan fakta bahwa wanita yang banyak mengonsumsi asam folat dapat mengurangi risiko naiknya tekanan darah.
Suplemen Makanan Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Wanita Pasca Menopause

Pada dasarnya suplemen makanan merupakan produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. Umumnya nutrisi yang terkandung dalam suplemen makanan terdiri dari vitamin, mineral, dan asam amino yang merupakan bagian dari pembangun protein yang digunakan untuk keseimbangan metabolisme dalam tubuh dan pembentuk serta regenerasi pada tubuh.

Suplemen makanan biasanya digunakan untuk meningkatkan stamina atau membantu proses perawatan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk wanita usia lanjut yang telah memasuki masa menopause, di mana sebagian hormon mulai menurunkan fungsinya atau bahkan telah hilang sama sekali, kebutuhan asupan nutrisi sangatlah besar. Karena itu, ketika memasuki masa menopause, sangatlah penting bagi wanita untuk mulai menjalankan pola hidup sehat. Memang seharusnya pola hidup sehat ini mulai dijalankan pada saat usia masih produktif, namun pada sebagian orang terdapat kecenderungan untuk memiliki kesadaran menjalankan pola hidup sehat pada saat sudah terserang penyakit atau pada saat usia lanjut dan stamina mulai menurun sedikit demi sedikit.

Menjalankan pola hidup sehat terutama untuk wanita usia lanjut dan telah mengalami menopause merupakan hal yang mutlak harus dilakukan demi tetap menjaga kebugaran tubuh dan setidaknya masih bisa menjalankan aktivitas sederhana. Salah satu cara untuk menjalankan pola hidup sehat adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang penting bagi kebutuhan nutrisi di masa-masa menopause. Namun pada kenyataannya, pada saat memasuki usia lanjut dan mengalami menopause sebagian wanita memiliki riwayat penyakit bahkan komplikasi dari beberapa penyakit. Hal ini mempersulit dan mempersempit pemilihan bahan makanan yang merupakan sumber pokok dari nutrisi tersebut.

Contohnya adalah ibu saya sendiri, dengan kondisi menderita penyakit hipertensi yang berkomplikasi dengan asam urat tinggi, dan kolesterol, membuatnya harus mulai memilah dan memilih bahan makanan yang bisa berefek pada penyakit-penyakit tersebut. Ketidakmampuan untuk mengonsumsi semua jenis sumber makanan yang mampu melengkapi kebutuhan pasca  menopause, di tambah lagi dengan mulai menurunnya fungsi tubuh untuk menyerap zat gizi secara optimal dari makanan yang dikonsumsi membuat wanita lanjut usia dan telah memasuki masa menopause harus beralih dengan mengonsumsi suplemen makanan, tentunya dengan dosis yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Untuk hidup dan tetap mempertahankan kualitas hidup, wanita yang telah memasuki masa menopause memerlukan 5 kelompok zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah cukup, tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Secara alami, komposisi zat gizi setiap jenis makanan memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Beberapa makanan mengandung tinggi karbohidrat tetapi kurang vitamin dan mineral. Dan ada jenis makanan lain yang kaya akan vitamin C namun tidak memiliki kandungan yang cukup untuk vitamin lainnya.

Jadi, untuk mencapai masukan zat gizi yang seimbang tidak mungkin dipenuhi hanya oleh satu jenis makanan, melainkan haruslah terdiri dari aneka ragam bahan makanan. Sementara itu, tubuh kita tak dapat membuat sendiri vitamin dan mineral (kecuali vitamin D), sehingga kita harus memperolehnya dari makanan sehari-hari agar dapat tetap sehat. Untuk alasan inilah, maka mengonsumsi suplemen vitamin merupakan salah satu solusi dan pilihan yang bijak. Satu hal yang menarik, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna suplemen vitamin cenderung memiliki diet yang lebih bergizi dan gaya hidup yang lebih sehat dibanding yang bukan pengguna. Orang-orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin umumnya telah memiliki kesadaran yang cukup untuk menjalankan pola hidup sehat.

Lantas bagaimana memilih produk suplemen makanan yang tepat untuk melengkapi kebutuhan dan keseimbangan nutrisi tubuh, terutama untuk wanita pasca menopause.
  1. Bahan baku yang digunakan haruslah berkualitas tinggi dan memiliki standarisasi yang ketat serta alami. Sesuai dengan prinsip back to nature, dimana keseimbangan hidup termasuk kesehatan haruslah kembali ke apa yang dihasilkan oleh alam.
  2. Manukfaktur telah memiliki standarisasi pengolahan yang tinggi, terjamin, dan ramah lingkungan.
  3. Memiliki Quality Control dan Quality Assurance yang ketat.
  4. Telah melalui proses penelitian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.
Keempat komponen ini sangatlah penting sebagai dasar pertimbangan dalam memilih brand yang tepat untuk mengonsumsi suplemen makanan, seperti produk-produk Sea Quill. Produk-produk makanan kesehatan Sea-Quill merupakan hasil perpaduan antara bahan alami dan teknologi manusia yang diciptakan bukan hanya untuk meningkatkan keseimbangan gizi, melengkapi nutrisi, dan membantu vitalitas saja, namun telah melalui standarisasi yang ketat serta telah melalui uji yang ketat dan melalui prosedur 4 kompenen di atas.

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi wanita usia lanjut pasca menopause, suplemen makanan Sea Quill memiliki dua jenis produk utama yang tepat, yaitu :
  1. Sea-Quill OSTEO-CAL yang merupakan terobosan baru dalam melawan osteoporosis untuk pria dan wanita lanjut usia. Sea-Quill Osteo Call New Advanced Formula menggunakan Calcium Citrate yang terbukti diserap lebih baik oleh tubuh dibandingkan kalsium jenis lain, terutama pada wanita lanjut usia. Selain itu, suplemen ini juga mengandung Ipriflavone dan Soy Isoflavone yang merupakan senyawa fitoestrogen yang sangat bermanfaat dalam melawan osteoporosis (pengeroposan tulang) pada wanita usia lanjut pasca menopause. Selain itu produk ini juga memiliki manfaat menjaga tekanan darah, merelaksasi saraf, dan membantu mengatasi gangguan tidur dengan komposisi bahan yang sangat lengkap.
    Suplemen Sea Quill Osteo-Call
    Gambar : http://www.sea-quill.co.id
  2. Sea-Quill WOMEN MULTIPLUS yang merupakan suplemen khusus wanita. Suplemen ini mengandung nutrisi khusus bagi metabolisme tubuh wanita dan bahan herbal lainnya yang penting untuk menjaga stamina, keseimbangan hormon, melawan penuaan, dan menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh manusia, yaitu hati, jantung, ginjal, saraf, otak, dan kulit wanita. Khusus untuk wanita lanjut usia pasca menopause, Sea Quill Women Multiplus memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan yang menyertai masa-masa menopause seperti rasa terbakar (Hot Flashes), diaphoresis (produksi keringat yang berlebihan), kekeringan vagina, gangguan mood, dan osteoporosis. Suplemen makanan ini sangat baik dikonsumsi oleh wanita usia lanjut pasca menopause karena kelengkapan komposisinya. 
    Suplemen Makanan Sea Quill Women Multiplus
    Gambar : http://www.sea-quill.co.id
Selain kelengkapan komposisinya yang sangat bermanfaat melengkapi nutrisi wanita lanjut usia pasca menopause, Sea Quill berbahan baku alami yang dihasilkan dari sistem penanaman Organic yang bebas pestisida, bebas pupuk kimia, dan non GMO (Genetically Modified Organisms). Artinya setiap bahan baku telah memenuhi persyaratan mengenai kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan, dan kadar zat aktif yang diuji di In House Laboratories menyangkut analisa dan tes mikrobiologi.

Produk Suplemen Kesehatan Sea Quill
Gambar : http://www.sea-quill.co.id
Sea Quill sebagai suplemen yang berkualitas dimanufaktur oleh salah satu produsen makanan terbesar di USA, yaitu Natures Product Inc., yang memiliki fasilitas manufaktur yang didesain secara spesifik untuk memenuhi standar farmasi, didukung oleh peralatan yang terotonimisasi dan terkomputerisasi menggunakan teknologi paling canggih sehingga memenuhi standar cGMP ( curent Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan NLEA dan DSHEA regulation, serta dirancang serius untuk ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan limbah yang merugikan kelangsungan kualitas hidup manusia dan alam sekitarnya.

Dari segi Quality Control dan Quality Assurance, produk Sea Quill telah melalui pengawasan ketat mulai dari bahan baku, pembuatan produk, hingga proses pengepakan serta pengiriman. Dari segi Quality Assurance, produk Sea Quill telah melalui uji pemeriksaan silang untuk memastikan semua tahapan produksi dan spesifikasi telah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku untuk menghasilkan produk berkualitas. Penelitian ilmiah juga terus dikembangkan bukan hanya untuk menghasilkan terobosan produk terbaru, namun juga untuk memastikan bahwa produk Sea Quill tidak memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh, dan yang terpenting adalah produk Sea Quill HALAL untuk dikonsumsi semua orang di seluruh negara di dunia.

Selain terjamin kehalalannya, produk Sea Quill telah didaftarkan dan mendapat Nomor Ijin Edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia. Produk Sea Quill telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan telah dipasarkan melalui ritel farmasi modern seperti Century, Guardian, Watson, Boston Drug Store, hingga jaringan apotek seperti Kimia Farma, Apotek K24, bahkan juga bisa ditemui di beberapa toko obat tradisional. Atau jika ingin lebih praktis dan ekonomis, makanan kesehatan Sea Quill bisa dibeli melalui toko online sendnpay.com.

Sesuai dengan tagline "Sea Quill, For Your Healthier Life", produk makanan kesehatan Sea Quill merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi khususnya wanita lanjut usia pasca menopause untuk melengkapi nutrisinya serta meningkatkan kualitas hidupnya agar tetap sehat. Namun sesungguhnya yang paling penting selain mengonsumsi suplemen kesehatan, wanita lanjut usia pasca menopause harus mulai menjalankan pola hidup sehat sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan, karena sejatinya kesehatan datang dari hati dan pikiran yang juga sehat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest Sea Quill.

Daftar referensi tulisan :
  1. http://www.sea-quill.co.id/
  2. http://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/11/20/gizi-dan-suplemen-pada-lansia/
  3. http://www.artikelkesehatan99.com/5-nutrisi-penting-yang-dibutuhkan-wanita-berusia-lanjut/
  4. http://bidanku.com/kebutuhan-nutrisi-wanita-menopause
  5. http://menopausewanita.com/

5 komentar:

  1. Salut dengan ulasan artikelnya yang detail dan berguna sekali skaligus menambah wawasan dalam memilih makanan yang tepat dan sehat. Sukses untuk kontesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tengkyuuu mak, udah mampir. Semoga memberi sedikit pencerahan.

      Hapus
  2. artikelnya detail dan sangat membantu.terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak, terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  3. Klo saya baru ada gejala2 menopause. Usia 47thn. Saya msh haid meski tdk teratur. Apakah boleh mengkonsumsi women multiplus?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...