Senin, 21 Oktober 2013

TEMUKAN ARTI KENYAMANAN HIDUP DENGAN SUN MEDICAL EXECUTIVE

Antara kaget, tidak percaya, dan tentu saja bahagia, ketika akhirnya saya dianugerahi kembali kepercayaan untuk mengandung dan melahirkan buah hati tercinta. Apalagi tak dinyana ternyata saya dianugerahi anak perempuan untuk melengkapi hidup saya setelah diangerahi dua orang jagoan sebelumnya, sangat bahagia dan rasanya tidak henti untuk selalu mengucap syukur pada Tuhan. Namun saya harus melalui proses melahirkan yang bisa terbilang tidak mudah baik dari segi prosesnya itu sendiri maupun dari segi biaya, karena saya harus menjalani operasi Caesar. Operasi...kata-kata itu jika diucapkan atau dipikirkan selalu disertai dengan sejumlah uang yang entah berapa puluh bahkan ratus seri yang harus dikeluarkan. Stress dan agak sedikit panik...tentu saja, karena setiap tahun biaya kesehatan selalu meningkat, dan biaya operasi caesar empat tahun lalu mungkin telah bertambah sekian persen setiap tahun. 

Merupakan sebuah keberuntungan karena kebetulan untuk biaya operasi bisa ditanggung oleh kantor suami meskipun tidak seratus persen diganti. Selama menjalani masa pemulihan di rumah sakit bersalin, banyak kejadian yang saya lihat dan alami, betapa seorang ibu yang notabene masih dalam keadaan lemah setelah melahirkan harus ikut memikirkan biaya yang harus ditanggung, belum lagi ada pasangan muda yang nyaris tidak memiliki persiapan biaya yang memadai harus menerima kenyataan melahirkan dengan cara operasi. Rasanya dalam sepersekian menit selalu saja ada permasalahan kesehatan yang harus dihadapi ribuan bahkan jutaan manusia, dan masalah biaya merupakan masalah paling utama. Ada pepatah yang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya, namun sejujurnya tanpa uang ada banyak permasalahan dalam hidup yang sulit untuk diselesaikan, terutama masalah kesehatan.

Sakit...menjadi kata yang sangat menakutkan bagi masyarakat yang memiliki ekonomi terbatas, karena sakit akan berakibat pada sejumlah uang yang harus disiapkan untuk menebusnya. Berbagai program pemerintah untuk mengatasi dan meringankan beban masyarakat atas masalah kesehatan telah banyak digulirkan, dan cukup memberikan banyak manfaat. Namun sekali lagi, masalah kesehatan ruang lingkupnya sangat luas dan tentu saja program pemerintah sangat terbatas sehingga ada banyak permasalahan kesehatan yang tidak dapat dicover sepenuhnya oleh program kesehatan tersebut. Kenyataan tersebut harusnya mulai mengubah mindset kita tentang pentingnya perlindungan kesehatan bagi keluarga sedini mungkin, karena waktu akan selalu bergulir dan setiap tahun biaya kesehatan secara cepat mengalami perubahan serta kenaikan.

Selain itu, pemahaman tentang arti penting perlindungan kesehatan bagi keluarga yang kita cintai adalah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masa depan keluarga, karena itu sudah saatnya kita memproteksi diri dan keluarga dari kemungkinan berbagai resiko masalah kesehatan yang terkadang akan merengut kebahagiaan keluarga kita. Mengapa kita perlu memproteksi diri dan keluarga kita? Karena dalam kehidupan ini kita akan dihadapkan kepada resiko-resiko yang berada di luar kendali kita, dan untuk resiko-resiko tersebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain :
  • Menghindari resiko, dengan cara menghilangkan atau menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat menyebabkan resiko.
  • Mengendalikan resiko, dengan cara mengantisipasi penyebab maupun akibat dari suatu resiko.
  • Menerima resiko, tidak melakukan aksi apapun untuk mengurangi penyebab atau dampak dari suatu resiko.
  • Mengalihkan resiko, dengan cara mentransfer segala akibat yang timbul dari resiko tersebut kepada pihak lain (dalam hal ini dapat juga disebut sebagai proteksi asuransi).
Berdasarkan realitas yang selama ini kita lihat, ada banyak masalah kesehatan yang tidak mampu tertangani dengan baik, dan sebagian besar karena masalah keuangan. Kondisi ini mungkin bisa diminimalisir jika kita menyadari resiko-resiko kesehatan tersebut dan segera memproteksinya, tidak ada seorang pun yang tahu apa yang terjadi besok...besok dan hari seterusnya dan sudah seharusnya mulai merencanakan memiliki proteksi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi kesehatan keluarga, karena sehat adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hidup ini.

MEMILIH ASURANSI KESEHATAN KELUARGA

Kesadaran untuk memproteksi diri dari berbagai resiko mungkin sudah mulai merambah masyarakat dari berbagai golongan, namun berbagai persepsi keliru mengenai asuransi yang kerap beredar di masyarakat seringkali memupuskan kesadaran tersebut. Padahal dengan memiliki asuransi kesehatan maka kita akan memiliki jaring pengaman di saat kita sakit agar hasil kerja keras selama ini tidak habis untuk membiayai perawatan medis. Dewasa ini asuransi kesehatan terus berkembang, ada yang mengganti biaya penyakit kritis, asuransi untuk tahap awal penyakit kritis, atau yang menjamin rawat inap saja.

Menurut Tejasari, perencana keuangan dari Tatadana Consulting, setiap orang idealnya memiliki asuransi kesehatan, tak terkecuali anak-anak karena kecenderungan mereka untuk masuk rumah sakit lebih besar. Selain mudah terserang penyakit, para ibu umumnya gampang khawatir akan kesehatan anaknya. Berdasarkan kondisi inilah maka sangat diperlukan asuransi kesehatan keluarga, karena keluarga terutama anak-anak harus kita proteksi sedini mungkin dari berbagai kemungkinan masalah kesehatan.

Karena asuransi jiwa merupakan perkara yang sangat dibutuhkan, maka dalam memilihnya perlu dipertimbangkan sebaik-baiknya. Jangan hanya fokus pada masalah murahnya premi tapi di kemudian hari akan banyak masalah yang membelit kita, terutama pada saat kita sangat membutuhkannya. Untuk itu sebelum memilih asuransi termasuk asuransi kesehatan, perlu dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Polis Asuransi. Sebelum mengikuti program asuransi kesehatan, biasakan untuk membaca dengan cermat semua ketentuan yang tertulis di surat perjanjian tersebut, perhatikan dengan teliti resiko apa saja yang ditanggung, apa saja yang bisa diklaim, pengembalian uang, dan sebagainya.
  2. Klaim Asuransi. Kita harus mengetahui secara mendetail bagaimana prosedur dari perusahaan asuransi tersebut ketika akan mengajukan klaim melalui agen yang menawarkan asuransi kesehatan, dan sangat penting bagi kita untuk membina hubungan yang baik dengan agen tersebut karena agenlah yang akan membantu kita ketika akan mengajukan klaim.
Selain beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan, ada beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan terutama untuk keluarga tercinta, antara lain :
  1. Cari perusahaan asuransi menengah ke atas sekaligus reasuransi. Mengapa harus reasuransi? karena jika perusahaan tersebut Asuransi dan Reasuransi, maka perusahaan asuransi tersebut adalah perusahaan induk atau besar di mana perusahaan asuransi yang bersangkutan mendapat proteksi bila terjadi kepailitan, dan akan meminimalisir kerugian kita sebagai nasabah.
  2. Cari asuransi kesehatan yang mudah saat kita perlu rawat inap, tidak perlu bayar uang muka pada hari pertama di rawat, bahkan sekarang ada sistem di mana dengan menggunakan atau menunjukkan kartu kita sudah bisa mendapatkan fasilitas rumah sakit berikut obat-obatan dan lain-lain, tentunya dengan batasan yang sudah ditentukan sesuai yang tertera di polis, jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya hingga selesai pengobatan atau dirawat.
  3. Masa tunggu untuk mendapatkan manfaat umumnya satu tahun.
  4. Pengecualian dan masa tunggu suatu penyakit tertentu, mulai di cover berapa lama sejak polis jadi untuk klaim perawatan kesehatan, karena sakit tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.
  5. Cari batasan usia yang cukup jauh misal hingga usia 75 tahun, karena setiap perusahaan asuransi memiliki kriterianya masing-masing.
  6. Cari asuransi kesehatan yang memperbolehkan membeli polis baru walaupun kita telah memiliki polis asuransi kesehatan lainnya.
  7. Bisa diambil tanpa perlu ikut asuransi jiwa atau asuransi kesehatan murni, atau berbarengan dengan asuransi jiwa. Intinya pilihlah sesuai dengan kebutuhan.
  8. Adanya garansi perpanjangan polis jika kita pernah klaim besar ataupun sering klaim, hal ini penting agar tetap mendapatkan proteksi kesehatan.

NYAMAN DENGAN SUN MEDICAL EXECUTIVE DARI SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA

Sun Life Financial Indonesia
Logo dari Sini

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, serta pelayanan klien baik indivisu maupun korporasi. Sun Life Financial dan mitranya kini telah beroperasi di pasar-pasar utama di seluruh dunia, di Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hongkong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, dan Bermuda. Sejumlah penghargaan bergengsi telah diraih Sun Life Financial Indonesia selama tahun 2013, yaitu :
  • Peringkat 1 The Best Risk Managament Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp. 100 Miliar.
  • Peringkat 3 The Best Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp. 100 Miliar.
  • Call Center Service Excellence Award (CCSEA) untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence.
  • Peringkat 3 untuk kategori asuransi jiwa dengan aset di bawah Rp. 5 Trilliun Corporate Image Award 2013 yang diselenggakan oleh majalah Bloomberg Businessweek dan Frontier Consulting Group.
Dan per Juni 2013, Sun Life Financial Indonesia mengukuhkan komitmennya dalam menyediakan perlindungan menyeluruh kepada nasabah dengan meluncurkan Sun Medical Executive, sebuah asuransi tambahan yang menawarkan manfaat lebih untuk biaya rawat inap dan operasi, selain tentunya untuk menjawab kebutuhan nasabah yang perlu melindungi dirinya dan keluarga dari biaya rumah sakit yang tidak terduga. Produk Sun Medical Executive memiliki keunggulan, yaitu :  
  1. Perlindungan kesehatan dari usia 15 hari sampai dengan 88 tahun.
  2. Perlindungan manfaat kesehatan yang komprehensif.
  3. Batasan manfaat yang maksimal (Klaim dibayar sesuai dengan kuitansi atau As Charged).
  4. Fasilitas Cashless yang mempermudah pembayaran klaim rumah sakit.
  5. Fleksibilitas dalam menambah manfaat perlindungan.
  6. Second Medical Assistance.
Selain keunggulan tersebut, Sun Medical Executive memiliki enam manfaat perlindungan utama yang sangat dibutuhkan setiap nasabahnya, yaitu :
  1. Penggantian Rawat Inap,
  2. Penggantian Biaya Pembedahan,
  3. Penggantian Biaya Medis,
  4. Penggantian Biaya Rawat Jalan,
  5. Santunan Duka Kecelakaan,
  6. Fasilitas Peningkatan Limit Tahunan.

Sun Medical Executive dari Sun Life
Dengan berbagai keunggulan dan manfaat perlindungan utama yang dimiliki produk Sun Medical Executive, sesungguhnya terjawab sudah setiap permasalahan kesehatan yang kerap mendera setiap manusia, karena selain harus menanggung rasa sakit yang diderita, kita juga harus menanggung beban biaya perawatan yang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Mengutip ucapan Bert Paterson, Presiden Direktur PT. Sun Life Financial Indonesia, bahwa Sun Medical Executive merupakan pilihan tepat untuk perlindungan kesehatan dan juga mendukung perencanaan keuangan individu dan keluarga, selain untuk membantu keluarga Indonesia merencanakan perlindungan kesehatan yang lebih baik sebagai bagian dari rencana mencapai kemapanan finansial.

Selain sebagai bagian dari rencana mencapai kemapanan finansial, perlindungan kesehatan dengan asuransi kesehatan keluarga juga merupakan salah satu cara untuk hidup lebih nyaman, karena untuk hidup yang nyaman kita harus terbebas dari rasa khawatir yang terkadang berlebihan dan berbagai kecemasan menghadapi permasalahan dalam hidup. Dengan memproteksi diri terhadap berbagai kemungkinan masalah kesehatan setidaknya akan membantu kita lebih rileks dan untuk selanjutnya lebih nyaman dalam menjalani kehidupan. Memang setiap manusia memiliki cara tersendiri untuk merefleksikan perjalanannya dalam mencari arti kenyamanan hidup, namun yang pasti merencanakan sebuah hidup yang nyaman tentu berasal dari hati dan jiwa yang sehat serta memiliki perencanaan perlindungan kesehatan yang baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Jadi tidak inginkah Anda hidup lebih nyaman?


Tulisan ini disertakan dalam "Kompetisi Penulisan Sun Anugerah Caraka 2013 Untuk Blogger" yang diselenggarakan Sun Life Financial Indonesia.

Sumber referensi tulisan :
  1. http://www.sunlife.co.id
  2. http://tinjauanasuransiindonesia.blogspot.com
  3. http://www.mudahberasuransi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...