Jumat, 24 Januari 2014

BINTARO JAYA XCHANGE MALL PUSAT LIFESTYLE DAN BELANJA TERBARU DI SELATAN JAKARTA

Pembangunan Mall bagaikan dua sisi mata uang yang sama-sama memberikan kontribusi bagi laju perekonomian suatu negara, tidak terkecuali di Indonesia. Di satu sisi ada kontribusi positif yang disumbangkan Mall bagi perekonomian negara, diantaranya :
  • Mall memberikan peningkatan pendapatan untuk negara dalam bentuk pajak, karena didalamnya terdapat aktivitas ekonomi yang memiliki jaringan ekonomi sangat besar, bagaimana tidak faktor penggerak transaksi sebagian besar adalah kaum urban yang mengunjungi pusat perbelanjaan biasanya di dominasi oleh kalangan menengah ke atas, dengan nilai transaksi yang sangat besar. Sektor ini tentu sangat mengiurkan bila di lihat dari pendapatan yang di peroleh oleh negara.
  • Setiap pendirian Mall baru, berarti akan tersedia lapangan kerja baru. Biasanya jumlah tenaga kerja yang terserap oleh Mall-mall besar jumlahnya sangat banyak. Sungguh sebuah celah baru yang menyegarkan bagi permasalahan tenaga kerja di Indonesia. 
  • Mall adalah lambang pengakuan, dalam arti dengan banyaknya Mall yang di bangun di suatu negara berarti negara tersebut memiliki iklim investasi yang baik, apalagi dengan semakin banyaknya tenant yang berasal dari luar negeri, kondisi ini semakin menunjukkan bahwa iklim investasi di Indonesia sangat bagus dan mengindikasikan fundamental ekonomi yang kuat.
    Bintaro Xchange Mall
    Mall dengan konsep Ramah Lingkungan
Namun di sisi lain, pembangunan Mall yang salah kaprah juga menimbulkan banyak ekses negatif bagi masyarakat secara sosial dan ekonomi, diantaranya :
  • Semakin maraknya pembangunan Mall, membuat masyarakat semakin kehilangan tempat terbuka untuk melakukan berbagai aktivitas sosial, berinteraksi, atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar.
  • Semakin berkurangnya daerah resapan air.
  • Terjadi ketimpangan secara ekonomi yang terlihat dengan jelas antara masyarakat menengah ke atas dan masyarakat kelas bawah.
  • Semakin terpinggirkannya pasar-pasar tradisional yang sebagian besar pelaku ekonominya adalah masyarakat menengah ke bawah, karena konsep berbelanja di Mall yang lebih bersih dan rapi membuat masyarakat dengan ekonomi yang cukup lebih memilih berbelanja di pusat perbelanjaan.
  • Mendorong berbagai perubahan dalam gaya hidup masyarakat ke arah yang lebih komsumtif untuk hal-hal yang bukan kebutuhan utama.
Meskipun ada sisi positif dan negatif sebagai dampak dari pembangunan sebuah Mall, namun yang terpenting adalah seberapa besar masyarakat bisa memanfaatkan sebuah perkembangan dan perubahan zaman untuk memberikan keseimbangan bagi hidupnya, karena sebuah kemajuan merupakan hal yang tidak bisa tertolak kehadirannya. Dengan mengusung konsep lebih ramah lingkungan dan membumi, sudah banyak Mall yang dibangun di berbagai negara, salah satunya di negara tetangga terdekat kita yaitu Singapura dengan City Square Mall. City Square Mall adalah Mall pertama di Singapura yang mendapat penghargaan Green Mark Platinum Award dari Building and Construction Authority, karena konsep pembangunannya yang terbuat dari dinding kering hasil daur ulang, selain itu dalam pembuangan sampah di pasang alat untuk recycle limbah industri, dan di Mall ini juga memiliki green roof dengan solar panel-nya yang mampu merubah energi matahari menjadi energi listrik.    

Selain itu di Amerika Serikat sudah berdiri Mall dengan konsep pembangunan yang Go Green, yaitu Green Xchange. Di dalam Mall ini, kita dapat menemukan berbagai produk ramah lingkungan mulai dari restoran, kafe organik, furniture dari bahan daur ulang, dan peralatan kantor yang eco friendly. di Mall ini juga terdapat area foodcourt yang terletak di tengah taman yang luas, sebuah tempat makan sekaligus tempat bersantai di mana kita bisa makan sambil menikmati udara segar plus pemandangan alam yang indah.

Bagaimana dengan Indonesia, sebuah Mall dengan konsep eco friendly atau ramah lingkungan telah di bangun di beberapa kota di Indonesia, diantaranya di Kota Jakarta. Salah satu Mall di Jakarta yang di bangun dengan mengusung konsep eco friendly adalah Bintaro Jaya Xchange yang terletak di selatan jakarta. Seperti apa sih Mall yang di bangun dengan konsep lebih ramah lingkungan itu? apalagi letaknya di Kota Metropolitan yang umumnya bangunan atau gedung-gedung di bangun dengan konsep menjulang tinggi dan barisan kaca-kaca yang mengitarinya, akan di bahas di bawah ini.
Bintaro Xchange Mall
Bintaro Xchange Mall dengan konsep Eco Friendly
BINTARO JAYA XCHANGE HADIR SEBAGAI MALL YANG RAMAH LINGKUNGAN

Bintaro Jaya Xchange Mall (BXc Mall) hadir sebagai pusat perbelanjaan baru di Selatan Jakarta dengan mengusung konsep yang mengacu pada lifestyle centre dengan interactive green area yang mengedepankan gaya hidup peduli terhadap lingkungan. Dari total kawasan superblok seluas 25 hektar yang dikembangkan oleh PT. Jaya Real Property, Tbk, enam hektar diantaranya dijadikan green belt area yang di lengkapi berbagai fasilitas pendukung.  Pengunjung Bintaro Xchange Mall akan menemukan satu area di mana terdapat penghubung dengan Bintaro Xchange Park, di area ini beragam kegiatan outdoor dapat dilakukan, mulai dari taman-taman yang bertema khusus, water feature, panggung, seating area, pedestrian walk untuk pejalan kaki dan pesepeda, serta area jogging.
Bintaro Xchange Mall
Bintaro Xchange Mall di Selatan Jakarta berkonsep Eco Friendly
Selain area outdoor dengan beragam fasilitas yang disediakan, salah satu Mall di Jakarta ini juga memiliki beberapa space hiburan yang sangat mengasyikkan bersama keluarga, diantaranya :
  • Bx Rink yaitu fasilitas arena ice skating terbesar di Indonesia. Bx Rink berlokasi di Upper Ground Bintaro Xchange Mall dengan luas arena es mencapai 1.320 m2, di tambah sekitar 1.000 m2 untuk fasilitas pendukungnya. Arena ice skating ini semakin menarik karena dikelilingi oleh Food Xchange, yang akan memanjakan pengunjung untuk menikmati makan siang atau makan malam dengan view yang menghadap langsung ke arena ice skating. Hal ini menyebabkan orangtua bisa dengan mudah mengontrol anaknya yang sedang bermain di arena ice skating sambil menyantap makanan. Bx Rink juga memiliki ice skating academy untuk berbagai tingkatan umur dan kemahiran, keseriusan penyelenggaraan program ini di dukung oleh disediakannya 20 pelatih berpengalaman yang mengantungi sertifikat ISI Asia sehingga siap memberikan pelajaran teknik bermain ice skating dengan tepat dan benar.
    Bintaro Xchange Mall
    Arena Ice Skating BXc Mall yaitu BX Rink
  • Pengalaman Kuliner dan Berbelanja Yang Berbeda. Bintaro Xchange Mall menghadirkan beragam anchor tenant, diantaranya: Centro By Parkson Department Store, Farmer's Market, Fun World, Gold Gym, Rockstar Gym, Best Denki Electronic Store, Cinema XXI, dan Food Xchange. Sedangkan untuk pengunjung yang mencari kenikmatan kuliner, BXc memberikan sensasi berbeda dengan tenant-tenant Food and Beverages (F & B) bernuansa Alfresco Dining. Semua area Food Xchange di desain menghadap ke sisi luar Mall dengan pemandangan taman seluas 2,6 hektar, dan beberapa tenant telah hadir diantaranya Starbucks Coffee, Tator Coffee, Mokka Coffee, Pizza Hut, Marugame Udon, Sushi Tei, Tamani Cafe, Bakmi GM, Samudra Suki, Pepper Lunch, Aroma Pondok Sunda, Sate Khas Senayan, Kenny Rogers Roasters, dan masih banyak lagi. Alfresco Dining di empat lantai teras yang menghadap langsung ke outdoor park merupakan pilihan terbaik bagi Anda para penikmat kuliner dan coffee shops.
    Bintaro Xchange Mall
    Nikmati Pengalaman Kuliner Bersama BXc Mall
  • Menikmati Akhir Pekan di Bintaro Xchange Mall. Khusus di akhir pekan, BXc Mall akan menghibur para pengunjung dengan acara musik akustik dengan genre jazz di hari sabtu dan top 40 di hari minggu. Dengan jam operasional pukul 10.00 Wib hingga 22.00 WIB, dan tidak menutup kemungkinan akan menambah jam operasional khususnya pada acara atau hari tertentu. 
    Bintaro Xchange Mall
    Berakhir pekan di BXc Mall
BXchange HADIR MELENGKAPI BINTARO JAYA

Berdiri tepat di di sisi jalan tol Bintaro - Pondok Indah, Bintaro Xchange Mall menjelma menjadi ikon pusat gaya hidup dan berbelanja, selain itu BXc Mall juga hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan penghuni kawasan Bintaro Jaya. Kedepannya kawasan ini akan berkembang sebagai Urban Development Hub, dengan konsep kawasan yang terintegrasi dengan pengembangan Stasiun Intermoda Jurangmangu, gedung perkantoran, pusat belanja, kondominium serta hotel berbintang.
Letak Bintaro Xchange Mall
Posisi strategis Bintaro Xchange Mall
Dengan konsep pembangunan yang Eco Friendly, Mall di Jakarta yang terletak di kawasan Bintaro Jaya ini hadir untuk melengkapi kota hingga menjadi kawasan kota mandiri yang layak huni (livable), dan menjadikan Bintaro Jaya sebagai hunian yang di cintai warganya (Lovable). Dengan fasilitas dan sistem transportasi umum yang terintegrasi, kini warga Bintaro Jaya tidak perlu membuang waktu dan tenaga hanya untuk meeting dengan kolega kerja di wilayah Jakarta atau sekedar menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.

Pada akhirnya, kehadiran Bintaro Xchange Mall akan menambah kepemilikan warga terhadap Bintaro Jaya sebagai kawasan kota mandiri yang ramah lingkungan dan selalu berevolusi secara berkelanjutan sesuai dengan harapan warganya.

Tunggu apa lagi, mari Xplore and Xperience the Xcitement of Bintaro Jaya Xchange Mall.

Lomba Blog Bintaro Xchange Mall

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Blog Writing Competition Bintaro Jaya Xchange" yang diselenggarakan Bintaro Xchange Mall.

Sumber referensi tulisan dan foto :
  1. http://bintarojayaxchange.com
  2. http://ririkdpratiwi.blogspot.com/2011/05/dampak-pembangunan-mall.html

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Maaf Mak baru bales...hehehe, tengkyuuu udah mampir

      Hapus
  2. Kami RAJA PLASTIK INDONESIA menjual berbagai produk plastik termasuk tempat sampah plastik yang dijual ke seluruh kota di Indonesia. Kantor kami berada di Jakarta, Telp : 021-87787043 / 081953841039, atau klik website kami di : www.rajaplastikindonesia.com atau www.tempatsampahplastik.net

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...