Kamis, 21 Februari 2013

BENTO STYLE LUNCH DARI RESEP CINTA, BEKAL NAN CANTIK UNTUK BUAH HATI TERCINTA

Kita sudah sering mendengar kata Bento, baik di media, televisi, buku, maupun dalam berbagai milis, forum, dan situs jejaring sosial. Bahkan di kota-kota besar sering dijumpai workshop mengenai bento dengan bermacam-macam tingkatan kelas yang di selenggarakan. Terkadang muncul tawaran atau undangan  untuk mengikuti kursus membuat bento dengan harga yang lumayan mahal. Kenyataan ini memunculkan suatu pertanyaan mengapa Bento menjadi sedemikian populer terutama di kalangan ibu-ibu rumah tangga.

Bento sendiri adalah seni menanpilkan masakan yang diadopsi dari jepang yang umumnya mempunyai nilai gizi yang tinggi karena bisa terdiri dari beberapa macam jenis masakan dan sayuran. Pada dasarnya seni membuat Bento ini didasarkan pada seringnya anak mengalami nafsu makan yang naik turun, kadang pada saat nafsu makan anak turun anak-anak sama sekali enggan untuk makan. Tentu saja hal ini membuat orangtua khawatir karena anak bisa kekurangan nutrisi untuk menjaga kesehatan mereka. Salah satu solusi mengatasinya adalah dengan menyajikan Bento. Bento hadir dengan tampilan lucu dan menghibur dengan beraneka karakter lucu membuat anak merasa terhibur dan berselera untuk menyantap hidangan yang disajikan.

Bento sendiri terdiri pada dasarnya terdiri dari berbagai macam bentuk, salah satunya adalah Kyaraben yaitu Bento yang dibuat para orangtua di Jepang dengan bentuk yang lucu-lucu untuk bekal anak-anak mereka di sekolah. Karena salah satu kebiasaan anak-anak sekolah di Jepang adalah selalu membawa bekal dari rumah untuk disantap bersama teman-teman di sekolah. Sungguh buat saya pribadi ini merupakan kebiasaan baik yang patut di tiru mengingat di sini umumnya anak-anak jarang membawa bekal dari rumah.

Setelah saya membaca berbagai artikel tentang Bento, dapat disimpulkan bahwa agak sulit untuk mencari bahan-bahan dalam membuat Bento, belum lagi alat-alat yang digunakan dalam pembuatan Bento harganya lumayan mahal membuat saya sedikit pesimis untuk memcoba membuat Bento. Hingga akhirnya saya menemukan Resep Bento Style Lunch dari Resep Kita yang menyajikan Bento dengan bahan dan cara yang lumayan mudah dan murah serta ngak pake repot. Resep ini ternyata sangat sesuai dengan keinginan saya untuk mempraktekkan membuat Bento, terutama Bento sebagai bekal anak-anak di sekolah mengingat betapa menyeramkannya berita di televisi dan media yang menginformasikan bahan-bahan atau zat berbahaya yang terkandung dalam makanan yang kerap di jual di sekolah-sekolah.

Ternyata membuat Bento tidaklah sesulit yang saya bayangkan karena dengan bahan-bahan yang seadanya kita bisa membuat Bento yang menarik dan tidak kalah dengan Bento yang dibuat dengan bahan dan peralatan yang lumayan mahal. Bagi saya yang terpenting adalah nilai gizi yang terkandung dalam masakan tersebut karena selain membuat tampilan Bento yang menarik, nilai gizi dalam masakan harus seimbang dan diusahakan merupakan makanan favorit anak-anak, karena umumnya anak-anak memiliki makanan favorit mereka sendiri. Selain itu Bento bisa dijadikan ajang untuk memperkenalkan jenis masakan baru untuk anak terutama sayur, karena umumnya anak-anak kurang begitu menyukai makanan berbahan dasar sayuran.

Setelah mencoba mempraktekkan berkali -kali, akhirnya saya menemukan takaran yang pas untuk menyusun Bento sehingga bisa disusun dalam wadah bekal anak ke sekolah, dan yang terpenting saya bisa menyelesaikan Bento untuk bekal anak-anak dalam waktu singkat karena pagi hari merupakan hari paling menghebohkan di rumah. Berkat Resep Bento Style Lunch anak-anak tidak lagi menolak untuk membawa bekal ke sekolah padahal selama ini mereka selalu menolak untuk membawa bekal dan lebih suka jajan di kantin sekolah. Kebayangkan betapa ketar-ketirnya saya bila membayangkan anak-anak membeli jajanan yang disinyalir mengandung zat pewarna berbahaya belum lagi bila ditambah berbagai pengawet yang ukurannya melebihi angka toleransi. Jadi......mari kita membuat bekal kreatif untuk buah hati kita karena kesehatan buah hati kita berawal dari makanan yang dikonsumsinya.....terima kasih Resep Kita karena telah memberikan aneka macam resep yang mudah membuatnya, tidak mahal, bergizi, dan yang paling penting bahan dasarnya mudah didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...