Senin, 31 Maret 2014

PILIH BAHAN BANGUNAN KOKOH TERPERCAYA UNTUK MEMBANGUN RUMAH IDAMAN

Setiap keluarga pasti memiliki rumah idaman yang akan menjadi rumah masa depan bersama seluruh anggota keluarga. Seperti kata pepatah "rumahku istanaku" maka rumah merupakan titik pusat tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, tempat beraktivitas, tempat melepas penat dan kelelahan, tempat paling nyaman untuk melepaskan diri dari beban masalah. Pendek kata, rumah merupakan pusat dari semua anggota keluarga untuk belajar berinteraksi, membangun potensi diri, belajar mengolah emosi, dan belajar untuk menjadi manusia seutuhnya. Rumah yang teduh, bersinergi dengan alam dan lingkungan sekitar atau ramah lingkungan, dan berdiri kokoh merupakan rumah ideal yang tentu menjadi idaman setiap keluarga.

bahan bangunan untuk rumah idaman
sumber
Seperti halnya membangun satu keluarga, membangun rumah hingga mampu berdiri kokoh menjadi rumah idaman membutuhkan perencanaan yang matang, pelaksanaan sesuai standar, pengawasan yang baik, serta perawatan yang teratur. Membuat rumah tidak hanya asal jadi, karena rumah merupakan tempat kita bernaung tidak hanya beberapa tahun tetapi belasan bahkan puluhan tahun. Kebayang kan kalau rumah yang di buat tanpa perencanaan yang matang, belum genap lima atau enam tahun sudah rusak di sana sini, pada akhirnya harus keluar biaya lagi. Karena itu sebelum merencanakan dengan cermat akan seperti apa bentuk rumah idaman kelak, ada beberapa hal fundamental yang harus diketahui, yaitu aspek material bahan bangunan, teknis pengerjaan, dan biaya.


Aspek Material Bahan Bangunan

Ketika merencanakan untuk membangun rumah, setiap orang pasti menginginkan yang terbaik. Kualitas rumah yang baik tentu membutuhkan bahan-bahan bangunan yang juga baik dan bermutu tinggi, karena material yang di bawah standar sangat rawan terjadi kerusakan akibat pengaruh suhu atau cuaca atau bahkan jika terjadi gempa bisa menimbulkan bencana yang fatal lagi. Jadi, sebelum membangun rumah pastikan Anda mengenali dengan baik material bahan bangunan yang akan digunakan, seperti semen, kayu, besi, pondasi, lantai, dinding, keramik, dan sebagainya.

Bicara soal bahan material bangunan rumah terbaik, pilihannya tentu beragam namun sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa membangun rumah merupakan investasi seumur hidup. Ya benar, rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang berharga bukan hanya untuk sekarang tapi sampai di masa yang akan datang. Karena itu pilihlah bahan bangunan yang terbaik di Indonesia yang kokoh terpercaya serta tidak ada yang meragukan pilihan kita yaitu Semen Tiga Roda.
bahan bangunan
sumber
Semen Tiga Roda memberikan alternatif bahan bangunan rumah berupa semen yang mempunyai kuat tekan tinggi dan kekuatan tarik yang rendah serta bereaksi sempurna apabila dicampurkan dengan batu split, pasir, atau Limestone (bata kapur). Pada campuran 15 persen sampai 35 persen semen, dapat membuat bahan bangunan yang sangat baik untuk pasangan bata, plester, acian, perata lantai, lem keramik, dan beton.

Umumnya kebiasaan mengaci dinding hanya menggunakan semen saja, karena ada semen yang kualitasnya sangat buruk, pada akhirnya menimbulkan banyak masalah seperti acian retak, terkelupas, atau bermasalah pada saat pengecatan. Sebagai alternatif bisa memakai Acian Mortar yang jika diperbandingkan dengan Acian Semen akan nampak sebagai berikut :
  • Harga. Semen kemasan 50 kg dapat mengaci 15 m2, sedangkan TR 30 Acian Putih kemasan 40 kg dapat mengaci 18 m2. Jadi, TR 30 Acian Putih lebih murah /m2.
  • Pengecatan. TR 30 Acian Putih tidak perlu plamir sehingga lebih hemat, dan karena sudah putih bisa menghemat minimal 1 lapis cat.
  • Kualitas cat. Acian menggunakan semen mempunyai masalah alkali tinggi dan dapat merusak warna cat. Sedangkan acian menggunakan TR 30 Acian Putih tidak ada masalah karena alkali rendah sehingga cat dapat menempel dengan baik, tidak perlu plamir dan sealer khusus, serta warna cat lebih tahan lama.
  • Aplikasi lebih cepat. Acian dengan aplikasi TR 30 Acian Putih lebih cepat 4 kali dari acian semen biasa, dan bisa mengaplikasikan satu bidang langsung tanpa sambungan dengan hasil akhir sangat baik.
  • Tahan lama. TR 30 Acian putih mengandung additive polimer untuk meningkatkan fleksibilitas ikatan aci, mengurangi retak, terkelupas, dan lebih tahan lama.
  • Ramah lingkungan. TR 30 Acian Putih lebih ramah lingkungan karena tidak banyak bahan yang terbuang dan lebih tahan lama.
Mengenali dan tahu sedikit seluk beluk material bangunan rumah sangat penting apabila sedang merencanakan membangun rumah untuk meminimalisir kerugian yang mungkin timbul sepanjang pengerjaan pembangunan rumah idaman tersebut. Seperti masalah pengacian pada dinding, dengan mengetahui untung rugi menggunakan TR 30 Acian Putih selain lebih menghemat juga menghasilkan acian dinding yang lebih berkualitas serta tahan lama. Dinding rumah yang baik adalah dengan menekan kuat (seperti plester atau acian) harus lebih rendah atau paling tidak sama kekuatannya dan lebih elastis dibandingkan dengan bahan material bangunan pembentuk dinding (seperti bata dll) sebagai salah satu cara mencegah terjadinya retak.

Selain itu, memilih bahan bangunan yang terbaik bukan hanya pengetahuan yang harus dimiliki kontraktor saja, meskipun hanya membangun rumah bahkan rumah yang sederhana kita juga harus pintar-pintar memilih yang lebih ekonomis, berkualitas, dan tentu saja tahan lama karena rumah adalah investasi kehidupan kita di masa sekarang dan masa depan. Memilih semen sebagai perekat bahan bangunan juga merupakan bagian penting yang harus kita ketahui, karena sebagian besar anggaran untuk membangun rumah dialokasikan untuk pengadaan semen. Bisa dibayangkan kalau tidak pintar memilih, sudah keluar biaya besar tapi hasilnya sangat memprihatinkan, karena itu kita perlu tahu bahwa semen yang baik :
  1. Tidak mengumpal. Perekat bahan bangunan semen yang baik secara fisik atau kasat mata tidak mengumpal.
  2. Waktu mengeras. Anggapan bahwa semakin cepat waktu pengerasan campuran semen, semakin kuat mutu yang dihasilkan, bisa dikatakan tidak tepat. Faktanya, semakin cepat semen mengeras berarti semakin cepat laju reaksi hidrasinya. Reaksi hidrasi menghasilkan panas, sehingga suhu menjadi tinggi. Suhu yang tinggi akan menimbulkan retak pada beton/plesteran/acian sehingga kualitas dan kekuatan menurun.
  3. Adukan lebih rapat dan rekat. Campuran yang padat menghasilkan bahan bangunan beton/plesteran/acian yang berkualitas.
  4. Kemasan tertutup sempurna. Sebelum membeli, cek kertas pembungkus semen masih tersegel rapat atau tidak.
  5. Berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia). Untuk Semen Tiga Roda telah diproduksi mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Amerika (ASTM), dan Standar Eropa (EN).
  6. Baik dalam penyimpanannya.

Aspek Teknis Pekerjaan

Pengetahuan tentang teknis pekerjaan juga diperlukan untuk melakukan pengawasan yang baik terhadap para pekerja. Pada aspek teknis akan memberikan gambaran mengenai tata cara membangun rumah yang dijelaskan secara rinci pada setiap pekerjaannya.

Aspek Pembiayaan

Biaya jelas memegang peranan vital dalam pembangunan rumah idaman. Tanpa biaya sudah jelas tidak akan berdiri satu rumah. Namun di masa sekarang telah banyak fasilitas pembiayaan yang semakin memudahkan orang untuk memiliki rumah, baik melalui cicilan, angsuran atau kredit, meskipun kata berbeda namun pada intinya tetap sama kok, cuma beda mekanisme atau caranya.

Tetapi yang jelas untuk membangun rumah idaman harus disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki. Dan untuk merealisasikannya perlu perencanaan yang matang, terutama soal pembiayaan, seberapa besar biaya yang harus dialokasikan serta bangunan seperti apa yang kita inginkan. Karena itu lakukan analisa dan perhitungan bahan, upah, dan volume pekerjaan sebagai bagian dari membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebagai pondasi awal dalam perencanaan pembangunan rumah idaman.

Meskipun terlihat sangat merepotkan dalam perencanaan membangun rumah, namun kembali lagi bahwa rumah adalah investasi seumur hidup kita. Rumah yang berdiri kokoh menaungi kehidupan didalamnya, serta rumah yang sesuai dengan idaman kita tentu akan membawa kebahagiaan dalam menjalani kehidupan kita sekarang dan di masa yang akan datang. Karena itu, pilihlah bahan bangunan kokoh terpercaya sebagai bahan perekat bahan bangunan rumah idaman masa kini dan masa depan.


Tulisan ini diikutsertakan pada "Semen Tiga Roda Blog Competition 2014" yang diselenggarakan Semen Tiga Roda.


Sumber referensi tulisan :
http://www.sementigaroda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...