Jumat, 19 September 2014

Suatu Hari Ada Toko Online Dropship Seperti Ini

Toko Online Impian? Kalau ditanya seperti ini saya jadi mengenang masa-masa 4 tahun yang silam, saat pertama kali saya berinteraksi secara intens dengan internet. Waktu itu kegiatan menulis blog bagi saya hanya untuk membangun bisnis saja, belum ada niatan untuk membangun blog khusus toko online karena waktu itu saya ikut beberapa bisnis MLM.

Kemudian saya banyak belajar bagaimana membangun bisnis yang sukses lewat internet. Semua saya lakoni sampai-sampai saya belajar bagaimana membuat affiliate website yang bagi saya agak rumit. Mengapa? Karena di samping harus belajar membuat website dengan hosting berbayar, saya harus mendaftar lagi ke berbagai Affiliate Network yang didalamnya telah tergabung banyak merchant, seperti Linkshare, Shareasale, Clikbank, dan lain-lain. Bayangkan semuanya berbau bahasa inggris, belum lagi metode pembayaran yang agak ribet karena harus melalui paypal.

Bisnis Online Impian
Gambar dari sini
Sebenarnya untungnya lumayan sih...Dollar bo! Tapi tetap saja bagi saya yang emak-emak yang sehari-harinya sudah ribet dengan urusan anak dan kegiatan domestik lainnya, dan yang menjadikan bisnis ini hanya sampingan sehingga agak memeras keringat, otak, dan uang buat bayar koneksi internet terus kudu ngeluarin uang lagi buat bayar hosting berbayar dan sederet trik-trik marketing lagi yang harus dipelajari. Coba tanya kenapa? Karena pangsa pasarnya sangat luas di seluruh dunia, jadi kudu harus belajar banyak trik kalau mau sukses berbisnis dengan cara ini.
 
Lanjut, tidak ada kata putus asa, akhirnya saya tetap mencari-cari celah buat tetap eksis berbisnis online via internet. Apalagi saat itu bisnis online via media sosial seperti facebook sedang booming, rasanya mubazir jika tidak dimanfaatkan secara maksimal, terus punya akun facebook terus angka pertemanan yang cukup lumayan. Tapi kendalanya berlanjut karena tidak punya modal yang cukup untuk menyetok barang dagangan. Alhasil putar otak lagi...eh salah putar-putar mbah google ding. Akhirnya nemu yang namanya penjualan dengan sistem dropship atau bisnis dropshipping.
Sekilas Tentang Bisnis Dropshipping




Bisnis Dropshipping pada prinsipnya merupakan suatu sistem bisnis yang memungkinkan Reseller dapat menjual berbagai macam produk atau barang dari produsen/penyedia barang/supplier (Dropshipper) kepada konsumen tanpa perlu menyimpang stok, melakukan pengiriman barang, dan packing barang, karena semua itu langsung ditangani oleh pihak supplier.




Reseller biasanya hanya dibekali dengan katalog atau foto yang digunakan sebagai alat atau modal berjualan. Setelah pihak reseller dan konsumen sepakat tentang besarnya harga barang, maka pihak konsumen kemudian membayar sejumlah harga barang tersebut dan setelah dipotong keuntungan reseller kemudian reseller membayar sejumlah harga barang tersebut kepada pihak supllier atau dropshipper. Kemudian pihak dropshipper mengirim barang tersebut atas nama reseller atau toko online reseller.

Peluang Bisnis Dropshipping Bagi Saya

Bisnis dengan metode dropshipping sesungguhnya memberikan peluang yang cukup baik buat saya, karena terlihat lebih mudah menjalaninya. Tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis karena tidak ada sistem menyetok barang dagangan, barang sudah disediakan pihak supplier. Selan itu tidak membutuhkan keahlian khusus karena bisnis ini bisa dijalani oleh siapa saja. Tidak perlu memikirkan alat untuk promosi, karena semua sudah disediakan oleh pihak supplier. Bisnis ini bisa dijalani dari mana saja tidak terbatas ruang dan waktu. asalkan tersedia koneksi internet. Bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan modal smartphone.

Bisnis Online Impian
Gambar dari sini
Namun layaknya sebuah bisnis tetap saja harus ada kiat dan trik sukses untuk dijalani. Dalam hal ini supplier atau penyedia barang merupakan ujung tombak dari bisnis ini, karena itu prinsip kehati-hatian dalam mencari supplier atau dropshipper wajib kita jalankan. Kita harus mengetahui dengan jelas rekam jejak pihak supplier dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan jika dimungkinkan kita memiliki hubungan yang cukup erat dengan pihak supplier meskipun tinggal berjauhan.

Di era bertumbuhan media sosial atau jejaring sosial yang sangat pesat ini, membangun komunikasi yang intens bukanlah halangan. Karena itu kita bisa memanfaatkan media jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, dan lain-lain. Selain itu ada teknologi seperti chatting, email, skype, dan lainnya merupakan alat komunikasi modern yang bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi yang efektif bukan hanya dengan pihak supplier tetapi juga dengan konsumen.

Yah...bisnis ini menjanjikan peluang yang sangat baik jika dimanfaatkan semaksimal mungkin, terutama untuk emak-emak seperti saya. Saya tidak perlu terlalu sering keluar rumah baik untuk mengirim barang pesanan pelanggan, maupun untuk mengecek pembayaran konsumen sekaligus mentransfer pembayaran kepada pihak dropshipper. Untuk pengiriman barang sudah ditangani oleh pihak supplier dan untuk keperluan yang berhubungan dengan pihak bank cukup dimudahkan dengan adanya mobile banking, internet banking, dan sms banking.

Toko Online Dropship Impian Saya Kelak

Meskipun menjanjikan peluang yang sangat manis, namun bisnis ini sangat rentan dengan beragam permasalahan. Dari segi kondisi barang, kita tidak pernah tahu kondisi barang yang kita perjualbelikan karena kita tidak memiliki sampel, bahkan jika memiliki sampel pun belum tentu kondisi barang tersebut sama kualitasnya dengan sampel yang kita miliki.

Selain itu tanpa perjanjian akad jual beli secara tertulis dan mengikat, maka rentan terjadi penipuan yang dilakukan oleh pihak dropshipper. Karena itu untuk memulai bisnis yang sesungguhnya sangat menjanjikan ini diperlukan prinsip-prinsip yang jelas dan mengikat, jika tidak maka pihak konsumen tentu akan sangat dirugikan. Selain itu, untuk menjalankan bisnis ini tentu dibutuhkan komitmen yang besar juga dari pihak reseller, sehingga harapan supplier bahwa pihak reseller akan meningkatkan omzet bisnisnya akan tercapai.
Permasalahan lain yang sering timbul dalam bisnis dropship ini adalah ketersediaan stok yang up to date. Seringkali masalah stok ini cukup merepotkan, karena ada konsumen yang selain meminta spesifikasi barang secara jelas juga ketersediaan stok barang berupa warna, jenis, motif, dan sebagainya. Akan lebih mudah jika barang yang kita jual sejenis, tapi jika bermacam-macam jenis barang maka bisa dibayangkan repot dan bingungnya pihak reseller karena harus bolak-balik menghubungi pihak supplier dan konsumen sekadar untuk masalah stok dan spesifikasi.

Karena itu saya sebagai bagian dari reseller yang menjual barang secara online dengan sistem dropship tentu sangat menantikan adanya supplier besar atau dropshipper yang mampu mengakomodir dan mengatasi permasalahan ini. Sayang kan jika peluang yang sangat bagus bagi emak-emak seperti saya yang memiliki modal terbatas namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan sambil mengasuh anak-anak di rumah. Atau bagi pekerja yang ingin mendapat penghasilan sampingan namun tetap harus fokus pada pekerjaan utamanya. Dan juga bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan sambil belajar berbisnis, siapa tahu dari bisnis ini akan melahirnya studentpreneurship di masa depan.

Dan lagi tidak semua reseller memahami bagaimana membuat toko online sendiri, sebuah toko online yang mampu menarik minat dan disukai pembeli, interaktif, memiliki tools yang mudah bagi konsumen, template toko online yang menarik, dan yang terpenting up date stock yang real time.

Untuk itulah sangat dinanti dan diimpikan toko online dropship yang mampu mengakamodasikan kebutuhan resellernya seperti di muslimniaga.com, Platform Produk Islamik No.1 di Malaysia.
Contoh toko online dropship
Gambar dari muslimniaga.com
Bisnis Dropship dalam konsep muslimniaga ini sangat memungkinkan reseller mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnisnya, terutama akad perjanjian yang jelas dengan pihak supplier yang bukan hanya mengatur hak dan kewajiban reseller namun juga mengatur hak dan kewajiban pihak supplier.

Dalam Islam kita dilarang untuk memperdagangkan sesuatu yang bukan milik kita, karena itu diperlukan akad perjanjian yang jelas dengan pemilik barang secara tertulis dan syah yang menyatakan kita diperbolehkan menjual barang miliknya, dan kita mendapatkan keuntungan yang benar dari hasil penjualan kita tersebut. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :
  • Muslimniaga memudahkan resellernya untuk menjual barang dagangannya melalui toko online yang telah disediakan pihak dropshipper tanpa harus repot membangun toko online sendiri atau repot memikirkan hosting, namun dengan nama domain yang khusus dipilih reseller.
  • Toko online yang disediakan pihak muslimniaga selaku dropshipper atau supplier dilengkapi dengan semua produk atau barang yang diperjualbelikan, harganya, cara pembayaran, dan update stock yang realtime.
  • Toko online ini telah dilengkapi notifikasi kepada pembeli berikut invoice atau tagihan, dan nomor resi pengiriman jika barang tersebut telah dikirimkan dari pihak dropshipper kepada konsumen yang membeli melalui toko online reseller.
  • Reseller memiliki akses langsung terhadap data-data konsumen yang membeli barang melalui toko onlinenya.
  • Support penuh dari pihak dropshipper atau supplier kepada reseller dalam bentuk pemberian bekal teknik-teknik marketing, terutama melalui media jejaring sosial yang hingga saat ini masih hits sebagai media marketing yang potensial.
  • Selain itu disediakan forum khusus antar reseller yang tujuannya untuk silahturahmi sekaligus saling membantu mencarikan jalan keluar jika timbul masalah baik dalam penjualan maupun dengan pihak konsumen, karena biasanya konsumen memiliki tipikal yang beragam.
  • Tersedia beragam pilihan paket harga toko online yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong reseller.
  • Dan yang paling penting dropshipper atau supplier memiliki alamat yang jelas seperti muslimniaga.com ini.
muslimniaga.com
Gambar dari muslimniaga.com
 Atau lebih jelasnya dapat dilihat melalui video berikut :

Courtesy : Khairul Fadhli Abdul Rahim From Youtube


Waww...kapan ya kita memiliki toko online dropship yang bukan hanya memudahkan reseller yang ingin berbisnis dengan sistem dropship, namun juga memudahkan setiap orang yang memiliki modal terbatas tetapi ingin memiliki penghasilan tambahan.

Semoga jika ada toko online seperti ini akan lahir entrepreneurship baru yang handal di Indonesia, bukan hanya itu diharapkan akan lahir juga studentpreneurship yang bukan mencari lowongan kerja namun mampu memberikan atau membangun lapangan kerja bagi orang lain di usia sedini mungkin.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Toko Online Impianku bersama 
Aurabatik dan Kawanbuku.

Lomba Blog toko online impianku

Sumber referensi tulisan :
http://muslimniaga.com

1 komentar:

  1. sangat menarik artikelnya, tapi kok saya buka web nya sudah tidak bisa ya?
    oya barang kali berminat sekarang bisa membuat toko online sendiri di jejualan mungkin bisa jadi referensi, terima kasih

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...