Jumat, 29 November 2013

BSD CITY, KOTA UNTUK KELUARGA

Secuil halaman dan lingkungan tumbuh yang aman serta nyaman bagi buah hati kerap menjadi pertimbangan pasangan muda untuk mengungsi dari pusat kota dan bermukim di kawasan sub-urban  (daerah pinggir kota). Namun pada kenyataannya, ibarat pepatah "you win some, you lose some", ketenangan di dapat, tapi warga harus berdamai dengan fasilitas yang tidak sekomplet di pusat kota. Terlebih lagi bila berhadapan dengan masalah perencanaan wilayah yang masih tumpang-tindih membuat keputusan yang telah dibuat harus dibayar dengan mahal. Menurut Sosiolog perkotaan, Linda Damarjanti, kondisi kawasan pinggir kota di Indonesia berbeda dengan karakteristik pinggir kota di negara maju. Di negara maju, kawasan ini punya sarana dan prasarana yang mampu memfasilitasi penduduk di pinggiran yang umumnya juga bekerja di sekitar tempat tinggal mereka. Komplitnya fasilitas pinggiran kota di negara maju menyebabkan hubungan penduduknya dengan pusat kota hanya sesekali saja.

Masterplan BSD City
Masterplan BSD City (Sumber Gambar)
Bertitik tolak dari kenyataan inilah maka pada tahun 2003, Sinarmas Developer and Real Estate, anak perusahaan Sinarmas mengembangkan konsep kota mandiri di kawasan Serpong, yaitu Bumi Serpong Damai (BSD). Dengan luas area lebih kurang separuh dari kota Paris, BSD merupakan sebuah perencanaan tata kota paling ambisius di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap berupa perumahan, serta area komersil dan bisnis. Dengan infrastruktur kelas utama dan fasilitas yang lengkap, BSD telah berkembang menjadi kota mandiri untuk selanjutnya menjadi kota yang aman dan nyaman untuk keluarga.

 

BSD City
BSD City, Kota Mandiri fasilitas komplit (Sumber gambar)
Mengapa rasa aman dan nyaman menjadi hal yang penting? tentu saja karena ada pertimbangan keluarga di dalamnya, ketika satu keluarga telah memiliki anak maka apa yang dirasakan oleh anak dan bagaimana masa depan anak akan menjadi faktor penentu orang tua dalam mengambil satu keputusan, BSD sangat memahami hal ini. Karena itu pembangunan di BSD bertumpu pada satu hal : bagi orang yang menetap, bekerja dan bersenang-senang didalamnya. Konsep BSD ini mengarah pada hal tersebut, karena mereka-lah yang kelak akan menikmati berbagai kenyamanan hidup berkualitas dalam rumah yang nyaman, ruang bisnis, tempat berbelanja, serta berbagai sarana pendidikan sekaligus berekreasi dalam satu kota, dan tentunya dengan lingkungan yang lebih sehat.

Umumnya dalam satu keluarga terdiri dari orangtua dan anak dengan beragam kebutuhannya masing-masing. Menjadi satu kebanggaan tersediri, ternyata BSD mampu mengakomodir beragam kebutuhan tersebut, sehingga tercipta satu keluarga di mana setiap anggota keluarganya merasa aman dan nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. 
  1. Aksesibilitas. Dengan rangkaian moda transportasi yang tersedia, yaitu jalur kereta api Jabotabek dan bus Feeder TransBSD yang terhubung dengan jalur Busway, BSD mampu mengakomodir kebutuhan warganya yang akan bepergian, bekerja, atau melakukan aktivitas di luar daerah BSD. Apalagi bila kenyamanan ini ditunjang dengan jadwal transportasi yang teratur sehingga efisiensi waktu bisa terbaca dengan baik.
  2. Fasilitas. Beragam fasilitas telah tersedia di kawasan BSD tanpa harus bersusah-susah mencarinya di tempat lain. Fasilitas olahraga telah tersedia lengkap, bahkan tersedia pula Ocean Park, thematic water adventure terhebat di Asia Tenggara. Untuk memenuhi kebutuhan life style telah tersedia pusat-pusat perbelanjaan baik yang modern maupun tradisonal, aneka pusat hiburan untuk orang dewasa dan anak-anak, atau jika ingin berwisata kuliner bersama keluarga telah tersedia tempatnya. Tersedia pula fasilitas kesehatan yang lengkap, bahkan telah berdiri rumah sakit berstandar internasional yang akan membentu warga BSD dalam masalah kesehatan, yaitu Eka Hospital. Dan yang menjadi bagian terpenting dalam satu keluarga adalah fasilitas pendidikan untuk anak, BSD sangat memahami hal ini karena itu telah tersedia 63 sekolah dan perguruan tinggi nasional serta internasional yang kurikulumnya mengacu pada inovasi, kreativitas, dan pendekatan yang memacu semangat belajar.
  3. Infrastruktur. Di dukung infrastruktur yang tertata dengan baik membuat BSD City mampu menciptakan konsep kota mandiri yang aman dan nyaman untuk keluarga. Bagaimana tidak, untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat, telah tersedia berbagai taman terbuka yang menyajikan ruang hening untuk sejenak melarikan diri dari hirup pikuk kehidupan modern yang sarat akan rutinitas kesibukan, juga mendukung gerakan penghijauan, dan membuat udara lebih sehat. Selain itu drainase saluran air yang tertata dengan rapi, antisipasi banjir dengan pembuatan kanal, pembuangan limbah yang dikelola dengan sistem terencana, semuanya membuat infrastruktur yang menunjang kehidupan penghuninya terkelola dengan sistemik.
  4. Lingkungan. Sekitar 400 hektar dari luas keseluruhan BSD di alokasikan bagi ruang hijau, sehingga komitmen untuk menciptakan udara yang bersih dan sehat serta lingkungan yang berkualitas sangat terasa. Ditambah lagi faktor keamanan yang sangat ketat membuat perasaan aman warga terakomodir.
  5. Ukuran. Dengan luas sekitar 6000 hektar, BSD masih menyisakan 3/4 luas lahan untuk pembangunan selanjutnya, tentunya hal ini merupakan kesempatan untuk berinvestasi lebih luas.
Dalam hidup, hal yang paling penting adalah adanya momen kebahagiaan bersama keluarga, dan untuk mendapatkan momen terbaik bersama keluarga tentu kita harus memiliki banyak waktu untuk keluarga. Dan momen kebersamaan itulah yang banyak terekam di lensa kehidupan warga BSD, sebuah kota masa depan dengan fasilitas kehidupan yang lengkap untuk membangun hubungan keluarga yang lebih berkualitas, karena momen terbaik dalam hidup adalah tinggal bersama dalam suka dan duka bersama orang-orang yang kita cintai diliputi rasa aman dan nyaman.


Courtesy : Sinar Mas Land From Youtube

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Blog Contest Sinar Mas Land" yang diselenggarakan Sinar Mas Land.


Sumber referensi tulisan dan foto :
http://www.bsdcity.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...