Selasa, 25 Februari 2014

SEHAT TANPA STRESS DENGAN MEDITASI

Stress pada wanita
Gambar
Kaum wanita dengan segala kelebihannya untuk melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking ternyata rentan terkena stress. Berbagai hal bisa menjadi penyebab tekanan emosional pada wanita seperti pengasuhan anak, pekerjaan kantor, sampai soal penampilan. Dalam buku The Stresses Sex: Uncovering The Truth About Men, Women, and Mental Health, Jason Freeman, menyebutkan kaum wanita beresiko 40 persen lebih besar untuk mengalami gangguan psikologi. Lebih lanjut, Freeman yang seorang Profesor bidang Psikologi itu mengungkapkan bahwa wanita rentan mengalami depresi, gangguan panik, fobia, insomnia, gangguan stress pasca trauma, bahkan gangguan pola makan. Aspek biologis, psikologis, dan lingkungan bisa menjadi penyebab kaum wanita lebih rentan mengalami stress. Pengaruh hormon selama kehamilan dan masa menopause juga rentan menyebabkan wanita mengalami depresi.


Selain hormon, kemampuan wanita untuk mengatur emosinya lebih sulit dari pria. Bahkan dalam satu artikel tentang kesehatan wanita di tanyadok.com, diungkapkan bahwa setelah melakukan penelitian dengan memberikan soal matematika kepada pria dan wanita, Profesor Chester Ray mendapatkan hasil yang mengejutkan bahwa baik pria dan wanita menunjukkan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi mereka. Pada umumnya, saat terjadi peningkatan denyut nadi dan tekanan darah arus darah dari jantung akan semakin terpompa ke otot, sehingga dapat bekerja lebih kuat. Namun pada wanita, saat kerja jantung meningkat tidak diikuti dengan peningkatan aliran darah menuju jantung, karena itulah wanita lebih beresiko mengalami gangguan jantung berkaitan dengan tingkat stress atau emosinya.

Tahun 2011, dari populasi orang dewasa di Indonesia yang mencapai 150 juta jiwa, sekitar 11,6 persen atau 17,4 juta jiwa mengalami gangguan mental emosional dan gangguan kesehatan jiwa berupa gangguan kecemasan dan juga depresi. Hal ini menunjukkan bahwa setiap tahun terjadi peningkatan gangguan kesehatan jiwa yang mendera sebagian besar penduduk Indonesia, terutama yang bermukim di perkotaan, tidak terkecuali kaum wanita yang nyata-nyata secara psikologis dan biologis lebih rentan mengalaminya.

Kehidupan semakin kompleks, berbagai persoalan muncul kepermukaan, dan manusia masa kini seolah menanggung lebih banyak persoalan dibandingkan masa lampau, bahkan muncul perasaan bahwa hidup ini hanya dipenuhi dengan masalah. Meskipun tidak mungkin manusia sepenuhnya terlepas dari masalah karena setiap masalah kadangkala datang silih berganti tanpa diketahui kapan waktunya, namun bukan berarti tidak ada jalan untuk mengatasinya. Banyak cara dalam mengatasi dan mengolah stress itu sendiri sehingga tidak terlalu memberatkan pikiran dan otak, salah satunya melakukan "Meditasi".

BEBERAPA FAKTA TENTANG MEDITASI

Sebagian besar masyarakat masih menganggap meditasi hanya merupakan bagian dari ritual agama tertentu, dan pemikiran ini masih mendominasi sampai saat ini. Padahal sesungguhnya praktek meditasi dapat bermanfaat baik secara psikologis, spiritual, dan fisik. Ada beberapa fakta yang membuktikan bahwa meditasi mempunyai manfaat bagi kesehatan.
  • Meditasi dapat menjadi alternatif untuk mengurangi stress, terbukti dari hasil penelitian Dr. Benson, seorang profesor dari Sekolah Kedokteran Harvard di Amerika, dalam bukunya yang berjudul "Relaxation Response"  yang mengatakan bahwa dengan bermeditasi, melemaskan atau mengistirahatkan tubuh dan fokus pada pernapasan jika dilakukan kontinyu setiap hari dapat membantu mengurangi stress dan darah tinggi.
  • Meditasi terbukti untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pada tahun 2008 Dr. Randi Zusman, seorang dokter di rumah sakit umum Massachusetts, meminta pasien yang menderita tekanan darah tinggi untuk mencoba program relaksasi berbasis meditasi selama tiga bulan. Setelah bermeditasi secara teratur selama tiga bulan, 40 dari 60 pasien menunjukkan penurunan signifikan dalam tekanan darah dan mampu mengurangi beberapa pengobatan mereka. Ternyata relaksasi menghasilkan pembentukan oksida nitrat yang membuka pembuluh darah.
  • Jika mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, tidak ada salah mencoba meditasi karena meditasi dapat membantu mengatasi persoalan insomnia dengan cara yang lebih alami tanpa bantuan obat-obatan.
  • Meditasi untuk memerangi penyakit pikun atau lupa. Seperti yang diberitakan di Huffingtonpost.com bahwa sebuah studi tahun 2005 tentang pria dan wanita Amerika yang bermeditasi hanya 40 menit sehari menunjukan bahwa mereka memiliki dinding Cortical lebih tebal daripada non-meditator. Ini berarti otak mereka akan mengalami penuaan lebih lambat, dan ketebalan Cortical juga berhubungan dengan pembuatan keputusan, perhatian, dan memori.

MEDITASI SEDERHANA UNTUK KESEHATAN WANITA

Meditasi, selain memberikan manfaat dari segi kesehatan juga memiliki manfaat untuk kecantikan wanita.
  • Latihan pernapasan dalam meditasi merupakan sarana pelepas stress, tubuh yang mengalami stress akan melepaskan hormon kortisol yang berdampak buruk pada kecantikan kulit, karena itu meditasi sering dijadikan sarana terapi awet muda dan salah satu tips untuk tampil cantik dari dalam.
  • Stress yang berlebihan juga mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh. Kebiasaan bermeditasi selain untuk mengusir stress dan menjaga pikiran agar tetap positif juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Melakukan meditasi baik untuk meredam amarah, emosi, dan kecemasan berlebihan yang dapat menganggu kesehatan fisik maupun mental.
meditasi di rumah
Gambar
Meditasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana di rumah, mengambil waktu kurang lebih 20 sampai 30 menit setiap hari niscaya akan membawa perubahan besar pada kesehatan serta kecantikan karena cantik yang sempurna adalah kecantikan yang memancar dari dalam dan untuk mendapatkan kecantikan tersebut tentu harus memiliki jiwa yang sehat. Adapun langkah-langkah meditasi yang dapat dilakukan secara sederhana di rumah adalah:
  1. Sediakan satu tempat tenang, kemudian duduk dengan nyaman dalam posisi bersila dan punggung tegak (bisa dengan cara bersandar di tembok atau menempatkan handuk kecil di bawah tulang ekor untuk membantu duduk tegak).
  2. Sediakan alarm sebagai tanda pengingat waktu yang telah disetel sesuai waktu yang diinginkan untuk melakukan meditasi. Tidak menyadari waktu bisa membuat Anda tidak sabaran atau malah bermeditasi terlalu lama hingga melebihi waktu yang telah ditetapkan.
  3. Gunakan proses bernafas sebagai jangkar agar pikiran tidak melayang kemana-mana dan merusak inti meditasi. Beberapa menit pertama, cobalah bernafas secara alami tanpa perasaan tertekan sama sekali. Fokuskan pikiran pada setiap tarikan dan hembusan nafas serta mempertahankan kecepatan normal. 
  4. Menjauhkan atau bahkan mematikan sementara semua dering telpon agar tidak menganggu konsentrasi.
  5. Biarkan buah-buah pikiran bergerak bergulung-gulung menjadi bermacam-macam hambaran dalam pikiran, hingga pada akhirnya bila cukup berkonsentrasi Anda dapat menyaksikan berbagai pikiran dan ingatan saling terhubung serta membentuk perspektif baru. 
Langkah melakukan meditasi sederhana merupakan alternatif bagi kaum wanita yang dengan segala predikat yang disandangnya baik sebagai istri, ibu, dan manusia untuk melepaskan diri sejenak dari tumpukan kegiatan yang terkadang hanya itu-itu saja dari hari ke hari. Di tambah lagi dengan kondisi emosional dan hormonal wanita yang cenderung rentan ke arah stress atau depresi. Karena itu kaum wanita harus mulai memperbaiki pola hidupnya agar lebih sehat dengan menata hati dan pikiran, yang bisa dilakukan antara lain dengan meditasi sederhana agar tercipta kualitas hidup yang lebih sehat dan kecantikan alami yang terpancar dari hati yang bahagia.


Courtesy : Adjie Silarus From Youtube

Tulisan ini diikutsertakan di ajang "Lomba Blog Wanita Indonesia Cantik dan Sehat" yang diselenggarakan tanyadok.com.

Sumber referensi tulisan :
  1. http://www.tanyadok.com/berita/efek-stress-pada-wanita
  2. http://sehat-cantik.net
  3. http://health.kompas.com
  4. http://www.elisakaramoy.com/2013/06/fakta-tentang-meditasi_14.html

4 komentar:

  1. Meditasi merupakan langkah sederhana untuk melakukan stress, dan hal ini akan membuat kita dapat mengendalikan emosional secara dini ya Mba ? sukses kontesnya.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas...kesadaran untuk mulai mengendalikan rasa emosional terutama kaum wanita memang menjadi isu penting mengingat budaya stress terutama untuk wanita lumayan meningkat. Btw...makasih mas udah mampir, sukses juga untuk jalan-jalannya kayaknya enak banget...ngiri.com

      Hapus
  2. Zaman semakin maju, kebutuhan semakin terasa beretambah, pada akhirnya memicu naiknya tingkat stress,,,

    Ada 1 obat mujarab "stress, obatnya iman dan taqwa, serta mensyukuri apa adanya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Kang...kerelaan untuk mula menerima segala sesuatu termasuk mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diberikan merupakan langkah awal untuk hidup lebih sehat lahir dan batin. Makasih atas komentnya Kang.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...