Senin, 06 Mei 2013

MENGHAYATI CINTA DAN KEBAHAGIAAN MELALUI MEDITASI

Cinta dan kebahagiaan. Siapa pun pasti merindukan saat-saat dicintai dan berbahagia dalam kehidupan ini. Namun, sangat disayangkan, semakin banyak orang yang kesulitan merasakan keberadaan cinta dan kebahagiaan tersebut dalam hidup mereka. Tuntutan hidup yang tinggi, kesibukan yang seolah tanpa jeda, jalanan macet, keluarga dan lingkungan yang kurang mendukung. Semua itu membuat hati dan pikiran menjadi pengap dan pepat, tak ubahnya seperti rumah tanpa jendela.

Adjie Silarus, Meditator yang mengkhususkan diri pada teknik meditasi Sejenak Hening ini, mengatakan "kita sebenarnya bisa menghapus beban tersebut, dengan cara mengakui dan menerima bahwa hati dan pikiran kita memang sedang dalam keadaan kalut."

Menerima keadaan diri apa adanya, adalah jendela pertama untuk membantu mengalirkan kelegaan pada diri sendiri. Sebab, jika seseorang mengingkari kenyataan tersebut dan berusaha menekannya dalam-dalam, maka yang terjadi justru sebaliknya. Stres, ketidakbahagiaan, atau rasa sakit yang akan muncul ke permukaan.

stres
Gambar dari sini
"Stres, merasa kehilangan cinta, dan tidak mampu merasakan kebahahagiaan, sebenarnya adalah sinyal dari tubuh untuk memberitahu kita, bahwa ada hal yang perlu dibersihkan.  Bisa dari pikiran, dari hati, karena itu dengarkanlah sinyal tersebut. Sisihkan waktu untuk sejenak memberi kesempatan pada diri sendiri guna menerima segala kabar yang disampaikan oleh tubuh kita," ujar Adjie.

Selanjutnya Adjie menguraikan bahwa kita tidak memerlukan waktu terlalu lama untuk mengembalikan kesadaran terhadap makna penerimaan diri. Cukup sisihkan waktu barang satu menit,
  • atur posisi duduk Anda,
  • tegakkan posisi punggung,
  • mulailah mengatur pernapasan,
  • lepaskan keinginan untuk melawan,
  • biarkan tubuh dan pikiran rileks sejenak.
Inilah yang disebut Meditasi, yakni sebuah cara untuk membantu kita menyadari dan menerima diri sendiri apa adanya.

Lebih lanjut Adjie Silarus mengungkapkan sebuah fakta bahwa, Meditasi sudah digunakan orang sejak lama untuk membantu menyeimbangkan diri. Namun kemudian banyak yang salah kaprah dengan mengira bahwa Meditasi hanya untuk agama tertentu. Padahal Meditasi bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...