Minggu, 09 Juni 2013

ATURAN BARU DALAM BERMEDITASI

Adjie Silarus menyederhanakan pemikiran bahwa bermeditasi memiliki aturan yang rumit, misalnya harus di tempat yang hening, di tempat yang khusus, di waktu yang tepat, harus begini begitu, dan banyak aturan rumit lainnya. Melalui teknik "Sejenak Hening," Adjie sang Meditator Muda membuat sebuah gebrakan baru. Melalui gebrakan baru yang digarap Adjie ini, orang-orang menjadi familiar dengan apa yang disebut meditasi. menurutnya "kalau ada aturan yang mudah, mengapa harus mengikuti yang sulit," sungguh merupakan perumpamaan yang masuk akal mengingat sebagian besar masyarakat kurang sekali rasa ingin tahunya tentang manfaat bermeditasi.

Pentingnya perubahan mindset berpikir bahwa meditasi merupakan ritual khusus agama tertentu harus mulai dikikis sedikit demi sedikit, karena meditasi baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan sumbangan terhadap kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa agar tetap hidup seimbang dalam menjalani kehidupan beserta permasalahan yang kerap mengiringinya, hingga terbebas dari stress dan gangguan kesehatan lainnya.

Karena itu mindset bahwa meditasi itu mudah dilaksanakan, murah, dan dapat dilakukan di mana saja mulai harus kita galakkan demi memerangi angka stress yang kian meningkat di masyarakat melalui teknik Sejenak Hening. Kemudahan-kemudahan tersebut dibuat Adjie Silarus untuk menyebarkan gelombang-gelombang damai yang dapat dirasakan setelah berlatih meditasi. Menurut Adjie, meditasi dapat dilaksanakan di tempat ramai, bahkan ada konsep meditasi yaitu Meditation On The Street atau bermeditasi di jalan.

sejenak hening oleh adjie silarus meditator
Yuk Latihan Meditas

Bagaimana melakukan meditasi ?
  • Meditasi dapat dilakukan sambil duduk di lantai dengan posisi bersila,
  • Dapat dilakukan dengan duduk tegak di kursi, punggung tidak bersandar, kedua kaki menyentuh lantai, kedua tangan di atas paha atau lutut,
  • Dapat dilakukan sambil berdiri.
Bahkan meditasi dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yaitu satu menit. Misalnya dengan latihan sejenak hening selama satu menit setiap hari.
  • Ketika berkumpul bersama keluarga untuk makan malam, sempatkan untuk bermeditasi bersama selama 1 menit di ruang makan pada saat sebelum atau sesudah makan malam.
  • Ketika menunggu antrian baik di bank, dokter, dan lain-lain.
Sedangkan cara untuk melakukan meditasi dalam waktu yang sangat singkat tersebut adalah dengan fokus pada pernapasan. Bernapas adalah kebutuhan primer manusia, dengan teknik bernapas mengajak kita untuk menyadari proses menghirup dan menghembuskan napas agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita.

Melalui teknik sejenak hening dalam bermeditasi membuat meditasi semakin mudah dilakukan di mana saja. Karena itu mulai sekarang kita harus mulai merubah mindset berpikir bahwa meditasi itu susah dan harus dilakukan dengan waktu serta tempat yang khusus, padahal meditasi dapat dilakukan di mana saja dengan cara yang amat sangat simpel dan waktu yang sangat singkat sesingkat kita menghirup dan menghembuskan napas.

Mengutip kata-kata Adjie bahwa, "jika Anda ingin menenangkan pikiran, jauh dari stress, selalu merasa damai, bermeditasilah dengan sejenakmeluangkan waktu untuk hening. Ajaklah orang terdekat Anda untuk bermeditasi bersama agar semuanya merasakan kedamaian dalam dirinya. Dan yang perlu diingat bahwa dengan bermeditasi, secara tidak langsung Anda telah menyebarkan kedamaian untuk dunia ini."

Ada banyak kemudahan untuk menjalani hidup lebih sehat, mengapa harus mempersulitnya menjadi sesuatu yang berat dan sulit dillakukan? Karena melalui Personal Branding Award yang diadakan oleh Indscript Creative, kita diajak untuk menyelami berbagai hal tentang meditasi melalui Meditator muda Adjie Silarus dengan konsep "Sejenak Hening" yang membawa perubahan mindset tentang meditasi konvensional. Ternyata dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin mudahnya dalam memperoleh akses ke semua hal, juga harus dibarengi dengan konsep menjadikan hidup lebih seimbang dan sehat dengan meditasi.

1 komentar:

  1. Yang nggak coment pasti masih bingung dan yang ngasih coment lebih bingung cara mencerna tulisan ini (tulisanku@red)...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...