Jumat, 23 Mei 2014

MOM NETPRENEUR PERLU MYTELKOMSEL

Menjadi seorang wanita, terutama ibu memang tidak mudah, setelah menyelesaikan pendidikan selama belasan tahun namun akhirnya harus kembali ke rumah dan menjalani fitrahnya melakoni kegiatan menjadi ibu rumah tangga; membesarkan, merawat, mengasuh anak-anak, dan mengurus rumah tangga. Akan tetapi percayalah, itu bukanlah akhir dari segalanya, karena di tengah dilema antara karir dan keluarga, ada sebuah kebahagiaan apabila apa yang kita putuskan sesuai dengan panggilan hati nurani kita, karena hati tidak pernah bisa dibohongi.

Bekerja ala Mom NetPreneur
Gambar dari sini


Satu hal yang membuat saya tidak pernah berhenti bersyukur, bahwa saya hidup di jaman yang sudah sangat canggih, di mana teknologi digital berkembang dengan pesat dan jarak terasa sangat dekat seolah tanpa sekat dan batas yang menghalanginya. Berkat kemajuan teknologi tersebut, semua hal bisa dikerjakan dengan mudah tanpa ada batasan tempat dan waktu. Dan teknologi itulah yang banyak membantu saya menjadi seorang ibu rumah tangga yang tidak biasa, yang tetap bisa berkarya meskipun melakoni tugas sebagai ibu rumah tangga yang mengharuskan saya selalu berada di rumah.

Ditengah segudang aktivitas sebagai ibu rumah tangga, ada waktu di mana saya merasa harus tetap memiliki kualitas diri dengan menggali potensi yang ada dalam diri saya. Bagi saya, hal itu sangat penting karena selain menyeimbangkan antara mengabdi pada keluarga dan mengaktualisasikan diri agar hidup lebih berdaya guna, saya juga mendapatkan tambahan pengetahuan serta informasi yang berharga tentang bagaimana mendidik anak, membina keluarga yang bahagia, dan menjadi individu yang lebih bermanfaat untuk orang disekitar saya. Dan yang paling penting saya mendapatkan sumber tambahan finansial untuk menguatkan ekonomi keluarga melalui berbagai aktivitas produktif dengan bantuan teknologi.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang mampu melejitkan potensi dalam dirinya, dan dengan bantuan teknologi digital seorang ibu bisa menjelma menjadi sosok Mom NetPreneur. Kemampuan seorang ibu yang multitasking dan social minded akan mampu mengantarkannya menjadi sosok Mom NetPreneur yang handal, yang mampu menghandel beragam urusan mulai dari anak, keluarga, hobi, maupun bisnis yang dirintisnya. Jalan inilah yang saya pilih untuk mengaktuliasasikan diri saya menjadi pribadi yang seimbang.
  • Membangun bisnis dengan bantuan internet yang lazim di sebut Bisnis Online dengan membuka toko online baik dengan membangun website pribadi maupun numpang di website E-Commerce yang memang dibuat untuk tujuan jual beli online. Bermula dari menjadi Reseller kecil-kecilan dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak dengan sistem Dropshipping, akhirnya saya bisa melanjutkan bisnis secara offline. Dari membangun bisnis yang tidak bermodalkan stok barang menjadi memiliki barang meskipun jumlahnya masih terbatas. Bagi saya memulai bisnis online lebih fleksibel, karena saya tidak harus selalu keluar rumah, dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, dan yang terpenting bisa diakses dari mana saja selama 24 jam.
  • Menulis di Blog. Kalau kegiatan yang satu ini merupakan bentuk penyaluran hobi saya dalam bidang menulis, dan saya memiliki banyak impian masa depan baik sebagai penulis maupun blogger (sebutan itu seseorang yang menulis berbagai hal dalam bentuk blog). Dari sekedar menulis untuk tetap memaksimalkan kinerja otak saya, tak dinyana ternyata ada banyak nilai plus yang saya dapatkan dari menulis di blog. Selain menambah teman di dunia maya, saya juga mendapatkan materi atau penghasilan sampingan yang lumayan dari lomba-lomba blog. Suatu hal yang sangat saya syukuri dan sangat membahagiakan.
  • Aktif di Social Media seperti Facebook dan Twitter. Melalui media sosial ini saya mendapatkan banyak keuntungan yang positif, bukan hanya dari sisi menambah jaringan pertemanan, dengan menjadi member di beberapa grup online saya mendapat banyak tambahan pengetahuan dan cakrawala ilmu saya semakin luas. Bahkan saya ikut menjadi member di sebuah grup bisnis ibu rumah tangga yang jumlah anggotanya sangat banyak dan tentu saja potensial sebagai tempat untuk memperkenalkan bisnis saya dan mungkin saja saya mendapatkan partner bisnis yang hebat.   
Aktivitas Mom NetPreneur
Beragam aktivitas yang bermula dari kegiatan online (Dok: Pribadi)
Nah...untuk tetap terus eksis dan online harus memiliki peralatan tempur yang handal seperti komputer/notebook, modem, smartphone, dan koneksi internet. Saya membutuhkan provider internet yang memiliki kecepatan dan kestabilan, serta yang terpenting memiliki sinyal paling kuat di daerah tempat tinggal saya. Kebayang kan kalau sinyalnya aja kembang-kempis, selain bikin sebel karena sering putus-nyambung, aktivitas online saya menjadi terganggu karena mau loading satu kegiatan saja lama, apalagi waktu online yang saya miliki sangat terbatas karena harus berbagi dengan aktivitas lain sebagai ibu rumah tangga.

Teknologi Digital
Dok: Pribadi
Notebook, smartphone, modem, dan koneksi internet saat ini menjadi bagian dari kehidupan saya sehari-hari dalam usaha pencapaian saya sebagai Mom NetPreneur, ibu yang menjadikan internet sebagai media untuk berinteraksi, bersosialisasi, menulis melalui blog, dan mencari tambahan penghasilan. Untuk alasan-alasan itulah saya memilih provider internet yang memiliki kecepatan koneksi yang stabil di daerah tempat tinggal saya yaitu Telkomsel.

Saya menggunakan kartu simpati telkomsel untuk Smartphone, dan Telkomsel Loop untuk modem, alasannya sih simpel saja karena kedua nomor ini terkoneksi satu sama lain melalui Aplikasi MyTelkomsel yang saya download melalui Blackberry World di smartphone saya. Aplikasi yang diluncurkan Telkomsel ini untuk memberi kemudahan akses layanan pelanggan yang menggunakan smartphone dan tablet.
Aplikasi MyTelkomsel
Dok: Pribadi
Modem yang saya miliki memang fiturnya agak kadaluarsa alias hanya memiliki fitur SMS dan tidak ada fitur telpon sehingga agak menyulitkan saya jika ingin mengecek pulsa dan mengisi ulang kuota internet, tapi modem ini setia menemani aktivitas online saya sejak tiga tahun yang lalu tanpa rewel atau keluhan sama sekali. Karena itu ketidaklengkapan fiturnya bagi saya tidak masalah, toh ada MyTelkomsel.

MyTelkomsel juga memberikan informasi profile pelanggan, memudahkan isi ulang pulsa, dan pembelian paket layanan Telkomsel lainnya. Bahkan saat ini saya terdaftar sebagai agen internet di program Telkomsel "Indonesia Genggam Internet" sebagai bentuk apresiasi saya untuk membantu memberantas buta internet di masyarakat sekaligus mendapatkan reward tambahan, syukur-syukur bisa membantu mengatasi kuota pemakaian internet saya yang sering overload. Biasalah...ibu-ibu umumnya berpikiran sangat ekonomis sehingga semua celah yang memungkinkan mendapatkan keuntungan lumayan selalu di coba.

Ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh MyTelkomsel, yaitu :
  1. Cek Kuota Paket Internet dan Cek Pulsa. 
  2. Isi ulang pulsa dengan memasukkan kode voucher.
  3. Pembelian Paket Flash Internet, Telpon, SMS, MMS, dan International Roaming.
  4. Transfer Pulsa, Flash Gift atau mengirimkan Paket Telkomsel Flash kepada sesama nomor Telkomsel, dan Multi SIM Control yang memudahan pelanggan mengontrol pemakaian dan mengetahui informasi nomor telkomsel lain yang telah didaftarkan (maksimal 4 nomor).
  5. Promo dan Notification.
  6. Layanan Pelanggan, di mana pelanggan dapat mengetahui GraPARI terdekat, pengaduan, dan Deaktiviasi layanan content.
  7. Informasi profile layanan yang digunakan.
Beberapa fitur telah saya gunakan bahkan sering, seperti Cek Pulsa. Berkat fitur Multi SIM Control saya bisa mengecek pulsa modem internet saya jika saya mengisi ulang atau sekedar untuk memperbaharui informasi jumlah pulsa modem saya, karena yah...itu tadi modem saya tidak punya fitur telpon yang memungkinkan saya langsung mengecek pulsa melalui komputer. Apalagi saya termasuk pelupa, maklumlah banyak yang dipikirkan sehingga untuk nomor pengecekan pulsa via SMS saja saya kerap tidak tahu, ingatnya cuma *888# tapi cara ini tidak bisa dipakai di modem jadul saya, untunglah ada aplikasi MyTelkomsel, cek pulsa, paket internet jadi lancar.

Mengaktifkan Paket Internet, untuk smartphone saya tidak ada kendala yang berarti karena fiturnya lengkap tapi terkadang saya menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk mengaktifkan kembali paket internet smartphone saya jika terlambat mengisi pulsa sehingga fitur terdebet otomatis gagal dilakukan sedangkan saya suka lupa mengaktifkan paket via SMS atau cara manual lainnya. Kalau untuk modem saya lebih suka menggunakan fitur Flash Gift, lebih simpel dan saya tidak harus membongkar SIM lalu memindahkannya ke handphone lain untuk mengaktifkan paket internet yang saya pilih.
Aplikasi MyTelkomsel
Dok: Pribadi
Baru-baru ini saya mengalami sedikit masalah karena fitur email di smartphone saya tidak bisa menerima email, bingung...sudah pasti sehingga saya harus googling kesana-kemari hanya untuk mencari bantuan untuk mengatasi permasalahan saya. Email sangat berguna bagi saya selain fitur SMS, Telpon, dan Instan Messenger Lainnya, karena berhubungan dengan pelanggan yang umumnya sudah terbiasa via email, selain itu saya juga terbiasa menotifikasi pesanan pelanggan via email. Setelah agak putus asa, saya memutuskan untuk mendatangi GraPARI Telkomsel saja untuk membantu mengatasi masalah saya, tapi untuk itu saya harus mencuri waktu karena aktivitas mengurus anak-anak membuat saya sulit keluar rumah jika tidak direncanakan jauh-jauh hari.

Iseng ketika membuka fitur Layanan Pelanggan untuk mengetahui alamat GraPARI terdekat, eh...ada fitur pengaduan di aplikasi MyTelkomsel. Akhirnya saya mencoba mengirimkan keluhan saya dengan mengisi form yang telah disediakan. Tidak lama berselang ternyata ada notifikasi balasan dalam bentuk SMS untuk mengakses keluhan saya tersebut, agak supraise...ternyata fitur ini bisa dimanfaatkan secara maksimal, buktinya lihatlah screenshoot di bawah ini:
Aplikasi MyTelkomsel
Dok: Pribadi
Meskipun untuk mengaktifkan layanan Email saya membutuhkan waktu lagi, tapi setidaknya dengan bantuan aplikasi ini saya tidak perlu repot harus keluar rumah untuk mencari GraPARI terdekat dan meninggalkan aktivitas lain yang terkadang sulit untuk saya tinggalkan, syukur-syukur kelak ada layanan jemput bola untuk permasalah teknis seperti kartu SIM yang rusak melalui pengaduan di Aplikasi MyTelkomsel, sehingga lebih memudahkan dan tentunya ekonomis (kayaknya terlalu berlebihan ya, maklumlah ibu-ibu pikirannya ngak jauh dari irit dan ekonomis).

Akan tetapi sejauh ini saya telah merasakan banyak manfaat Aplikasi MyTelkomsel dalam kehidupan saya, baik untuk kepentingan pribadi maupun usaha saya untuk memaksimalkan potensi diri melalui dunia digital. Ada 3 manfaat yang nyata diberikan MyTelkomsel untuk saya, yaitu
  1. Lebih Mudah,
  2. Lebih Ekonomis,
  3. Lebih Cepat.
Dalam mencapai impian menjadi seseorang Mom NetPreneur, ternyata saya tidak sendirian karena selain ada dukungan suami, anak-anak dan keluarga, juga ada MyTelkomsel yang akan selalu membantu saya mewujudkan impian tersebut.


Tulisan ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog MyTelkomsel" yang diselenggarakan Telkomsel bekerjasama dengan Blogdetik.
Sumber referensi tulisan : http://www.telkomsel.com/mytelkomsel

8 komentar:

  1. Serumah pake telkomsel semua sih sebenere mak tapi kayaknya aku skip dulu lomba ini. Telkomsel paling bisa diandalkan untuk daerah terpencil spt disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mak, Sinyal paling oke di daerahku yah Telkomsel, yg lain masih suka labil alias mencla-mencle kebayang kalau buat koneksi internet bisa bikin kesel, putus nyambung melulu...

      Hapus
  2. telkomsel memang semakin asyik. fasilitas my telkomsel juga lumayan lengkap..sungguh memudahkan pelanggan...selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mas, semuanya oke...kalau bisa ditingkatkan lagi kecepatan koneksi internetnya dan fitur aplikasi MyTelkomselnya. Tengkyuuu udah berkunjung, Salam kembali dari Tangerang.

      Hapus
  3. my Telkomsel...saya udah lumayan lama pake...selain emang simpel dan terkoneksi satu dengan yang lainnya...koneksinya emang makjleb buat ng'blog dan download an nya...sip deh pokoknyah mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siplah pokoknya, Aplikasi MyTelkomsel emang pelengkap fasilitas Telkomsel lain yang oke. BTW, Tengkyuuu udah berkunjung.

      Hapus
  4. Telkomsel sinyalnya manteng, dan aplikasinya pun bagus-bagus ya. Semoga menang ya Mba. :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinyal paling kuat dan stabil sudah pasti jadi pilihan, Makasih Mas atas kunjungan dan Doanya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...