Jumat, 22 Februari 2013

DORAYAKI KACANG MERAH, PANCAKE SEHAT ALA RESEP CINTA

Pada dasarnya kacang-kacangan merupakan salah satu antioksidan alami dan mampu menghamcurkan semua radikal bebas yang ada di tubuh kita. Semakin banyak kita mengkomsumsi kacang-kacangan maka radikal bebas yang dihancurkan semakin banyak pula. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang juga mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi sehingga mampu menurunkan kolesteraol dalam darah.

Secara singkat dapat dijelaskan beberapa manfaat dari kacang merah bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :
  1. Mampu menurunkan kadar kolesterol,
  2. Kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh,
  3. Mencegah tingginya gula darah,
  4. Kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan,
  5. Membantu mencegah penyakit jantung,
  6. Sebagai sumber protein nabati, karbohidrat, vitamin B dan lain-lain.
Selain kaya akan manfaat, kacang merah juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang lezat. Biasanya kacang merah dipakai sebagai salah satu pelengkap minuman es campur yang terkenal karena segar, nikmat, dan tentunya sehat. Minuman ini sangat disukai oleh semua usia termasuk anak-anak yang umumnya kurang menyukai kacang merah akan tetapi jika di konsumsi dalam bentuk minuman umumnya mereka menyukainya. Kacang merah juga sangat baik dikonsumsi terutama anak-anak yang dalam masa pertumbuhan karena selain kaya akan manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacang merah juga mengandung Zat Tiamin yang membantu reaksi enzymatik pusat produksi energi dan sel otak. Zat Tiamin diperlukan untuk sintesis hormon acetylcholine, neurotransmitter yang penting untuk memori. Kekurangan tiamin menjadi faktor signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyebab penyakit Alzheimer.
Begitu kaya dan banyaknya manfaat yang terkandung dalam kacang merah membuat saya ingin memasukkan kacang merah sebagai salah satu menu wajib dalam keluarga.  Jika kacang merah di konsumsi dalam bentuk minuman itu sudah biasa, namun jika dikonsumsi dalam bentuk camilan saya menemukannya dalam Web Resep Kita yaitu Resep Dorayaki Kacang Merah. Resep yang di buat dalam bentuk pancake ini mempunyai nama yang unik yaitu Dorayaki, Dorayaki sendiri merupakan pancake kesukaan Doraemon. Doraemon adalah salah satu tokoh dalam serial kartun di televisi untuk anak-anak. Umumnya anak-anak sangat mengenal karakter-karakter dalam kartun Doraemon tersebut, anak-anak sangat hapal dengan karakter Doraemon si robot masa depan yang berbentuk kucing serta sangat menyukai kue dorayaki.

Anak-anak saya pun termasuk pengemar berat serial kartun doraemon itu, bahkan mereka memiliki berbagai koleksi buku cerita, baju, buku tulis berkarakter serial kartun itu. Hal itulah yang membuat saya tertarik untuk mencoba membuat pancake yang sama seperi pancake kesukaan doraemon yaitu dorayaki. Pada dasarnya anak-anak saya kurang begitu menyukai kacang merah jika tidak dikonsumsi dalam bentuk minuman es. Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk mencoba menyajikannya dalam bentuk pancake seperti dorayaki.
Pertama mencicipinya anak-anak langsung suka dengan rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, setelah tahu nama pancake tersebut mereka langsung antusias berkata "ini makanan kesukaan doraemon ya ma, mama hebat bisa buat makanan seperti yang di televisi," kata-kata ini membuat saya sangat senang dan bahagia karena ternyata usaha saya untuk mencarikan dan membuatkan menu camilan yang sehat, bergizi, dan menarik tidak sia-sia.

Bagi saya membuatkan camilan sehat sangat penting selain karena kandungan nutrisinya terjaga, kebersihan dan kandungan bahan-bahan untuk membuatnya merupakan sumber makanan yang penting bagi kesehatan terutama kesehatan anak-anak.  Saya sangat berterima kasih pada Resep Kita yang sudah memberikan inspirasi dengan Resep Cintanya untuk disajikan bagi keluarga dan memiliki kandungan nutrisi yang terjaga serta baik baik kesehatan keluarga.

Sumber Referensi :
http://www.republika.co.id
http://makanansehat123.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...