TEKNOLOGI DIGITAL DARI MASA KE MASA

teknologi digital dari masa ke masa
Gambar dari sini
Pernahkah Anda membayangkan hidup di zaman dulu, kembali lagi ke beberapa tahun silam? Segala sesuatu saat itu serba manual. Dan kalaupun ada sarana digital, penggunaannya belum sedahsyat sekarang. Sekitar tahun 1980 hingga 1990-an, teknologi digital yang digunakan di Indonesia mungkin masih terbatas pada kalkulator, radio, televisi, dan komputer dengan pengguna yang terbatas. Namun kini, penggunaannya semakin pesat, seiring dengan semakin meningkatnya laju perkembangan teknologi tersebut.

Razi Thalib, pendiri agency digital bernama Bridges and Balloons Digital Agency ( BBDA ), mengatakan bahwa nyaris tidak ada satu pun aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh sarana digital. "Mulai dari urusan kantor, rekreasi, kehidupan sosial, keluarga, pendidikan, bisnis, keuangan...apapun. Semuanya tak lepas dari penggunaan teknologi digital," ujarnya.

Pria yang baru saja meluncurkan situs pencarian pasangan hidup setipe.com ini mengatakan, bahwa sebenarnya teknologi digital tercipta untuk mempermudah segala urusan dalam hidup manusia. "Bayangkan jika tidak ada kamera digital, misalnya, tentu sampai sekarang kita masih terus disibukkan dengan urusan cuci cetak film di kamar gelap, lalu mengirim foto cetak melalui jasa pos yang makan waktu. Dengan teknologi digital, semua tahapan rumit itu dibuat menjadi mudah. Kita bisa menghemat waktu dan menggunakan untuk kegiatan produktif lainnya."

Kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi digital, kini semakin mudah didapatkan berkat harganya yang kian hari kian terjangkau. Komputer bukan lagi barang yang terlalu mewah. Demikian pula Cellphone, internet, televisi, sekarang bisa dibeli dengan mudah. Setiap orang bisa membuat akun jejaring sosial kapan saja, berkat semakin mudahnya mengakses internet lewat berbagai Cellphone

Kemudahan tersebut juga berimbas pada semakin terbukanya kesempatan untuk menggunakan teknologi digital secara kreatif. "Kita bisa menciptakan ruang untuk saling berkomunikasi dengan lebih leluasa, lebih cepat, dan lebih berarti. Kita juga bisa menggunakannya untuk meningkatkan volume penjualan, merespon permintaan konsumen dengan lebih baik, dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Pendek kata, semakin masyarakat paham bagaimana memanfaatkan teknologi digital dengan cara yang tepat, maka peluang untuk meningkatkan kualitas hidup semakin besar," kata Razi.  

Tidak jarang kita temukan orang yang terkenal dengan pemanfaatan teknologi digital. Bukan hanya terkenal, tetapi juga mendapatkan banyak teman, entah itu teman curhat, bisnis, atau bahkan pasangan hidup. Ada orang yang menjadi jutawan berkat teknologi digital. Akan tetapi tidak selamanya perkembangan teknologi digital menimbulkan sisi positif dalam kehidupan masyarakat, terkadang teknologi digital bisa dimanfaatkan untuk kejahatan. Bagaikan dua sisi mata uang, perkembangan teknologi digital tetap memiliki sisi positif dan negatif. Jadi...persoalannya ada pada pilihan kita, jalan mana yang Anda pilih?
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

2 komentar untuk "TEKNOLOGI DIGITAL DARI MASA KE MASA"

Comment Author Avatar
Terima kasih untuk artikelnya, dengan ini semakin banyak yang mengenal digital dan tentunya memberikan keuntungan bagi kami juga :D