Minggu, 21 September 2014

Bertemu Dan Saling Terhubung Berkat Komunitas Online

"Wah...teman saya yang satu itu produktif sekali, kapan ya saya bisa seperti itu", terkadang pikiran-pikiran ini sering melintas dalam benak saya bila melihat teman-teman yang tergabung dalam satu komunitas mengupload berbagai karya terbarunya. Ini warning...bahwa saya harus belajar bagaimana memanajemen waktu seefektif mungkin sehingga setidaknya saya juga bisa menghasilkan karya, entah berupa buku atau tulisan-tulisan yang bermanfaat.

saling terhubung berkat komunitas online
Gambar dari sini

Hal tersebut merupakan satu dari sekian banyak suntikan semangat untuk lebih meningkatkan produktivitas selama saya tergabung dalam beberapa komunitas online. Banyak atmosfer positif yang saya dapatkan dalam pergaulan bersama teman-teman dalam satu komunitas online, bukan hanya dalam hal meningkatkan produktivitas dalam mengaktualisasikan diri, tetapi juga beragam ilmu parenting yang sangat berguna bagi ibu seperti saya.

Saling sharing pengalaman dalam banyak hal merupakan hal yang paling menyenangkan disamping tentunya menambah teman, ngak tanggung-tanggung teman yang kita dapatkan bukan hanya dari sabang sampai merauke, tapi juga dari berbagai belahan dunia.

Yah...saat ini komunitas online telah berkembang sedemikian pesatnya. Kemajuan media digital ikut memacu semakin tumbuh suburnya beragam komunitas online. Kemudahan membangun berbagai komunitas online diiringi berkembangnya berbagai media jejaring sosial yang berfungsi sebagai penghubung membuat komunitas online banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ada banyak alasan yang membuat seseorang tergabung atau mendirikan satu komunitas, bisa lahir dari hobi yang sama, seprofesi, memiliki visi dan misi yang sama, atau bahkan berasal dari satu daerah yang sama.

Sekilas Tentang Komunitas Online

Manusia, adalah makhluk sosial yang tidak pernah lepas dari proses sosialisasi, dan selalu membutuhkan orang lain. Kebutuhan manusia untuk selalu bersosialisasi sama kuatnya dengan kebutuhan akan makanan, minuman, dan pakaian. Karena itulah manusia memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok, atau memiliki ikatan erat dengan kelompok manusia lainnya.

Secara sosiologis, komunitas dapat diartikan sebagai kelompok orang yang saling berinteraksi yang ada dilokasi tertentu. Dan menurut beberapa ahli sosiologi, sebuah komunitas memiliki 4 ciri utama, yaitu :
  1. Adanya keanggotaan didalamnya.
  2. Anggota-anggota komunitas saling mempengaruhi satu sama lain.
  3. Adanya integrasi dan pemenuhan kebutuhan antar anggota.
  4. Adanya ikatan emosional antar anggota.
Jadi, inti dari komunitas adalah adanya kelompok orang yang memiliki identitas yang hampir sama di mana faktor lokasi menjadi tidak relevan lagi. Namun yang paling penting adalah anggota komunitas harus berinteraksi secara regular.

Seiring berkembangnya dunia digital, komunitas pun mengalami banyak perkembangan dengan munculnya komunitas-komunitas online. Lantas apa sih komunitas online itu, komunitas online adalah kelompok orang yang membangun kebersamaan melalui komunikasi dan interaksi dengan sarana internet.

Komunitas online bisa menjadi komunitas primer atau sekunder, maksud dari komunitas sekunder adalah komunitas tersebut telah terbentuk dengan solid dalam kehidupan nyata dan komunitas online hanya sebagai pelengkap kemudahan berinteraksi secara real time.

Saat ini media komunikasi dan interaksi komunitas online telah berkembang dari yang dahulu hanya menggunakan mailing list, chatting, atau skype, kini telah berkembang menggunakan banyak media jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, bbm, whatsup, line, kakaotalk, dan lain-lain. Namun yang paling banyak digunakan adalah facebook, karena jejaring sosial ini mempunyai fitur yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang membuat group atau sekadar fanspage.

Arti Komunitas Online Bagi Saya

Saya sangat bersyukur bahwa saya berada di era di mana teknologi mengalami perkembangan sedemikian pesatnya. Dan pilihan untuk menjadi ibu rumah tangga  yang sehari-harinya berada di rumah mengurus anak dan keluarga tidak membuat saya terputus dari dunia luar.

Melalui jaringan internet, saya bisa mengaktualisasikan kemampuan dan hobi saya meskipun hanya berdiam di rumah, selain mendapat pengetahuan baru terutama tentang parenting saya juga bisa saling sharing pengalaman dalam mengasuh anak-anak dengan orang lain yang bahkan berdomisili nun jauh disana.

ibu dan teknologi
Gambar dari sini
Atas dasar alasan dan kebutuhan inilah maka saya pun ikut bergabung dalam berbagai komunitas online yang memberikan kontribusi positif dalam hidup saya. Selain mendapat banyak pengetahuan baru, saya juga mendapatkan banyak teman baru tanpa terbatas ruang, jarak, dan waktu. Alat-alat teknologi memang telah memungkinkan terciptanya pola interaksi yang terkadang sangat intens tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Ada komunitas emak blogger, dimana disini tergabung emak-emak yang memiliki hobi dan minat yang sama dalam menulis melalui media blog. Sangat menyenangkan, selain mendapat teman baru juga mendapat sharing ilmu baru tentang dunia blogging. Bahkan, tidak hanya melulu masalah ngeblog tapi juga beragam tips dan trik tentang dunia parenting, marketing, bahkan kiat menulis. Dan saya bangga sebagai bagian dari komunitas tersebut.

Selain itu, ada juga komunitas online yang saya ikuti, yang memfokuskan pada bagaimana memberdayakan kaum perempuan melalui media menulis, entah itu menulis buku, artikel, blog, atau yang lainnya, dengan brand "ibu-ibu doyan nulis".

Belum lagi komunitas online yang menspesifikasikan pada bidang tertentu, seperti blogger reporter, penulis buku anak-anak, penulis fiksi, dan yang memfokuskan tentang bagaiman memberi bantuan baik spirit maupun teknik marketing kepada ibu-ibu yang menyukai dunia bisnis, terutama bisnis online.

Kesemua komunitas itu memberikan hembusan napas baru yang membuat saya selalu bersemangat dalam menjalani apa yang telah menjadi pilihan saya. Bisa disimpulkan bahwa kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat.

namun, layaknya pisau bermata dua, teknologi termasuk didalamnya internet juga memiliki sisi negatif yang bisa jadi sangat tajam dan bisa melukai siapa saja. Karena itu bijaklah dalam memilih untuk bergabung dengan komunitas online. Sebelum bergabung pastikan dahulu visi dan misi komunitas tersebut, pola interaksi antar anggotanya, dan yang terpenting sejauh mana komunitas tersebut memberikan manfaat bagi kemaslahatan hidup kita dan keluarga.

Bertemu dan Saling Terhubung Berkat Komunitas Online

Tidak semua anggota komunitas online berada di daerah atau belahan dunia yang berbeda jarak, ruang, dan waktu. Ada beberapa anggota berada di satu kota yang sama. Kondisi ini tentu saja memungkinkan antar anggota untuk bertemu langsung dalam kegiatan yang akrab disebut kopdar atau kopi darat. Lho...nyaris setiap hari antar anggota komunitas online saling berinteraksi, terutama melalui media jejaring sosial, kok harus ada acara kopdar lagi.

Bagi saya, acara kopdar itu sangat penting dalam suatu komunitas, terutama komunitas online yang biasanya hanya berinteraksi lewat dunia maya. Kegiatan kopdar bisa meningkatkan tali silaturahmi antar anggota dan hubungan emosional antar anggota. Selain itu, acara kopdar bisa membuat suatu komunitas online lebih terjaga baik dalam kegiatan maupun pola interaksinya, singkatnya bisa awet atau bertahan lama.

Sepanjang pengalaman saya beberapa kali ikut kopdar, baik secara mandiri maupun yang disponsori brand tertentu, acara ini sangat menyenangkan. Bisa bertemu dengan teman-teman secara langsung, sharing dan berbincang secara langsung, dan yang pasti bertemu muka memiliki tingkat bobot emosional bertambah. Hasilnya, hubungan menjadi lebih dekat dan komunikasi yang terjalin bisa lebih intens, tapi...harus bermakna positif ya karena bagaimanapun berkomunitas dan berkopdar tetap merupakan bagian dari kegiatan menimba ilmu, mendapatkan informasi baru, dan tentu saja membangun jaringan.

Mengingat acara kopdar merupakan kesempatan yang sangat langka, tentu harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Jadi tidak cuma bertemu, berkenalan, ngobrol ngalor-ngidul, tapi tidak memberikan kontribusi bagi kemajuan kegiatan komunitas atau tidak ada progressnya. Selain itu, biasanya namanya emak-emak kalau kemana-mana selalu dikawal kurcaci-kurcacinya, karena itu pilihan tempat kopdar yang bisa mengakomodir semua kepentingan, kepentingan emak selaku anggota komunitas juga kepentingan keluarga.

"Ngak kebayang kalau tempatnya ngebosenin anak-anak yang ikutan emaknya kopdar, boro-boro emaknya mau ngobrol enak, keburu direwelin sama anak-anak, hasilnya ya tidak ada hasil". Selain itu, acara kopdar kalau cuma ngobrol dan foto-foto kayaknya kurang asyik. Lebih asyik kalau ada aroma kegiatan yang lebih interaktif yang bisa mengikutsertakan keluarga.

Mari Ber-Kopdar di Trans Studio Makassar

Memangnya ada apa di Trans Studio Makassar? Dengan Tagline membantu Anda merencanakan acara yang spesial, tentu sangat cocok bila dipadukan dengan acara spesial kopdar yang anggotanya mayoritas atau mungkin semuanya adalah emak alias ibu rumah tangga. Jadi di Trans Studio Makassar ada :
  • Trans Studio Theme Park yang merupakan taman hiburan indoor terbesar di Indonesia. Dilahan seluas 2,7 hektar, trans studio theme park menyajikan 21 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Ada Studio Central, dengan tagline "The Famous Hollywood" Anda seolah-olah sedang berada di kawasan hollywood dengan berbagai arsitektur, deretan gambar artis terkenal, dan suasana hirup pikuk menyerupai suasana salah satu pusat industri perfilman dunia. Ada Lost City, Untuk Anda yang berjiwa petualangan di mana didalamnya terdapat beragam permainan yang beraroma petualangan. Selain itu ada pula Cartoon City, pas buat Anda dan anak-anak yang sangat menggemari film kartun, disini Anda akan diajak berimajinasi seolah berada di dunia kartun sebenarnya. Atau Magic Corner, kawasan yang menawarkan berbagai sentuhan keajaiban. 
  • Trans Studio Mall yang menawarkan konsep belanja yang interaktif di padu dengan bangunan berkelas dunia dengan 5 lantai yang nyaman dengan "leasable area" seluas 55,000 m2 serta dilengkapi 3 buah atrium yang menakjubkan.
Sebuah kombinasi yang pas antara kebutuhan untuk membangun jaringan melalui kegiatan berkomunitas, sekaligus berlibur dan berbelanja bersama keluarga. Keluarga senang, emak-emak pun tenang dalam berkegiatan, dan setelahnya bisa berbelanja.

Be Connected trans studio makassar

Menjadi tambah menyenangkan apabila pihak Trans Studio Makassar mendukung acara-acara semacam ini. Bukan hanya dalam bentuk tempat yang tersedia untuk komunitas-komunitas yang ingin berkopdar, namun juga dukungan acara khusus yang pada intinya mendukung kegiatan tersebut. Bahkan mungkin melibatkan tenant-tenant yang berada di kawasan Trans Studio Mall yang untuk mendukung kegiatan masyarakat berkomunitas.

Dengan tagline "Learn and Fun With Our Community Be Connected" tentu akan membuat banyak komunitas online merasa Trans Studio Makassar lah tempat yang cocok dan mendukung acara kopdarnya. Karena meskipun interaksi dan komunikasi antar anggota komunitas online sudah berjalan intens melalui berbagai tools teknologi, namun hubungan emosional antar anggota akan lebih dalam jika diselingi acara kopdar. Acara kopdar yang sarat ilmu pengetahuan baru sekaligus memberikan selingan hiburan terutama bagi ibu rumah tangga yang selain berkomunitas juga disibukkan dengan sederet aktivitas rutin rumah tangga, tapi tetap mengikutsertakan anggota keluarga.

Berkat komunitas online, kita bertemu dan saling terhubung satu sama lain, dari yang tidak mengenal kini saling mengenal dan dekat. Berkat komunitas online pula kita terhubung dengan Trans Studio Makassar, sebuah wahana hiburan yang menjanjikan kegembiraan bersama keluarga sekaligus tempat untuk membangun silaturahmi bersama anggota komunitas sehingga tali keterhubungan lebih erat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "Connected" Trans Studio Makassar yang diselenggarakan Komunitas Blog Makassar dengan Trans Studio Makassar.

Sumber referensi tulisan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...