Kamis, 05 Juni 2014

SATU HARI DI KANTOR GOOGLE INDONESIA

Kesan pertama ketika menjejakkan kaki di Kantor Google Indonesia yang terletak di bilangan Senayan, Jakarta (24/05/2014) sangat profesional, dengan desain kantor yang sangat kreatif dan nyaman membuat betah selama berkunjung karena serasa berada di rumah sendiri...Feels like your home.  Desain yang mendominasi kantor Google Indonesia ini sederhana namun tertata dengan rapi, dan tetap menonjolkan ke-Indonesiaan melalui penamaan ruang-ruang kerjanya.
Google Indonesia
Dok: Pribadi
Lalu apa itu Google? Hampir semua orang mengetahui apa itu Google, mesin pencari atau searching di internet yang saat ini mendominasi hampir semua browser yang ada. Tidak ada orang yang tidak mengenal mesin pencari yang satu ini, bahkan ada anekdot di masyarakat kalau mau mencari sesuatu "tanya saja sama mbah Google atau Googling aja, semua jawaban ada di sana".

Google pertama kali didirikan oleh Duo Larry Page dan Sergey Brin tahun 1998. Keduanya bertemu pertama kali di Stanford University pada tahun 1995, dan pada tahun 1996 mereka membangun mesin telusur (sebelumnya di sebut BackRub) yang sebelumnya menggunakan tautan untuk menentukan tingkat kepentingan masing-masing laman web. Bermula hanya dari garasi, saat ini Google telah memiliki kantor yang tersebar di banyak negara dan berkantor pusat di Mountain View, Amerika Serikat.

Dalam kunjungan kali ini, kami berkesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang Google melalui Eunike Kartini, perwakilan dari Google Indonesia.

Perwakilan Google Indonesia
Mbak Eunike Kartini dari Google Indonesia (Dok: Pribadi)


"Mengumpulkan semua informasi untuk kepentingan user", demikian disampaikan oleh Eunike saat mepresentasikan tentang misi Google untuk semua pengguna internet di seluruh dunia. Selanjutnya, dijelaskan juga dalam bentuk slide gambar dan cerita bagaimana Google membangun konsep kantornya di seluruh dunia agar nyaman bagi para pekerjanya. Selain mengedepankan konsep tempat bekerja yang unik, nyaman, dinamis, dan disesuaikan dengan karakter bekerja karyawannya, Google juga memiliki budaya kerja unik yang di sebut "Thank God It's Friday (TGIF)", dimana yang ditekankan disini adalah keterbukaan. Keterbukaan dalam pengertian di sini adalah bahwa setiap orang merupakan kontributor aktif dan dikondisikan untuk merasa nyaman dalam berbagi ide atau opini baik antar karyawan maupun dengan pimpinan, bahkan setiap karyawan memiliki kesempatan untuk mengemukakan berbagai hal secara langsung dengan pimpinan atau jajaran eksekutif Google.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bekerja di Google, berarti setiap orang harus selalu mau belajar dan belajar, collaborative dan supportive (adanya sebuah kebersamaan antara satu dengan lainnya), dan selalu mengedepankan ide-ide cemerlang. Untuk upaya kreatif ini, Google sangat serius terbukti dengan tersedianya beragam media kerja yang disesuaikan dengan karakter karyawannya dalam menggali ide, dan upayanya untuk membangun interaksi antar karyawan dalam suasana yang santai. Presentasi diakhiri dengan menceritakan bagaimana rencana Google ke depan untuk membuat internet bisa dinikmati oleh banyak orang tanpa diskriminasi letak geografis, yaitu Project Loon, dan beragam project lain yang intinya ingin memudahkan manusia membangun hubungan dan mencari sesuatu tanpa susah serta ribet seperti Google Glass, Google Plus, dan sebagainya yang saat ini terus dalam pengembangan.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Blogger Reporter Indonesia (BRID) yang disampaikan oleh Kang Sayfuddin Sayuti, tentang bagaimana awal mula BRID berdiri, latar belakang, dan misi yang ingin dicapai dengan terbentuknya komunitas ini. Sebuah komunitas yang berawal dari interaksi di dunia maya berlanjut ke dunia nyata dalam upayanya untuk membangun sudut pandang berbeda tentang dunia reporter dalam bentuk citizen journalism yang lebih kental bahasa bloggernya. Dalam kesempatan kali ini juga dipaparkan sejauh mana kontribusi BRID dalam beragam acara dan kegiatan dalam upayanya membangun personal branding seorang blogger dalam dunia reporter.

BRID di Google Indonesia
Kang Sayfuddin Sayuti dari BRID (Dok: Pribadi)
Untuk sesi presentasi terakhir, dilanjutkan dengan materi pengenalan SEO oleh Kang Chandra Imam, dan masih bertempat di salah satu ruangan meeting Google yang diberi nama ruang Alun-alun. Melalui presentasi kali ini, peserta dikenalkan dengan SEO (Search Engine Optimization) dalam dunia internet, yaitu sebuah upaya untuk memaksimalkan situs/web agar berada di posisi teratas mesin pencari seperti Google. Mengapa SEO sangat penting bagi sebuah situs web? Karena dengan menduduki posisi teratas kesempatan untuk mendapatkan perhatian dan kunjungan dari pengguna internet lebih besar, terutama untuk situs web bisnis dan marketing.

Setelah puas bertanya dan diskusi tentang SEO dengan Kang Chandra Imam, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah live tweet terbanyak dan bernilai edukasi tinggi dan hadiah lainnya yang telah disiapkan oleh BRID dan Google Indonesia.

Di Google Indonesia
Dok: Pribadi
Acara selanjutnya adalah menjelajah setiap sudut kantor Google bersama Mba Eunike, ternyata suasana nyaman dan santai bukan hanya di didominasi ruangan kerja dan meeting saja, namun juga dapurnya. Dapurnya dirancang dengan konsep kafe, di mana tiap karyawan bisa ngobrol, membangun interaksi dan bertukar pikiran sambil menyantap makanan. Sebuah sisi lain konsep kantor yang setiap pekerja selain dituntut untuk menunjukkan peforma kerja yang segar dan maksimal juga diberikan ruang untuk mengekspresikan cara bekerjanya senyaman mungkin dan sesuai dengan pribadinya.

Mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Google Indonesia bersama BRID merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan, selain tentu saja mendapat banyak pengetahuan tambahan tentang dunia reportase ala blogger dan SEO, menjelajah tiap sudut kantor Google dan merasakan nyamannya rumah salah satu perusahaan penting dunia, dan meninggalkan sedikit jejak berupa tanda tangan di sudut ruangan Google Indonesia.

Google Indonesia
Dok: Pribadi
Tulisan ini merupakan reportase untuk Blogger Reporter Indonesia (BRID).

4 komentar:

  1. lagi-lagi satu hari kegiatan terlewati untuk bisa ketemu dnegan mu ya mbak ...... :D

    BalasHapus
  2. hahahah, iya mbak...mudah-mudahan next event ketemu ya, Tengkyuuu udah mampir.

    BalasHapus
  3. Ah, pasti menyenangkan berkunjung ke kantor mbah Google ini ya Mbak.
    Saya masih menantikan kloter berikutnya dari BRID nih. Sudah kebelet, tapi rupanya masih harus bersabar menanti...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya nambah pengetahuan Mas, makasih udah mampir dan semoga kloter selanjutnya segera berangkat hehehe

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...