Rabu, 09 Oktober 2013

TINGKATKAN BISNIS MELALUI DIGITAL MARKETING

Dunia bisnis di Indonesia terus mengeliat, karena itu perlu bagi pelaku bisnis untuk terus mencari celah dan menyusun strategi bisnisnya untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin tajam. Mengutip ucapan Simon Jonatan, seorang Konsultan Marketing, bahwa untuk memenangi pasar dalam dunia yang terus berubah ada empat kunci sukses, yaitu :
  1. Awareness, yang termasuk dalam point ini adalah iklan yang gencar untuk membangkitkan kesadaran terhadap produk tersebut bagi konsumen.
  2. Attractiveness, apakah produk kita menarik. Harus ada sesuatu yang berbeda dibandingkan produk lain yang diproduksi kompetitor.
  3. Availability, apakah produk juga dilengkapi oleh ketersediaan yang menunjang. Misalnya, produk rumah dilengkapi dengan akses yang mudah dan strategis.
  4. Affordability, untuk menarik konsumen, penjualan produk disertai dengan berbagai macam potongan harga maupun kredit ringan.
Menurut Simon, keempat kunci sukses tersebut bisa meningkatkan brand of mine konsumen. Sebuah produk harus memiliki satu keunikan tersendiri untuk mampu bersaing dengan brand-brand kompetitor yang sejenis, dan di era digital yang sekarang semakin mendominasi setiap sisi kehidupan masyarakat hal tersebut tidaklah terlampau sulit karena celah sempit dalam persaingan bisnis dapat dilalui dengan strategi marketing yang handal dan sesuai dengan perkembangan zaman, yaitu dengan Digital Marketing.

KONSEP DIGITAL MARKETING

Digital Marketing atau pemasaran secara digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dagang dengan menggunakan media digital, yang mana media digital ini dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Media digital yang termasuk didalamnya adalah radio, televisi, handphone, internet, dan social media. Pada prinsipnya, konsep digital marketing merupakan konsep pemasaran yang fokus pada pengembangan media digital atau dalam hal ini lebih populer dengan istilah internet dengan tiga kategori pengembangan, yaitu :
  1. Content Marketing,
  2. Search Engine Marketing,
  3. Social Media Strategy.
Ketiga hal tersebut menjadi elemen penting bagi kepentingan bisnis manakala seorang entrepreneur memfokuskan marketing produknya melalui digital marketing, dan sekaligus merupakan solusi untuk meningkatkan daya saing produknya di era digital yang makin mendominasi pasar akhir-akhir ini. Idealnya, sebuah perusahaan yang memiliki visi ke depan harus mulai membangun digitalisasi marketing bagi produknya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa konsep digital marketing memiliki manfaat yang sangat besar untuk mempengaruhi konsumen yang menjadi target produknya, selain tentunya mampu mencapai target pasar yang lebih baik, meningkatkan penjualan, dan membangun digital branding dengan cost yang lebih efisien.

Seorang entrepreneur harus mulai membangun strategy pemasaran di era digital, di mana salah satu pointnya adalah menggunakan internet. Melalui media internet, kita dapat mengetahui perilaku konsumen, trend pasar, jumlah permintaan produk berdasarkan kata kunci, bahkan kita mampu berkomunikasi secara langsung dan pribadi dengan konsumen dari seluruh dunia. Ada tujuh tips yang dapat dilakukan ketika memasarkan produk lewat internet, yaitu :
  1. Lakukan penawaran bisnis yang eksklusif serta mempunyai daya jual tinggi melalui email, misalnya dalam bentuk newsletter yang secara kontinyu mampu menjaga konsistensi hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan.
  2. Membangun website atau blog (baik gratis maupun yang berbayar) sebagai sarana Display produk atau jasa yang akan kita tawarkan pada konsumen.
  3. Lakukan promosi yang segmented ke Social Media, seperti facebook, twitter, youtube, instagram, kaskus, google +, dan social media lainnya.
  4. Lakukan promosi ke Social Media Network sebagai sarana untuk membangun link menuju website atau blog kita.
  5. Melakukan promosi yang segmented dengan memanfaatkan iklan baik yang berbayar atau gratis di media internet.
  6. Bergabunglah di forum (baik jual beli maupun komunitas) kemudian lakukan penawaran yang segmented sebagai sarana membangun link, namun tetap memperhatikan etika dan aturan-aturan yang ditetapkan dalam forum atau komunitas tersebut.
  7. Membangun jaringan Group baik melalui yahoo atau google, sebagai salah satu cara untuk berinteraksi dengan konsumen atau pelanggan.
social media marketing

Trend masyarakat yang menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap penggunaan media social, membuat pelaku bisnis mau tidak mau harus mulai membangun bisnisnya ke arah digital marketing. Banyak social media yang bisa digunakan sebagai ajang untuk mulai membangun brand image produk yang ditawarkan, namun yang memiliki pangsa pasar terbesar adalah facebook dan twitter. Kedua social media ini memiliki jumlah pengguna yang lumayan tinggi di Indonesia, bahkan Indonesia adalah salah satu dari negara di dunia dan di asia yang memiliki jumlah pengguna tertinggi. Bayangkan dengan kenyataan tersebut maka social media merupakan tempat yang sangat tepat untuk membangun pasar yang berbiaya minimal tetapi mendapatkan hasil yang maksimal...seperti hukum ekonomi pada umumnya.

Apa sih sebenarnya manfaat dari social media dalam pengembangan bisnis yang sedang kita kelola? Manfaatnya bermacam-macam dan umumnya merupakan sarana untuk membangun brand produk dalam ingatan konsumen yang menjadi sasaran penjualan produk kita, namun secara spesifik dapat dirumuskan bahwa melalui social media atau jejaring sosial tersebut memiliki manfaat antara lain :
  1. Sebagai ajang gaul atau pertemanan, dalam artian semakin Anda gaul atau terkenal di dunia maya maka Anda semakin dipercaya oleh konsumen.
  2. Sebagai ajang membangun brand atau merek. Bayangkan efek viral yang ditimbulkan oleh kedua social media tersebut, semakin banyak jumlah pengikut yang Anda miliki maka akan semakin besar peluang untuk menyebarluaskan posting yang Anda buat kepada pengikut Anda dan tentu saja efeknya akan sangat luar biasa mengingat di social media tersebut memiliki fasilitas share atau berbagi serta fasilitas retweet.
  3. Media untuk membangun komunitas atau konsumen loyal, karena keberadaan komunitas sangat penting sekali untuk mendukung eksistensi merk Anda. Dan untuk manfaat yang satu ini, banyak brand sudah membuktikan bahwa membangun komunitas sangat efektif untuk menjaga konsistensi dan loyalitas konsumen setia produk yang Anda jual.
  4. Menarik pengunjung ke website atau blog Anda. Dengan banyaknya anggota group atau follower yang Anda miliki, Anda bisa menautkan link yang mengarah ke website Anda, dan hal tersebut akan meningkatkan traffic blog Anda. 
Penggunaan smartphone yang semakin meningkat, disertai dengan semakin beragam dan terjangkaunya fasilitas internet membuat pengguna internet aktif menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kenyataan tersebut merupakan lahan subur bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan trend pasar tersebut ke arah peningkatan penjualan produknya sekaligus sebagai ajang untuk membangun komunitas brandnya yang loyal.

Namun tentu saja dengan beragam fasilitas dan kemampuan social media mempengaruhi penggunanya melalui fitur-fitur yang tersedia membuat banyak pelaku bisnis mulai memanfaatkan potensi tersebut sehingga persaingan akan selalu menyertai setiap usaha dalam melakukan pemasaran. Karena itu diperlukan strategi khusus dalam usaha membangun brand menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang saat ini sedang digandrungi sebagian besar masyarakat Indonesia, diantaranya :
  • Sebelum memanfaatkan jejaring sosial sebagai media marketing, pelaku bisnis harus memiliki website terlebih dahulu sebagai media display produk secara mendetail.
  • Membangun komunitas pembeli sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya.
  • Fokus dengan satu produk saja, manfaatkan Fanspage hanya untuk promosi produk yang sedang Anda jual saja, serta menetapkan target yang ingin dicapai melalui Fanspage yang Anda buat.
  • Jangan membuat bosan calon konsumen dengan begitu banyak penawaran yang sama lewat email, Facebook, SMS, Twitter, dan social media lainnya. Lakukan sesuatu yang unik sekaligus menanamkan sugesti bahwa produk Anda adalah sesuatu yang selalu ditunggu update terbarunya.
Tetapi hindari untuk melakukan selling di facebook profile Anda karena akan menimbulkan antipati terhadap berbagai promo yang sudah Anda lakukan, selalu menjaga kualitas posting dengan memposting sesuatu yang bermanfaat, jangan mentag teman yang belum mengenal produk Anda dengan baik, serta selalu komunikatif dan peduli terhadap komentar-komentar yang masuk ke Fanspage Anda.

Dengan semakin beragamnya social media, mau tidak mau membuat kita harus selektif dalam memilih mana yang cocok untuk dipergunakan sebagai media marketing produk kita. Tidak semua social media cocok untuk dijadikan target marketing, bahkan untuk tujuan meningkatkan penjualan. Traffic kunjungan konsumen atau pengguna yang tinggi merupakan salah satu point terpenting agar strategi marketing yang kita jalankan tidak terbuang dengan sia-sia. Selain itu kita juga harus tetap memperhitungkan langkah yang diambil kompetitor terhadap strategi marketing yang kita jalankan, karena proses imitasi yang dilakukan kompetitor tentu akan merugikan kita, terutama dalam persaingan bisnis, karena itu kita harus tetap mengupdate strategi marketing secara periodik dengan selalu menemukan inovasi-inovasi baru yang segar.

Bicara soal inovasi dalam sebuah strategi marketing, terutama berkaitan dengan digital marketing merupakan sesuatu yang penting dan mutlak untuk kita jalankan, karena setiap detik pengguna social media yang mungkin mampir ke fanspage produk kita beragam, bahkan terkadang bukan golongan yang menjadi target marketing kita, tetapi jadikan hal ini sebagai peluang karena membangun komunikasi di luar target market kita terkadang menimbulkan keuntungan tersendiri yang tanpa kita sadari akan membawa kita kepada target market kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, target market produk kita adalah kosmetik perawatan untuk wanita setengah baya, namun yang mampir atau menjadi visitor fanspage produk kita adalah remaja, jadikan hal ini sebagai peluang karena tanpa disadari kita harus menanamkan sugesti pada remaja tersebut untuk mempengaruhi ibunya dalam memilih produk kosmetika yang kita produksi.

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, diperlukan celah-celah khusus untuk masuk ke dalam persaingan tersebut. Meningkatkan nilai bisnis melalui digital marketing merupakan salah satu cara untuk masuk ke dalam persaingan tersebut, karena digital marketing akhir-akhir ini semakin menunjukkan kegemilangannya seiring semakin meleknya masyarakat Indonesia khususnya terhadap dunia digital (internet). Untuk itu diperlukan kiat khusus agar mampu bertahan dalam strategi bisnis secara digital yang kita jalani :
  1. Fokus, fokus, dan tetap fokus.
  2. Rebutlah kepercayaan konsumen.
  3. Promosi dan terus berpromosi.
  4. Bangunlah Afiliasi atau Leverage, merupakan salah satu cara untuk memperluas jaringan pemasaran dengan cepat dan gratis.
  5. Riset dan selalu berinovasi, pergerakan dan pergeseran perilaku konsumen sangat penting untuk pengembangan produk kita, karena itu inovasi merupakan hal yang wajib agar tetap eksis dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan.
Percayalah dalam sebuah persaingan, selalu ada celah untuk masuk dalam persaingan tersebut bahkan memenangkan persaingan tersebut, namun tentunya tetap harus memiliki strategi khusus sebagai senjata untuk memenangkan persaingan. Pun dalam bisnis, selalu ada persaingan dan selalu ada celah untuk masuk sekaligus memenangkan persaingan tersebut. Tentunya dengan strategi dan inovasi marketing yang tetap serta sesuai dengan perkembangan zaman.


Tulisan ini disertakan dalam "Lomba Esai Ciputra Entrepreneurship 2013" yang diselenggarakan  Ciputra Entrepreneurship, No 1 Entrepreneurship Website.


Sumber Referensi tulisan :
  1. http://www.marketing.co.id
  2. http://bisniskeuangan.kompas.com
  3. Female NetPreneurs oleh Abu Abdad Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...