PANDUAN MEDITASI SANG MEDITATOR, ADJIE SILARUS

Seorang pria muda yaitu Adjie Silarus, lulusan Universitas Gajah Mada Fakultas Psikologi dan seorang yang smart ini telah lulus mengikuti latihan meditasi kesehatan dengan menyelesaikan OMM 365. OMM 365 adalah latihan satu tahun penuh untuk mempelajari ONE MOMENT MEDITATION, menguasai dan memahami tentang Meditative Mind serta Mindfulness. Dari pengetahuan meditasinya tersebut dapat dirangkum menjadi Panduan Meditasi dari Adjie Silarus yang diperuntukkan bagi orang yang membutuhkan. 

meditasi
Meditasi, dalam pikiran Anda pastilah sesuatu yang tidak jauh dari posisi duduk bersila, diam dalam keheningan. Sedangkan menurut kamus, Meditasi adalah latihan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suara, objek, visualisasi, napas, gerakan, atau perhatian sendiri dalam rangka meningkatkan kesadaran atas saat ini, mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, serta meningkatkan pertumbuhan pribadi dan spiritual.

Untuk lebih jelasnya...mari kita simak paparan mengenai Meditasi dari Adjie Silarus Sang Meditator :
  1. Sejenak Hening, dapat dilakukan untuk memberantas stres dan meredam kemarahan. Dengan posisi duduk di kursi seperti biasa, posisi kaki menyentuh lantai, kedua tangan di atas lutut, duduk tegak dan punggung tidak bersandar. Pasang Timer 1 menit, pejamkan mata dan fokus pada napas. Sejenak Hening pun dapat dilakukan sembari duduk di lantai. Jika dengan duduk di lantai, ambillah posisi bersila senyaman mungkin. Sejenak hening merupakan meditasi yang paling sederhana dan sangat mudah dilakukan. Teknik ini dapat dilakukan di manapun dan hanya 1 menit perhari.
  2. Teknik bernapas. Pada teknik ini, kita berkonsentrasi untuk menyadari saat menghirup dan menghembuskan napas. Saat menghirup napas, katakanlah pada diri sendiri, " Menghirup napas, saya tahu saya sedang menghirup napas." Dan saat napas dihembuskan, katakanlah, "Menghembuskan napas, saya tahu saya sedang menghembuskan napas." Ketika latihan, tidak perlu mengatakan kalimat tersebut melainkan menyingkatnya dengan mengatakan "masuk" saat menghirup napas dan "keluar" saat menghembuskan napas. lakukanlah minimal 1 menit agar dapat merasakan keutuhan di dalam diri kita.
  3. Harmonisasi pikiran. Dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : berdiam diri, konsentrasi, memotivasi diri, tekun dan sabar, serta mengolah kebahagiaan yang ada dalam diri.
Jika di rumah Anda terdapat taman, akuarium, dan hiasan alam lainnya, dapat memperkuat proses meditasi yang akan Anda lakukan karena energi alam meningkatkan proses relaksasi tubuh secara alami. Dan semoga Panduan Meditasi dari Sang Meditator memberikan manfaat bagi yang membutuhkan teknik meditasi sebagai alternatif proses menyeimbangkan diri  menuju kebahagiaan.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

Posting Komentar untuk "PANDUAN MEDITASI SANG MEDITATOR, ADJIE SILARUS"